lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Berbagai cara dalam mengakses suatu website

0
Degananda.com -

Pengembang jaring(website) wajib mengetahui bagaimana jaring tersebut dapat digunakan untuk mencari ikan(user).

Situs web atau biasa kita kenal dengan istalah website adalah halaman “web” yang didalamnya memberikan suatu informasi kepada orang yang mengakses atau membukannya. Web secara harfiah berarti jaring. Web adalah suatu halaman yang disusun dari berbagai komponen infrastruktur teknologi informasi sehingga dapat menyajikan suatu informasi kepada pengunjungnya.

Pada tahun 2018 ini , telah hadir berbagai macam cara yang dapat kita lakukan dalam mengkases suatu website. Mulai dari melalui laptop, komputer, handphone, tab atau bahkan melalui smartwatch. Kita tidak dapat membatasi media yang digunakan oleh orang dalam mengakses suatu situs. Contohnya kita dapat mengakses melalui laptop , komputer , handphone ataupun smartwatch asalkan pada devices tersebut menyediakan browser(software yang digunakan untuk membuka website).

Pentingnya mengetahui cara dalam mengakses website bagi web developer.

Sebagai seorang web developer kita memiliki tanggung jawab dalam memberikan informasi sebaik mungkin kepada pengunjung website kita. Media yang digunakan oleh pengunjung akan mempengaruhi cara kita dalam menampilkan informasi pada website.

Contohnya halaman website mesin pencari google. Sebagai web developer yang baik, website tersebut harus dapat diakses diberbagai macam devices sekaligus. Dibawah ini adalah tampilan halaman google saat diakses dengan menggunakan laptop.

Tetapi, jika kita mencoba beralih dengan mengakses halaman google tersebut menggunakan handphone maka tampilan halaman google akan menyesuaikan dengan layar dari handphone yang digunakan oleh pengunjung.

Dapat terlihat bahwa seluruh tata letak informasi yang ada di halaman google tersebut akan mengikuti ukuran dari layar handphone. Box search yang awalnya sangat panjang jika diakses dengan laptop / komputer akan menysut mengikuti lebar dari smartphone baik dengan kondisi potrait maupun landscape.

Mekanisme seperti ini kita kenal dengan responsive web design. Yakni desain web yang dapat mengikuti ukuran dari devices yang mengkases web tersebut.

RWD(Responsive web design) merupakan hal yang wajib kita implementasikan sebagai web developer. Tanpa RWD website kita akan tidak dapat memberikan informasi terbaiknya jika diakses dari berbagai devices. Hal ini juga berpengaruh pada peringkat pencarian di google yang dengan menggunakan RWD maka SEO(Search engine optimization, tingkat penemuan pencarian web kita dimesin pencari) akan semakin meningkat.

Teknologi yang dibutuhkan agar website dapat menampilkan informasi terhadap pengunjung

 

berdasarkan ulasan diatas kita telah menemukan dua komponen penting yang wajib ada agar informasi dari website dapat tersampaikan ke pengunjung yakni browser dan devices. Devices disini dapat berupa laptop, komputer , smartwatch, tab dan alat elektronik lainnya. Sedangkan browser adalah media yang digunakan untuk menerjemahkan kode yang diberikan oleh web server menjadi informasi yang dapat di mengerti oleh manusia.

Adapun komponen lain selain browser dan devices adalah

  1. Web server.
  2. Screen reader.

berikut adalah penjelasan empat komponen utama agar seseorang dapat mengakses website dan agar website dapat diakses oleh orang.

Browser

Orang mengkases  website menggunakan software yang bernama browser. Contoh browser saat ini yang populer adalah firefox, safari, google chrome, safari ataupun internet explorer.

Agar website itu dapat muncul maka seseorang harus membuka browser dan menuliskan alamat dari website tersebut (url). Namun tidak hanya dari situ , url juga dapat diperoleh melalui hyperlink yang tertera disuatu halaman dan juga melalui bookmark yang tersimpan dalam suatu browser.

Hal paling utama yang harus diperhatikan oleh web developer terkait browser adalah versi browser. Karena versi browser berpengaruh dengan mekanisme implementasi css dan javascript yang secara langsung berpengaruh dengan tampilan web

Sebagai web developer kita harus selalu up to date dengan perkembangan browser karena website kita harus selalu dapat memberikan informasi dan tata letak yang optimal diberbagai versi browser (atau jika terlalu berlebihan kita dapat katakan untuk mayoritas browser).

Contohnya IE versi 8 dan firefox versi 50 memiliki cara render CSS dan fungsionalitas javascript yang berbeda. Contoh sederhannya adalah fungsi arrow yang dimiliki javascript tidak dapat berjalan di IE versi 11 tetapi dapat berjalan pada firefox versi 58 (contoh).

Web server

Ketika seseorang mengakses web dengan cara apapun maka sesungguhnya ia melakukan suatu request terhadap suatu web server. Request ini akan disampaikan ke web server melalui perantara yang dinamakan internet yakni jaringan yang menghubungkan seluruh perangkat yang terhubung didunia ini.

Web server berfungsi untuk menyiapkan website atau istilahnya adalah melakukan host terhadap halaman website. Web server harus selalu terkoneksi dengan internet. Jika tidak terkoneksi terhadap internet maka akan halaman website tersebut tidak akan dapat dibuka.

Contoh web server yang populer saat ini adalah apache, nginx, microsoft web server dan lain sebagainnya. Kita dapat menggunakan penyedia hosting ataupun membangun server sendiri dengan cloud(dedicated/cloud) ataupun server fisik.

Devices

Alat yang digunakan oleh orang dalam mengakses browser. Telah kami jelaskan bahwa sekarang ditahun 2018 ini banyak sekali devices – devices yang memiliki browser untuk mengakses website contohnya smart watch, tab dan bahkan terdapat kacamata yang terdapat browser (smart glasses).

Screen reader

Screen reader adalah sebuah software yang berfungsi untuk menerjemahkan kode yang dihasilkan oleh komputer sehingga kode tersebut dapat diterjemahkan di layar devices. Hasil penerjemahan ini akan berfungsi bagi orang yang memiliki kelebihan “khusus” misalkan orang buta. Dengan screen reader , kode komputer atau informasi dari website tetap dapat dimengerti oleh orang yang tidak dapat melihat.

Bagi web developer sangat penting untuk mengerti adannya screen reader. Karena bisa jadi kita memiliki website atau project yang mana user utama atau pengkases utama dari website tersebut adalah orang-orang dengan kebutuhan khusus.