lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Android Oreo ahirnya resmi dirilis bertepatan dengan gerhana matahari

0
Degananda.com -

Tanggal 21 agustus 2017 kemarin menjadi salah satu sejarah dalam perkembangan android (sistem operasi). Bertepatan dengan kejadian gerhana matahari google meresmikan android versi delapan (8.0) yang diberi nama android oro. Proses pengembangan android oreo ini memakan waktu hingga satu tahun yang melibatkan pengembang software(developer) dan juga penguji coba (tester).

Android Oreo 8.0 menghadirkan berbagai fitur baru yang dapat dinikmati oleh pengguna smartphone dengan sistem operasi android. Setidaknya adalah lima fitur utama yang dihadirkan dalam android oreo yakni :

  1. picture in picture
  2. autofill
  3. integrated instant app
  4. google play protect
  5. faster boot time

Selain kelima fitur utama tersebut terdapat banyak improvement (peningkatan) diberbagai sisi mulai dari multimedia hingga keamanan(security). Bagi pengguna nexus 5X/6P maupun google pixel(yakni smartphone yang dihandle dan dibuat oleh google) dipastikan akan segera dapat menikmati seluruh fitur yang dihadirkan oleh android oreo ini. Anda dapat mendownload image dari android oreo ini pada link dibawah ini dan dapat menginstallnya dengan melakukan manual flash. Perlu diperhatikan hanya handphone-handphone tertentu yang dapat menggunakan android oreo manual flash ini.

https://developer.android.com/about/versions/o/download.html

Fitur baru pada Android Oreo 8.0

Pengembangan android oreo difokuskan untuk meningkatkan tingkat responsivitas(fluid system) dari sistem operasi android. Sehingga pengguna akan mengdapatkan pengalaman yang semakin memudahkan dalam penggunaannya (easy to use).

Penjelasan mengenai beberapa fitur tersebut adalah

  1. Picture in picture
    user dapat mengelola banyak window aplikasi dalam satu screen secara bersamaan. Fitur ini meningkatkan kemampuan android dalam mengelola multi tasking. Sekarang anda dapat mengelola berbagai task dengan mudah dan ringan tanpa perlu memerlukan daya yang begitu berat.
  2. Notification dots
    notifikasi pada bagian atas android saat ini semakin panjang(layoutnya) dan semakin responsive.
  3. Autofill framework
    ini sangat berguna jika anda memiliki lebih satu devices android. Anda dapat melakukan sinkronisasi dari dua devices tersebut. Proses sinkronisasi ini akan secara otomatis mengupdate berbagai hal dalam devices tersebut. Mulai dari password, form data , konfigurasi api(application programming interface) hingga pengaturan pada google play

jika tiga fitur tadi berfokus pada UI(user interface) dan UX(user experience) dari pengguna serta kemampuan penggunaan aplikasi maka Android oreo 8.0 ini juga melakukan peningkatan dari sisi performa dan keamanan. Berikut adalah beberapa pengemabangan terkait dengan hal tersebut

  1. System optimization
    google menjelaskan bahwa aplikasi – aplikasi yang berjalan diandroid saat ini memiliki performa yang lebih bagus (baca : lebih cepat dan lebih smooth).
  2. Background limit
    merupakan fitur yang sangat membantu kita sebagai user yang memberikan proteksi terhadap baterai. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan melebihi kapasitas daya baterai maka android oreo 8.0 dapat memberikan proteksi untuk menghindari penggunaan berlebihan pada baterai smartphone kita. Ini akan memberikan life span/jangka waktu hidup yang tinggi untuk baterai.

Itulah beberapa fitur – fitur yang sangat canggih dari android oreo 8.0. Nantikan kehadiran android oreo ini pada devices – devices anda. Tentunnya tidak semua devices dapat disupport oleh android oreo 8.0 ini. Selamat mencoba.