lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara belajar bahasa pemrograman menurut “saya”

0
Degananda.com -

Bahasa dalam pengertian secara harfiah berarti kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata ataupun bahasa tubuh. berdasarkan pengertian diatas maka bahasa pemrograman dapat dianggap sebagai sebuah kemampuan yang dimiliki oleh “software” untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan “software” lainnya.

Tanpa adannya campur tangan manusia sebuah program tidak akan dapat dibuat untuk memenuhi tujuan tertentu dikarenakan hanya manusialah yang dapat menulis bahasa pemrograman sehingga antar software dapat berkomunikasi. Programmer adalah pekerjaan yang dituntut untuk dapat menerjemahkan kebutuhan dalam bisnis menjadi sebuah kode program yang biasannya aturan tersebut ditulis dengan menggunakan UML sedangkan UML dibuat oleh system analis yang bertugas untuk menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi  dokumen rancangan / desain.

Lalu bagaimana cara paling efektif dalam mempelajari bahasa pemrograman ataupun framework dari bahasa pemrograman tertentu yang saat ini sangat beraneka ragam dibandingkan dengan 1 dekade yang lalu(10 tahun yang lalu).

cara ini merupakan opini pribadi saya berdasarkan pengelaman dan observasi pada lingkungan sekitar.

  1. Mempelajari bahasa inggris.
    Bahasa inggris adalah hal paling dasar yang menurut saya wajib untuk mempelajari bahasa pemrograman. Karena rata-rata dokumentasi bahasa pemrograman ditulis dengan menggunakan bahasa inggris. Meskipun ada juga yang memiliki translate kedalam bahasa indonesia. Tetapi, modal bahasa inggris cukup berpengaruh dalam mempelajari bahasa pemrograman.
  2. Bakat adalah omong kosong KERJA KERAS.
    Sebuah pribahasa jawa mengatakan bahwa “iso kuwi jalaran soko kulino” menjadi seorang yang bisa dalam suatu hal dikarenakan dia sering melakukan hal tersebut. Saya percaya bahwa tidak ada istilah “bakat” dalam dunia ini yang ada hanyalah kerja keras dan dedikasi seseorang terhadap apa yang dia cintai.
  3. Passion & Cinta
    Tanpa passion dan kecintaan dalam membuat sebuah program rasannya akan susah untuk mempelajari bahasa pemrograman. Cintai terlebih dulu segala fase dalam membuat program dengan itu mempelajari bahasa pemrograman akan lebih menyenangkan.
  4. Latihan membuat CRUD(Create read update delete)
    Menurut saya pribadi dalam mempelajari bahasa pemrograman apapun yang paling penting adalah bagaimana kita dapat membuat sebuah CRUD pada database. Karena sejatinnya program pasti melakukan manipulasi terhadap database. Tidak perlu kita mempelajari atau bahkan menghafal syntax-syntax dari bahasa pemrograman secara berlebihan. Cukup dipelajari syntax yang dapat membuat proses CRUD. Dikarenakan seiring dengan intensitas kita dalam memprogram dalam bahasa pemrograman tertentu maka syntax-syntax dan fungsi yang dipelajari akan semakin kaya. let it flow, focus on crud. bro.
  5. Gemar membaca dan mengikuti video tutorial.
    Kembali lagi dengan poin nomor 2 bahwa iso kuwi jalaran soko kulino. Cara paling cepat untuk transfer knowledge adalah dengan diajari langsung.(tatap muka). Namun tatap muka sering kali dihadapkan dengan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu video tutorial dan ulasan tutorial menjadi opsi paling murah. Namun diharapkan untuk tidak mendapatkan video tutorial dengan cara-cara yang kurang “legal” hhe. Tidak ada ruginnya untuk melakukan investasi pada ilmu pengetahuan.
  6. Tidak merasa paling bisa, stay fool stay hungry
    Bahasa pemrograman sangat cepat berkembang, jangan sampai kita puas dengan apa yang kita pelajari hingga saat ini atau level paling parah adalah sombong terhadap sesama terutama pada para newbie. Dalam agama saya, sombong dapat membuat tuhan murka. Ketika tuhan murka maka kita akan menghadapi kesulitan yang sangat luar biasa. Tetap rendah diri dan selalu menghormati orang lain, siapapun itu.

itu adalah beberapa tips untuk mempelajari bahasa pemrograman yang saya tulis secara subjektif.