lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara bermain game android di laptop dengan menggunakan emulator

0
Degananda.com -

Bermain game android dengan menggunakan handphone atau smartphone memang menjadi salah satu hiburan bagi beberapa orang. Namun ada suatu ketika dimana bermain game android dengan smartphone di rasa kurang cocok. Contohnya adalah ketika bermain game android yang membutuhkan waktu lama untuk melakukan grinding yang mana jika dilakukan dengan menggunakan handphone akan membuat handphone tersebut panas dan dapat merusak handphone tersebut.

Oleh karena itu, bagi beberapa orang yang gemar bermain game android online terutama yang membutuhkan banyak waktu untuk griding, memaikannya dengan laptop atau pc adalah solusinnya.

Untuk dapat memainkan game android pada laptop, software yang dibutuhkan adalah emulator android yang bisa berjalan pada laptop (windows/linux ataupun mac osx).

Cara bermain game android dilaptop dengan menggunakan emulator

0.Minimum spesifikasi laptop untuk dapat menjalankan nox

Tidak semua laptop dapat menjalankan nox sehingga pastikan spesifikasi laptop yang digunakan memenuhi minimum spesifikasi yang tertera dibawah ini. Jika laptop yang digunakan tidak memenuhi syarat tersebut ada kemungkinan nox akan berjalan tidak optimal.

nox-mininum-spec.png

rasannya minimum spesifikasi nox ini sangat rendah, sehingga hampir semua laptop keluaran terbaru dapat menjalankannya.

1.langkah pertama adalah mengunduh atau mendownload emulator tersebut.

Terdapat berbagai jenis emulator yang dapat digunakan pada laptop windows. Kami menyarankan untuk menggunakan NOX emulator karena penggunaanya yang mudah dan mensupport berbagai jenis game android.

Gunakan link dibawah ini untuk mengunduh NOX emulator.

https://id.bignox.com/

klik tombol unduh yang terdapat halaman website tersebut. Jika laptop yang digunakan menggunakan sistem operasi OSX maka pilih lah versi mac.

nox-download-indonesia-emulator-android.png

jika kecepatan download dirasa kurang saat menggunakan link official dari website nox maka gunakanlah link google drive yang tersedia. Tunggu hingga proses download selesai. Ukuran software emulator nox kurang lebih 300 mb pada saat artikel ini ditulis. dengan kecepatan download 100an kbps akan membutuhkan waktu kurang lebih 48 menit untuk menyelesaikan proses download tersebut.

nox-download-googledrive.png

2.Lakukan installasi nox pada laptop

Setelah proses download selesai maka jalankan installer nox tersebut dan tunggu hingga proses installasi selesai. Setelah proses installasi selesai, logo nox akan muncul didesktop ataupun pada start menu windows (jika sistem operasi yang digunakan adalah windows).

nox-startmenu.png

3. Jalankan nox

double klik nox tersebut untuk menjalankannya. Disarankan untuk menjalankan nox tersebut dalam mode adminsitrator agar software emulator nox dapat berjalan dengan maksimal. Carannya adalah dengan klik kanan icon nox tersebut dan pilih jalankan menggunakan mode administrator

nox-administrator.png

4. Sambungkan akun google (gmail) ke nox

Setelah masuk pada halaman utama nox, pastikan untuk menyambungkan akun google (gmail) ke nox agar dapat mengakses playstore untuk mendownload game-game android disana. Untuk dapat menyambungkan nox ke google play, langkah pertama adalah menyambungkan nox dengan akun google. pergi ke halaman settings (tools -> settings) yang dapat diakses didesktop nox.

nox-desktop.png

kemudian scrolldown hingga menemukan menu Account.

nox-account.png

kemudian tambahkan akun google (gmail).

add-account-nox.png

5. Akses playstore

setelah nox telah terhubung dengan akun google, maka google play siap diakses dari nox emulator yang berjalan pada laptop dan siap untuk memainkan semua jenis game yang ada di playstore.

playstore-nox.png