lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

3 Website untuk Mengasah Kemampuan Analisis Data Secara Gratis

0
Degananda.com -

data_analysis_thumb

Data analisis adalah sautu teknik untuk melakukan inspeksi(inspection), pembersihan (cleaning), transformasi data (transform) dan pembuatan model data (data model) dengan tujuan untuk membangun sistem yang dapat membantu proses pengambilan keputusan bagi perusahaan serta mengoptimalkan bisnis proses yang ada.

data analisis tidak hanya dilakukan oleh para lulusan teknik komputer ataupun sistem informasi. Tetapi kemampuan ini saat ini juga diajarkan diberbagai jurusan non komputer seperti bisnis dan manajemen.

Saat ini perusahaan – perusahaan berlomba -lomba untuk melakukan digitalisasi proses bisnisnya. Sehingga, proses data analisis menjadi salah satu hal yang utama dalam menunjang bisnis. Memiliki kemampuan data analisis dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dalam berbagai bidang seperti bisnis, science maupun social science.

Website untuk Mengasah Kemampuan Analisis Data

terdapat beberapa website yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan analisis data.

Website 1 – datacamp.com

datacamp.JPG

merupakan website yang sangat populer dikalangan orang yang memiliki passion dalam bidang data engineering ataupun data science.

Cakupan pembelajaran sangat luas mulai dari python, powerbi hingga apache spark. Sehingga tidak perlu khawatir akan background pendidikan. Datacamp mengajarkan kemampuan dari dasar(beginner) hingga mahir (advanced)

Website 2 – Data Quest

data_quest.JPG

berbeda dengan datacamp yang sangat teknikal, data quest menghadirkan konsep pembelajaran yang berbeda dengan berfokus pada konsep dasar dari data analisis.

Data quest lebih cocok untuk orang yang tidak memiliki background teknik komputer karena pembelajarannya lebih ditekankan pada konsep dan teknik-teknik dasar.

Sehingga, tidak perlu melakukan installasi terhadap tools atau aplikasi – aplikasi pada laptop ataupun komputer dikarenakan pembelajaran data quest dapat diikuti dengan hanya bermodalkan browser.

Website 3 – Data Monkey

data_monkey.JPG

Berbeda dengan data query dan data camp, data monkey menawarkan pembelajaran yang lebih konvensional dikarenakan terdapat pembelajaran mengenai data analisis dengan menggunakan microsoft excel.

untuk orang yang terbiasa menggunakan tools-tools data science seperti apache spark, hadoop, SQL dan lain sebagaiinya. Data monkey kurang begitu cocok dikarenakan terdapat materi mengenai microsoft excel.

Hal ini tentu sangat cocok untuk orang-orang yang menggunakan microsoft excel untuk melakukan pengolahan data secara mendalam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 11 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply