lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Install dan Konfigurasi Docker untuk Windows Desktop

0
Degananda.com -

docker_Logo

Docker adalah suatu software atau tools yang dapat digunakan untuk membuat(create), menjalankan(run) dan melakukan deployment suatu aplikasi dengan menggunakan container. Sumber kode (source code) serta libraries terkait (jika ada) akan di paketkan dalam sebuah container.

Docker berbeda dengan virtual machine, setiap docker container menggunakan sistem operasi/kernel yang sama yang digunakan pada OS level.

Contohnya adalah suatu paket MEAN(Mongo, express, angular dan nginx) stack. Ke empat komponen tersebut berserta komponen penjunjang (node modules/c libraries/dan lain-lain) akan dipaketkan dalam satu buah container. Sehingga pada saat deployment yang perlu dilakukan adalah melakukan installasi / konfigurasi pada container tersebut bukan melakukan installasi satu per satu dimasing-masing komponen MEAN itu.

Cara Install dan Konfigaurasi Docker untuk Windows Desktop

Docker dapat berjalan pada berbagai jenis platform mulai dari windows, linux ataupun mac. Jika sistem operasi yang digunakan adalah windows(semua varian) maka gunakanlah docker desktop versi windows. Sedangkan jika docker ingin di jalankan pada server linux maka gunakanlah versi docker engine.

1.Download docker desktop untuk windows

docker desktop dapat di unduh pada halaman resminya. Berikut ini adalah url halaman resmi docker.

https://www.docker.com/products/docker-desktop

kemudian pilihlah versi windows (atau jika sistem operasi yang digunakan adalah mac maka pilihlah versi mac.

docker_install_windows.jpg
unduh versi docker desktop sesuai denga sistem operasi.

Proses pengunduhan akan memakan waktu relatif cukup lama tergantung dari kecepatan internet yang dimiiki. Pilihlah versi stable untuk menghindari kendala – kendala terkait dengan aplikasi docker desktop.

docker_stable.jpg
selalu gunakanlah installer versi stable untuk menghindari error.

Installer docker desktop memiliki ukuran sekitar 990 mb (pada saat ulasan ini dibuat, versi stable docker desktop adalah versi 2.2.0.4)  seperti tertera pada gambar dibawah ini.

docker_downloaded.jpg

2.Jalakan program installasi docker

Jalankan file installer yang telah di unduh tersebut. Pastikan untuk menggunakan mode administrator dalam menjalankan proses installasi.

docker_run_as_administrator.jpg

layar installasi akan muncul seketika file installer tersebut dijalankan. Pada bagian confiration pilih opsi dibawah ini

  1. Enable windows required features
  2. Add shortcut to desktop (optional, sangat disarankan. agar mudah mengakses docker).

docker_setup.jpg

kemudian tunggu hingga proses installasi docker selesai. Ini akan membutuhkan waktu cukup lama tergantung dari spesifikasi laptop/komputer yang digunakan sebagai host machine docker tersebut.

installing_docker.jpg

setelah proses installasi selesai maka laptop/komputer diharuskan untuk di restart agar proses installasi dapat mengimplementasikan perubahan-perubahan pada sistem operasi dengan sempurna.

installation_Done.jpg

done , selamat docker telah berhasil ter-install pada komputer / laptop.

3.Verifikasi bahwa docker telah berjalan dengan baik

Proses selanjutnya adalah memastikan bahwa program docker desktop yang sebelumnya di install dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi. Pastikan untuk melakukan restart sistem operasi sebelum menjalankan langkah verifikasi ini.

3.1 Hyper v adapter

Jika proses installasi berhasil dengan baik. Maka pada network adapter sistem operasi akan tambah dua adapter baru dengan nama :

  1. vEthernet (default switch)
  2. Virtual box host-only network

docker_hyper_v_adapter.jpg

kedua adapter ini dibutuhkan oleh docker agar dapat melakukan kontainerisasi (containerization).

3.2 Berjalannya Docker background proses

Docker yang telah terinstall pada local machine/komputer/laptop secara default akan langsung berjalan pada background. Sehingga pada saat restart selesai (setelah proses installasi) pada taskbar bagian pojok kanan bawah akan muncul satu icon tray yang menandakan bahwa docker telah berjalan dengan baik.

docker_desktop_running.jpg

kemudian jika icon tray tersebut di double klik , maka window konfigurasi docker akan muncul. Disinilah dapat dilakukan berbagai macam konfigurasi sesuai dengan business case yang akan dipecahkan / disolusikan.

docker_desktop_running_2.jpg

Done. Selamat menggunakan docker.

note : pada beberapa laptop, docker untuk desktop ini tidak akan berjalan karena fitur hyper-v yang tidak dapat berjalan sempurna karena fitur ini dikunci oleh root administrator

Namun tidak perlu khawatir, terdapat dua solusi untuk mengatasi permasalahan diatas yakni :

  1. menggunakan docker pada virtual machine (vmware/virtualbox/dan lain sebagainnya)
  2. menjalankan docker pada Cloud VPS (Virtual private server) ataupun pada dedicated server.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply