lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Apakah Bisa Coding dengan Apple Silicon Macbook ?

0
Degananda.com -

apple-silicon-thumb

Pada tanggal 10 november 2020 lalu (tiga hari sejak artikel ini ditulis) apple telah mengumkan bahwa tiga produk yang mereka keluarkan akan ditenagai oleh processor besutan apple yakni apple silicon m1.

Ketiga produk ini adalah macbook pro 13 inch , macbook air dan mac mini. Untuk macbook pro 16 inch masih menggunakan non silicon, yakni intel i9.

Umumnya saat suatu prosessor apple silicon (ARM64) berarsitektur ini baru di rilis ke publik, maka publik akan muncul satu pertanyaan besar terkait ini.

pertanyaanya utamannya adalah mengenai kompatibilitas aplikasi / sdk / program pada apple silicon yang biasaanya telah berjalan diatas amd ataupun intel.

Mengapa program yang berjalan pada intel belum tentu berjalan pada apple silicon ?

Perbedaan arsitektur processor yang digunakan kedua vendor tersebut menybebakan beberapa aplikasi yang telah berjalan pada intel belum tentu dapat dijalankan pada apple silicon.

Apple silicon (ARM64) menggunakan Arm based dengan RISC instruction set sedangkan Intel (x86) menggunakan CISC instruction set. Inilah yang menyebabkan aplikasi yang sudah dapat berjalan pada intel belum tentu dapat berjalan pada apple silion.

apple-silicon-power-consumption.JPG

RISC dipilih oleh apple karena processor dengan arsitektur RISC dapat memiliki ukuran lebih kecil serta power consumption yang lebih rendah.

Tetapi tidak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu program-program yang telah berjalan pada CISC instruction set akan di porting (di konversikan) ke RISC agar dapat berjalan pada apple silicon. Hal ini telah di pikirkan oleh apple.

Apakah Bisa Coding dengan Apple Silicon Macbook ?

bagi seorang software developer ataupun programmer yang hendak mencari daily laptop driver untuk melakukan coding maka pertanyaan pertama yang terbesit dalam benak mereka adalah

Apakah Bisa Coding dengan Apple Silicon Macbook ?

jawabannya adalah bisa namun menunggu waktu. Perbedaan instruction set antara processor apple silicon dengan intel mengharuskan SDK, IDE dan library dari suatu bahasa pemrograman harus di porting. Beberapa software dan bahasa pemrograman telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan support terhadap apple silicon.

Support Visual studio code untuk apple silicon.

visual studio code thumb.JPG

 

pada tanggal 11 november 2020, microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan support terhadap apple silicon untuk IDE visual studio code. Ini adalah kabar yang sangat gembira bagi developer yang menggunakan IDE ini dan menggunakan macbook.

Untuk tanggal resmi terkait dengan perilisan visual studio code untuk apple silicon masih belum di umumkan. Ini terbukti pada github trackernya masih kosong. Belum ada tanda-tanda aktivitas pada SCM Tersebut.

gunakan tautan link dibawah ini untuk melihat progress microsoft dalam melakukan porting terhadap visual studio code agar support apple silicon.

https://github.com/microsoft/vscode/labels/%3Aapple%3A%20s

Support bahasa pemrograman java untuk apple silicon

java_logo

Java adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan khususnya pada level enterprise. Ratusan ribu backend server dibangun dengan menggunakan java. Bahkan tidak jarang juga terdapat website-website yang dibangun dengan java.

openjdk-support-for-apple-silicon.jpg

Tidak perlu khawatir, karena java akan dapat berjalan pada apple silicon dalam waktu dekat. Ini telah dikonfirmasi dihalaman resmi openJDK.

http://openjdk.java.net/jeps/391

namun, hingga saat ini belum ada tanggal resmi-nya terkait perilisan support openJDK terhadap apple silicon.

Support bahasa pemrograman NodeJS untuk apple silicon

nodejs_thumb

NodeJS TSC (Technical Streering Commitee) adalah badan yang mengepalai research and development atas nodejs. Salah satuunya adalah bertanggung jawab terhadap NodeJS Core.

https://github.com/nodejs/TSC/issues/886

pada halaman resmi mereka di github, salah satu member NodeJS TSC telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan support terhadap apple silicon. Namun, memang seperti pada java dan visual studio code hingga saat ini belum ada halaman resminya.

arm-planning-nodejs.jpg

Tetapi, proses compiling nodejs untuk apple silicon ini akan dilakukan bertahap dari modul-modul pada nodejs core dan tidak semua akan dilakukan porting secara bersamaan.

Support bahasa pemrograman python untuk apple silicon

python_thumbnail

tidak dapat dipungkiri lagi, mayoritas komunitas data engineer dan data science menggunakan python sebagai bahasa pemrograman yang mereka gunakan dalam membuat model machine learning atau AI.

apple-confirm-python-native-support.JPG

Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan build natively untuk python3, ini berarti bahwa python3 akan dapat berjalan pada apple silicon (Arm64).

Hal ini telah dibuktikan dengan adannya PR (Pull request) pada halaman github resmi dari python (pypa)

https://github.com/pypa/packaging/pull/319

pypa-pyton-support-apple-silicon-arm64.jpg

Support bahasa pemrograman golang untuk apple silicon

Tanggal 10 november 2020, pada halaman blog resmi golang , mereka mengumumkan bahwa golang versi 1.16 akan rilis di bulan februari mendatang (2021). Golang versi 1.16 ini akan support processor baru dari apple yakni apple silicon (ARM64).

golang-1.16-support-apple-silicon.JPG

Sehingga, bagi programmer golang tidak perlu khawatir akan tidak adannya support yang akan diberikan oleh golang terhadap processor arm64 besutan apple ini.

tautan resmi blog golang yang mengkonfirasi support arm64 (apple silicon)

https://blog.golang.org/11years

Kapan waktu terbaik untuk membeli macbook dengan apple silicon ARM64 ?

berdasarkan ulasan – ulasan diatas terkait dengan support beberapa software dan SDK terhadap apple silicon seperti pada visual studio code, nodejs, golang, java hingga python. Mayoritas masih belum menentukan tanggal resmi terkait dengan rilis  software mereka yang dapat melakukan support apple silicon arm64.

Hal ini tentunnya akan memberikan dampak negatif bagi develoepr yang memesan produk apple khususnya macbook untuk aktivitas programming. Karena masih banyak bahasa pemrograman dan software yang belum diporting agar dapat digunakan pada apple silicon.

Menurut pendapat pribadi kami, jika memang ingin meminang macbook dengan processor apple silicon ARM64 ini, lebih baik menunggu hingga generasi kedua dari ARM64 di luncurkan. Saat ini yang telah rilis kepasaran adalah apple m1. Alangkah baiknya jika menunggu hingga apple m2 di rilis.

Pada saat m2 di rilis tentunnya sudah banyak SDK, software dan bahasa pemrograman yang telah diporting atau disupport oleh apple silicon.

enjoy apple silicon !~

(Visited 59 times, 1 visits today)

Leave a Reply