lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Akibat tidak daftar ulang kartu sim handphone

0
Degananda.com -

masalah yang akan muncul apabila terlambat melakukan daftar ulang nomor handphone atau kartu sim

Pada tanggal 31 oktober tahun 2017 Pemerintah melalaui Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat aturan baru yakni setiap warga indonesia yang menggunakan kartu sim untuk handphone , modem dan lain sebagainnya wajib melakukan pendaftaran ulang terhadap kartunya.

lebih baik mencegah daripada menanggung akibat lupa daftar ulang kartu sim nomor handphone

Sejak aturan ini diberlakukan maka kita maksimal memiliki tiga buah kartu perdana. Pendaftaran ulang dapat dilakukan dengan hanya memasukan nomor KK (kartu keluarga) dan juga KTP(Kartu tanda penduduk).

Banyak yang kita yang belum aware atau sadar pentingnya melakukan pendaftaran ulang kartu sim handphone kita. Terdapat beberapa akibat yang sangat merugikan bagi kita secara individu. Terdapat tiga sanksi yang akan diberikan kepada kita ketika terlambat melakukan pendaftaran ulang kartu sim handphone

3 sanksi akibat tidak daftar ulang kartu sim handphone

berikut ini adalah tiga sanksi yang akan terjadi ketika kita terlambat melakukan daftar ulang kartu sim handphone.

1. Pemblokiran panggilan keluar

kita tidak lagi dapat menelpon kerabat atau kolega dari handphone yang kita miliki. Artinnya kita tidak akan pernah bisa melakukan telpon lagi karena terlambat melakukan daftar ulang terhadap kartu sim hadnphone yang kita miliki.

Solusinnya jika ini terjadi kepada kita adalah dengan cara mengikhlaskan atau merelakan kartu sim tersebut dan membeli baru. Bayangkan banyak kerabat tidak dapat menghubungi kita kareta kita ganti nomor handphone.

2. Pemblokiran panggilan masuk

Orang-orang yang mengenal kita dan mengetahui nomor handphone kita tidak dapat lagi menelpon maupun memberikan SMS terhadap nomor kita akibat kita terlambat melakukan registrasi kartu SIM kita.

Jangan sampai orang-orang terdekat tidak dapat menghubungi kita padahal sedang teradapat urusan yang sangat penting.

3. Pemblokiran secara total

jika melebihi 15 hari dari deadline atau tanggal terahir untuk melakukan pendaftaran ulang kartu SIM handphone maka handphone kita tidak akan dapat melakukan apa-apa. Registrasi ulang dimulai 31 Oktober 2017, bukan berakhir seperti sejumlah berita yang beredar, dan berakhir pada 28 Februari 2018.

Handphone hanya dapat berfungsi untuk kegiatan yang tidak melibatkan SIM card. Contohnya browsing. Namun yang menjadi masalah adalah anda tidak akan dapat masuk lagi ke whatsapp , line dan aplikasi-aplikasi lain yang sudah terdaftar dengan menggunakan nomor hp anda.

kesimpulan

oleh karena itu jangan sampai lupa melakukan daftar ulang untuk kartu sim handphone kita sebelum tanggal 28 Februari 2018. Jika kita lupa daftar ulang kartu sim maka akan terkenal tiga sanksi tersebut yakni

  1. pemblokiran panggilan keluar
  2. pemblokiran panggilan masuk
  3. pemblokiran total

beri tahu saudara dan kerabat anda terkait daftar ulang ini agar tidak lupa dan mendapatkan sanksi – sanksi diatas.

Registrasi ulang kartu SIM bisa dilakukan melalui  SMS. pelanggan juga bisa melakukan registrasi melalui situs resmi operator seluler, call center, dan datang langsung ke kantor – kantor cabang milik operator penyedia jasa layanan telekomunikasi seperti indosat, xl dan lain sebagainnya.