lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Angular cli 1.3 telah rilis

0
Degananda.com -

9 Agustus 2017 angular cli resmi merilis versi 1.3. Rilis ini cukup spesial karena salah satu fitur yang dihadirkan adalah angular universal yang kita tahu dapat menyelesaikan masalah SEO(Search engine optimization) dari aplikasi SPA(Single page application) khususnya angular. Namun tidak hanya merilis fitur mengenai angular universal berikut ini adalah daftar fitur yang ada pada versi 1.3 ini

  1. Angular universal support. Yang perlu diperhatikan adalah fitur ini masih dalam tahap experimental a.k.a masih belum final release. Sehingga disaranakan untuk tidak menggunakannya pada fase production.
  2. Jika anda memiliki issue dengan besarnya file js yang dihasilkan saat melakukan build dengan ng build –prod maka terdapat mode baru yakni “optimizer mode”. Silahkan jalankan ng build –build-optimizer dan lihat perbedaannya. Diperkirakan dengan mode optimizer baru ini ukuran project yang dihasilkan dapat berkurang hingga 30 sampai 70%.
  3. Bulan ini webpack telah merilis versi 3nya maka angular pun tidak ingin ketinggalan juga mengupgrade dari webpack 2 menjadi webpack versi 3.
  4. Update typescript

Itulah beberapa fitur yang ditambahkan atau diupdate pada angular-cli vesi 1.3 ini. Silahkan update angular cli anda secara global maupun lokal (jika diperlukan) karena terdapat dua fitur yang sangat menarik hati untuk dicoba yakni universal dan optimizer mode. Kedua fitur tersebut sangat erat kaitannya dengan performa aplikasi angular. Semoga kedepan initial load dari aplikasi yang dibangun dengan angular semakin cepat.

Nantikan ulasan-ulasan mengenai angular universal dan mode baru optimizer di blog ini. Kami akan mencoba kedua fitur tersebut. Kita akan coba bandingkan project yang dibuild dengan syntax tanpa optimizer dan dengan menggunakan optimizer dan melihat perbandingannya. Apakah benar mampu mereduksi ukuran file secara signifikan.

Selain menambahkan fitur pada angular-cli , terdapat banyak sekali fix bug minor maupun mayor diantarannya (yang menurut kami penting , subjektif) adalah

  1. melakukan fix terhadap 3rdpartylicenses.txt yang sebelumnya selalu kosong saat ini telah proper adannya.
  2. fix terhadap error jika tidak terdapat file di import pada suatu class tertentu.

untuk lebih detail mengenai update angular-cli versi 1.3 ini dapat mengunjungi langsung pada github release angular cli di link dibawah ini

https://github.com/angular/angular-cli/releases/tag/v1.3.0