lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

8 Layanan Azure untuk Membangun Solusi Internet of Things – IoT Indonesia

0
Degananda.com -

layanan_azure_untuk_solusi_iot

8 Layanan Azure untuk Solusi Internet of Things (IoT)

Terdapat setidaknya delapan layanan azure yang dapat digunakan untuk membuat solusi IoT. Layanan ini dapat digunakan sebagai template atau boiler plate yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan solusi IoT.

Meski azure telah menyediakan layanan IoT, custom code tetap dibutuhkan untuk membangun business logic pada solusi IoT Tersebut

Daftar layanan penunjang IoT pada Microsoft Azure

1.IoT Central

IoT central adalah suatu aplikasi/kumpulan tools yang disediakan oleh microsoft. Platform ini dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan solusi IoT karena  didalamnya telah terdapat paket template yang dapat digunakan untuk membangun solusi IoT sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga, secara relatif pengguna IoT Central dapat fokus ke membangun solusi bisnis iotnya tanpa perlu sangat detail memikirkan mengenai teknologi serta infrastruktur yang digunakan karena telah di atur oleh IoT Central tetapi masih dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi teknis didalamnya.

iot_central_4_industry.jpg

Contohnya diatas menunjukan bahwa terdapat empat “template” solusi IoT pada empat bidang industri(Retail,Energy,Goverment dan Healthcare) yang dapat dijadikan baseline pembuatan solusi IoT. Dalam masing-masing jenis industri tersebut akan ada sub sektornya. Contoh pada retail terdapat beberapa sub sektor seperti :

  1. Connected logistics
  2. Digital Distribution Center
  3. In-Store-analytics
  4. Smart inventory management
  5. dan lain sebagainnya.

Jika kita familiar dengan layanan seperti google app services ataupun fantastico installer pada Cpanel , IoT Central ini dapat dianalogikan seperti layanan tersebut namun untuk paket template internet of things (IoT)

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai IoT central ini dapat menuju ke halaman dibawah ini

https://apps.azureiotcentral.com/

2.Azure IoT Accelerators

Sesuai dengan namannya yakni accelerator atau dalam bahasa indonesia artinya sesuatu yang mempercepat dalam hal ini adalah mempercepat pembangunan (development) solusi IoT.

Layanan IoT Accelerator berbeda dengan IoT central, jika IoT central adalah sebuah tools/aplikasi yang dapat menunjang pembuatan solusi IoT, layanan IoT Accelerator ini adalah sebuah PaaS(Platform as a services) yang berarti platform ini dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan solusi OOTB(out of the box) nya

PaaS ini dapat digunakan secara langsung (ready to deploy) untuk beberapa scenario yang meliputi :

  1. remote monitoring
  2. connected factory
  3. predictive maintenance
  4. device simulation.

Meski merupakan suatu platform yang telah siap untuk dideploy, Azure IoT Accelerator ini juga dapat dikustominasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Teknologi yang digunakan oleh Azure IoT Accelerator ini adalah .Net dan Javascript.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Azure IoT Accelerator ini dapat mengunjungi link dibawah ini

https://www.azureiotsolutions.com/Accelerators

3. IoThub

Layanan ini dapat digunakan untuk menghubungkan antara IoT devices dengan backend hub sesuai dengan namannya. JIka di ibaratkan iothub merupakan suatu pintu gerbang dari data telemetry yang dikirimkan oleh IoT Devices

Jika IoT Devices tidak terdaftar secara resmi pada pintu gerbang IoT/Iothub maka data tersebut akan tertolak.

Beberapa fungsi utama dari iothub ini adalah

  1. menghubungkan iot devices ke iothub baik secara device to cloud ataupun cloud to devices (bi directional communication)
  2. penghubung antara iot devices dengan backend services contohnya iothub dapat berperan sebagai middleware yang menjembatani proses pengiriman data telemetry dari Iot devices yang kemudian akan diteruskan ke stream analytics untuk realtime processing, dan pada ahirnya akan tervisualisasi pada powerbi.

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai iothub dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/iot-hub/

4. Iothub DPS (Devices provisioning services)

Sesuai dengan namannya layanan ini merupakan extensi dari iothub yang memiliki tujuan utama untuk :

  1. mendaftarkan devices secara individual ataupun secara batch
  2. mengelola devices (disable/enable)

Proses pendaftaran devices (provisioning) ini juga melibatkan mekanisme sekuriti yang telah terstandar oleh microsoft. Contohnya dengan menggunakan SAS Token ataupun mengguanakan X.506 certificates (pubic-private key)

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai iothub DPS dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/iot-dps/

5. Iot Edge

Layanan ini memungkinan untuk melakukan pengolahan data telemetry (analytics) pada level devices. Tentunnya hal ini bergantung juga pada power resources yang tersedia pada devices.

Layanan iot edge ini juga merupakan extensi dari iothub seperti layaknya layanan devices provisioning services

Contohnya, umumnya pada kasus fleet management, devices akan mengirimkan data dari accelerometer yang kemudian setelah data telemetry tersebut dikirimkan ke cloud akan dilakukan analisa safetynya (apakah pengemudi mengendarai kendaraanya dengan aman tau tidak)

Azure IoT Edge ini memungkinkan untuk dapat melakukan analisa data telemetry pada level devices sehingga mengurangi beban cloud untuk melakukan analisa. Data yang diterima oleh cloud hanyalah informasi yang sudah matang. pada contoh kali ini device shanya akan mengirimkan informasi apakah (1) pengendara mengemudi dengan baik (2) pengendara mengemudi dengan ugal-ugalan.

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Azure IoT Edge dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/iot-edge/

6. Azure Digital Twin

Sesuai dengan namannya digital twin , Layanan yang dapat membantu untuk membuat suatu model atas bentuk fisik suatu barang atau entitas menjadi bentuk digital. Contohnya membuat model hubungan antara manusia, ruangan dan iot devices.

Salah satu Implementasi yang populer mengenai digital twin dalam industri yakni perusahaan pesawat airbus menggunakan digital twin untuk mereplika bentuk interior pesawat mereka dalam bentuk digital yang kemudian digunakan untuk membantu pekerja dalam memasang interior yang dapat mengurangi tingkat kesalahan (mengurangi resiko kehilangan uang karena kesalahan kerja).

Beberapa case umum :

  1. memprediksi kapan suatu pabrik harus dilakukan pemeliharaan (maintenance)
  2. melihat ruang kosong yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan optimisasi ruangan dalam suatu area/pabrik

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Azure Digital Twin dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/digital-twins/index

7. Time Series Insight

Sesuai juga dengan namannya layanan ini memiliki fungsi utama untuk melakukan visualisasi atas data telemetry yang dikirimkan ke iothub. Sehingga Azure time series insight ini juga merupakan extension dari Iothub.

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Azure Time Series Insight dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/time-series-insights/

8. Azure Maps

Salah satu usecase paling umum dari iot adalah untuk memindai lokasi atas suatu devices. Lokasi dari devices tersebut dapat divisualiksasi pada peta dengan menggunakan azure maps seperti layaknya pada google maps ataupun here maps.

Azure maps memiliki SDK dan kumpulan API yang dapat menunjang proses visuaslisasi data telemetry dari devices

untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Azure Map dapat menuju ke link dibawah ini

https://docs.microsoft.com/en-us/azure/azure-maps/

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply