lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install acquia untuk develop drupal

1
Degananda.com -

Selayang pandang

Drupal adalah salah satu CMS (Content management system) yang populer disamping wordpress ataupun joomla. Acquia dev adalah tools yang dapat kita gunakan untuk melakukan installasi drupal dengan mudah. Acquia dev hadir dengan stack php , apache dan mysql dengan dua buah mode tersedia yaitu mod_apache dan mod_fcgid.

Selain itu dengan menggunakan acquia dev kita dapat melakukan perubahan terhadap versi php, mysql dengan lebih dinamis. Contohnya untuk mengubah versi php dari versi 5.3 ke 7 hanya memerlukan satu klik melalui gui yang disediakan oleh acquia dev. Pengaturan port juga sangat mudah untuk masing-masing komponen tersebut.

Installasi acquia dev untuk drupal

1. Download installer acquia dev

anda dapat mendapatkan installer dari acquia dev dari link dibawah ini. Tentu saja tools acquia dev ini free alias tidak memerlukan biaya untuk subscription. Namun jika anda ingin melakukan hosting drupal tersebut pada platform acquia cloud baru dikenakan charge (biaya).

https://dev.acquia.com/downloads

silahkan pilih installer sesuai dengan sistem operasi yang anda butuhkan. Untuk saat ini acquia dev hanya support untuk sistem operasi windows dan osx (mac).

2. Jalankan wizard

silahkan jalankan installer yang telah anda download.

secara default acquia dev akan hadir dengan stack sebagai berikut ini (oktober 2017).

  1. Apache 2.x
  2. Mysql/mariadb 5.x
  3. php 5 – 7
  4. phpmyadmin 4.x

anda dapat dengan mudah melakukan switch versi dari php yang digunakan oleh drupal sehingga memberikan fleksibilitas yang besar.

2.1 Tentukan lokasi installasi stack dan sites folder

anda dapat biarkan lokasi installasi stack secara default. Pada mac tentunnya  berada di /Application dan pada windows berada di C:/program_files. Sedangkan untuk sites folder anda dapat menggunakan lokasi yang anda inginkan (bebas).

2.2 Menentukan port

Disini anda akan diminta untuk mendefinisikan tiga buah port untuk apache (http dan https) serta mysql database port.Silahkan ganti port tersebut apabila bertabrakan dengan aplikasi lain pada local machine anda

2.3 Review installation detail

Sebelum proses installasi dimulai anda akan diberikan detail dari installasi yang akan dilakukan. Silahkan review detail tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

2.4 Proses installasi

silahkan tunggu hingga wizard selesai.

Setelah install selesai akan terdapat proses post install script yang akan memakan waktu hingga beberapa menit. Silahkan tunggu.

3. Done

selesai, maka acquia dev siap untuk anda gunakan