lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Backup Data Artikel dan Postingan Secara Aman pada WordPress

0
Degananda.com -

wordpress-backup

Sebagai seorang blogger wordpress, salah satu hal yang paling penting adalah memastikan seluruh artikel dan postingan yang telah dipublikasikan pada blog wordpress tersimpan dengan aman dalam bentuk backup file.

Secara harfiah backup berarti cadangan. File cadangan ini dapat digunakan sebagai bentuk mitigasi apabila artikel dan postingan pada wordpress tiba-tiba hilang. Dengan adannya backup file, artikel dan postingan tersebut dapat dikembalikan seperti semula.

Backup artikel dan postingan wordpress ini dapat digunakan untuk mengembalikan data-data artikel dan postingan wordpress yang hilang. Tidak hanya tulisan artikel postingan tersebut yang dapat dibackup melainkan beberapa hal dibawah ini juga dapat dibackup oleh sistem wordpress :

  1. Media (Gambar, audio dan video)
    wordpress dapat melakukan backup terhadap gambar, audio ataupun video yang digunakan pada blog wordpress
  2. Page (halaman profil, kontak dan lain sebagainnya)
    jika anda memiliki postingan berjenis “pages” atau halaman, maka tidak perlu khawatir wordpress juga dapat melakukan backup terhadap halaman-halaman yang ada pada blog wordpress.
  3. Komentar
    Jika anda memiliki blog yang sangat aktif dan banyak diskusi yang terjadi pada kolom komentar, maka tidak perlu khawatir untuk takut kehilangan data-data komentar tersebut karena wordpress mampu membuat file backup terhadap komentar itu.
  4. Artikel dan postingan (termasuk juga katerogi artikel dan postingan)
    seluruh artikel dan postingan yang terdapat pada blog wordpress dapat dibackup secara penuh dan aman oleh wordpress. Jika terjadi kehilangan dapat dikembalikan dengan mudah.

pada intinnya, data artikel, postingan, media (gambar,video dan audio_ serta komentar dapat secara mudah dibackup pada wordpress. Sehingga tidak perlu takut untuk mengalami kehilangan data pada wordpress.


Cara Backup Artikel dan Postingan Secara Aman pada WordPress

berikut ini adalah 3 (tiga) langkah mudah dan aman yang dapat dilakukan untuk melakukan backup data-data artikel, postingan, media, page dan komentar pada wordpress dengan aman.

Secara garis besar inilah alur langkah – langkah yang akan dilakukan.

alur_dan_langkah_mudah_untuk_backup_data_aritkel_postingan_wordpress.jpg
alur dan langkah mudah untuk backup data artikel postingan blog wordpress

1.Login ke halaman admin blog wordpress

langkah pertama adalah masuk atau login sebagai admin di halaman blog wordpress yang dimiliki. Biasannya halaman admin ini berada pada url dibawah ini

urlbloganda.com/wp-admin

masukan username dan password admin yang dimiliki

langkah_1_login_ke_wordpress_admin.jpg
masukan username dan password wordpress untuk masuk ke halaman administrator wordpress

2.Pergi menuju menu tools

langkah kedua adalah buka menu tools yang terdapat pada menu navigasi di bagian kiri halaman. Menu ini memiliki icon yang berupa kunci seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

langkah_2_pilih_menu_tools_wordpress.jpg
menu tools ini berada pagian navigasi wordpress yang berada di bagian kiri halaman

kemudian pada menu tools tersebut pilihlah sub menu yang bernama export.

langkah_2_pilih_menu_tools_export_wordpress.jpg
menu export ini berada pada sub meni tools yang ada di navigasi wordpress admin bagian kiri.

pilihlah menu export tersebut maka halaman yang akan digunakan untuk melakukan backup wordpress akan muncul pada browser seperti pada gambar dibawah ini.

langkah_2_halaman_backup_export_wordpress.jpg
tampilan menu export untuk melakukan backup.

3. Melakukan backup secara aman dan meyeluruh

pada halaman tools dan export tersebut, pilihlah jenis data yang akan di export. Agar seluruh data – data wordpress dapat secara aman dan menyeluruh untuk dibackup pilihlah opsi “all content” yang terdapat pada bagian “choose what to export”. Untuk lebih jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini.

langkah_3_lakukan_backup_untuk_semua_all_content.jpg
pilihlah opsi “all content” agar seluruh data artikel, postingan, media(gambar,audio dan video) serta komentar dapat dibackup secara menyeluruh dan aman.

kemudian setelah opsi “all content” dipilih pada bagian “choose what to export” maka klik tombol “donwload export file”. Setelah melakukan klik pada tombol tersebut maka secara otomatis file backup akan tersimpan pada komputer , laptop ataupun smartphone anda.

langkah_4_download_backup_artikel_postingan_komentar_media_gambar_video_audio_halaman.jpg
secara otomatis data backup artikel, postingan, komentar dan media wordpress yang berfomat xml akan dapat di download atau di unduh ke laptop ataupun komputer.

Sangat disarankan untuk melakukan kegiatan backup ini setiap tiga hari atau juga dapat menggunakan fitur backup otomatis.

Selesai. Selamat, telah berhasil melakukan backup secara aman dan menyeluruh atas semua data artikel, postingan, media dan komentar pada blog wordpress. Sehingga tidak perlu khawatir akan resiko kehilangan data di wordpress.

(Visited 71 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply