lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

3 extension chrome wajib untuk web developer

0
Degananda.com -

Kita sebagai web developer tentunnya membutuhkan tools untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Yang paling simple dalah built in tools yang ada pada chrome untuk melakukan inspect elemen untuk melihat kode html dari halaman. Namun ternyata banyak sekali tools – tools lain yang sangat bermanfaat untuk kita web developer.

Pada ulasan ini akan kami bahas lima add on yang bermanfaat untuk menunjang dan mempermudah pekerjaan(web developer). Chrome sendiri telah memiliki built in tools yang sangat luar biasa. Seperti yang telah dijelaskan diatas terdapat tools inspect element yang sangat canggih. Selain itu , kita juga dapat mengubah ukuran dari layar menggunakan built in tools di chrome.

namun tools-tools diatas kurang karena kita juga membutuhkan tools lainya untuk mengelola data-data. Berikut ini adalah tiga extension wajib yang perlu kita install pada chrome sebagai web developer (note : pendapat pribadi, bersifat subjektif).

1. Postman

Postman adalah tools yang digunakan untuk mengakses endpoint pada suatu API(Application programming interfaces). Jika anda merupakan backend developer , postman ini adalah tools yang wajib ada pada browser chrome anda. Link untuk mengunduh postman ke chrome anda yaitu

https://chrome.google.com/webstore/detail/postman/fhbjgbiflinjbdggehcddcbncdddomop?hl=id

Postman menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu proses development API baik yang menggunakan kaidah RESt ataupun tidak.

fungsi utama dari postman adalah melakukan http request pada suatu API. Hampir seluruh opsi http yang disediakan dipostman contohnya, Http Basic Auth , template untuk headers (content/type json / xml) dan lain sebagainnya.  Namun, disamping itu(akses terhadap API) terdapat fitur-fitur yang lain yang disediakan oleh postman diantarannya adalah :

  1. Request history, menurut kami ini salah satu yang sangat berguna karena kita dapat mengetahui daftar endpoint yang pernah kita akses melalui postman. Terkadang saat menghubungkan client terhadap api kita akan mencari-cari lokasi endpoint maka postman ini sangat membantu yang bersifat sebagai “directory”.
  2. Pengujian pada suatu endpoint (API) tentunnya merupakan pekerjaan yang tidak simpel banyak sekali task yang harus di handle. Postman menyediakan “test suites” untuk membantu pengujian API.
  3. Mock server, built in http server dari postman untuk kegiatan backend
  4. API Monitoring, postman secara free menyediakan 1000 request  perbulan untuk melakukan monitoring terhadap API. Tujuannya adalah untuk melihat performa dari web services tersebut serta konsistensinnya.

itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh postman yang mungkin tidak kita jumpai pada http client lain. Sebelumnya kami menggunakan RESTClient pada firefox, setelah mencoba postman ini sangat puas dikarenakan banyaknya fitur yang dapat membantu pengerjaan backend.

2. Lighthouse

jika anda adalah developer javascript atau secara spesifik menyukai progressive web app lighthouse ini sangat cocok digunakan untuk melakukan benchmark terhadap performa dari website yang kita buat. Ada satu fitur yang paling menarik yakni dapat mengukur tingkat kesesuaian website dengan aturan-aturan yang ada dalam progressive web appliacation(PWA).

jika anda tertarik dengan PWA terlebih lagi angular based maka lighthouse ini sangat direkomendasikan untuk menjadi extension dalam chrome anda. Link untuk mengunduh lighthouse yakni

https://chrome.google.com/webstore/detail/lighthouse/blipmdconlkpinefehnmjammfjpmpbjk?hl=en

3. Chrome web server

Aplikasi yang dibangun dengan menggunakan javascript dapat berjalan diberbagai macam webserver yang penting dapat menyajikan file html. Jika tidak ingin menjalankan web server yang terlalu berat (misalnya apache/nginx) maka web server yang masuk di extesion dari chorme ini patut untuk anda pertimbangkan

anda dapat menguhduh extesion tersebut melalui link dibawah ini

https://chrome.google.com/webstore/detail/web-server-for-chrome/ofhbbkphhbklhfoeikjpcbhemlocgigb?hl=en