lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install dan download R serta menggunakan R Studio

0
Degananda.com -

Cara yang paling mudah untuk dapat segera menggunakan R adalah dengan melakukan installasi R dan menggunakan R Studio sebagai IDE(Integrated development environment). R sendiri adalah suatu bahasa pemrograman yang memang difokuskan untuk melakukan kegiatan yang berkaitkan dengan statistika dan analisa grafik.

Untuk dapat melakukan pemrograman pada R sebenarnya kita tidak perlu menggunakan R Studio namun tanpa adannya tools tambahan yang membantu kita dalam mengelola project R akan menambah pekerjaan yang harus kita lakukan. Sehingga R Studio berfungsi untuk menujang pekerjaan kita dan diharapkan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Kita tidak perlu pusing dalam konfigurasi R dan fokus ke script untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan statistik dan analisa grafik.

Cara install dan download R serta menggunakan R Studio

1.Download dan install R

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyiapkan laptop/komputer kita agar siap dalam melakukan pemrograman R adalah melakukan download R pada halaman resminnya di link dibawah ini

https://cran.r-project.org/

Pada halaman tersebut silahkan pilih versi sistem operasi yang anda gunakan. Contohnya kami menggunakan osx. Jika RAM anda >= 4 gb maka gunakanlah R Versi 64 bit jika kurang dari 4gb maka gunakanlah versi 32 bit.

Setelah anda mengunduhnya jalankan installer R tersebut. Versi terahir R per tanggal 21 maret tahun 2018 adalah versi 3.4.4

Untuk memastikan bahwa R telah terinstall dengan baik pada local machine kita, jalankan perintah dibawah ini pada terminal/cmd/powershell sistem operasi anda untuk pengguna linux(ubuntu/debian/redhat/etc). Perintah yang digunakan untuk cek R telah terinstall pada linux adalah

R --version

jika perintah diatas dijalankan dan tidak ternyata perintah tersebut tidak ditemukan (command not found) maka kemungkinan besar R belum terinstall dengan baik di local machine anda.

Pada osx ataupun windows silahkan jalankan R Console. Jika R command line dapat dijalankan maka secara otomatis R telah terinstall dengan baik. Untuk melakukan cek versi R yang sedang berjalan silahkan ketikan perintah dibawah ini

version

hasil yang akan muncul adalah

2.Download dan install R Studio

R Studio memiliki depedency terharap R. Artinnya untuk dapat menggunakan R Studio maka kita harus telah menginstall R terlebih dahulu.

anda dapat mendapatkan R Studio melalui halaman resmi mereka. Silahkan lihat link dibawah ini.

https://www.rstudio.com/products/rstudio/

Silahkan pilih versi R Studio untuk open source edition. Pada dasarnya R Studio memiliki dua versi pertama adalah versi gratis(opensoource edition) dan kedua adalah versi Commercial license. Perbedaanya hanya terletak dari peruntukan R Studio tersebut. Jika anda menggunakan commerical license anda legal untuk menggunakan R Studio untuk kepentingan bisnis. R Studio versi opensource ditujukan untuk kepentingan pembelajaran atau akademis. Perbedaan kedua adalah terkait dengan support customer service yang hanya didapatkan oleh R Studio dengan lisensi commerical.

Pada halaman itu scroll kebawah hingga anda menemukan download R Studio desktop version dan pastikan pada kolom open source license (free/gratis)

Silahkan tunggu hingga proses download selesai dan jalankan installer sesuai dengan jenis sistem oeprasi yang anda gunakan. Jika RAM anda >= 4 gb maka gunakanlah R Studio Versi 64 bit jika kurang dari 4gb maka gunakanlah versi 32 bit.

Done. Sekarang anda telah siap untuk melakukan pemrograman R dengan menggunakan R Studio. Happy coding & Analysis.