lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install dan konfigurasi python pada mac

1
Degananda.com -

Jika anda menggunakan mac dan sistem operasi yang digunakan adalah os x maka secara langsung telah terinstall python. Anda pasti bertanya mengapa terdapat python secara default dalam os x , jawabannya adalah kemungkinan beberapa program yang berjalan di os x membutuhkan python.

Untuk dapat melihat versi python yang secara default terinstall dalam os x maka anda dapat menuju ke terminal dan ketikan perintah dibawah ini

python

didalam layar terminal akan ditampilkan versi python bawaan dari os x (sistem operasi). Pada machine kami berikut ini adalah hasil eksekusi perintah “python” dalam terminal.

versi python yang terinstall pada os x versi 10.13 (high sierra) adalah 2.7.10. Saat ini versi python telah mencapai versi 3 dan kita akan menggunakan python versi 3 untuk melakukan development aplikasi. Jangan khawatir versi 3 ini telah stabil dan telah digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar didunia.

Alasan mengapa menggunakan python 3 ?

Kami sendiri penasaran mengapa program yang dibuat dengan python kebanyakan menggunakan versi 3 namun python sendiri juga masih aktif melakukan updatenya untuk versi 2. Sebenarnya jawabannya adalah tergantung dari situasi dan kondisi (sikon). Memang jawabannya sangat diplomatis.

Jika kita mendapatkan project yang “telah” dibangun dengan menggunakan python 2 dan project tersebut sudah hampir final atau bahkan project telah go live maka tetap menggunakan python 2. Jika tidak, maka tidak ada alasan menggunakan python 2 karena menurut beberapa sumber update terkait keamanan (security) dalam waktu dekat akan dihentikan.

So, mari kita menggunakan python 3 , komunitas saat ini sangat fokus di python 3 sehingga dokumentasi banyak tersebar di internet memudahkan pada saat menemukan kesulitan  serta mencari solusi atas permasalahan tersebut (troubleshooting).

Download python

kita dapat mengunduh atau mendownload pyhton melalui website resmi mereka yakni dilink dibawah ini

https://www.python.org/downloads/

kami menyarankan untuk download versi latest yang paling stabil.

disini kami akan menggunakan versi 3.6.4 yakni latest version untuk OS X. Mungkin akan berbeda sesuai dengan waktu anda mengakses website download python tersebut.

Install python

kita akan mendapatkan .pkg file dari proses pengunduhan(download) layaknya program mac pada umumnya.

langsung saja kita doubleclick file pkg tersebut maka akan muncul wizard screen layaknya diwindows yang akan memandu kita dalam installasi python.

perhatikan versi minimal dari sistem operasi.

lakukan next, next, next tidak perlu membaca eulanya seharusnya kita membacannya namun tidak perlu. Kita tidak perlu menspesifikasikan lokasi python akan diinstall biarkan menggunakan settingan bawaan installer / wizard.

Jika installasi berhasil maka akan muncul pesan bahwa python telah terinstall.

Test python telah siap digunakan

Untuk menguji apakah python telah siap untuk digunakan maka buka terminal dan tuliskan perintah dibawah ini

python3

seharusnya ketika installasi berhasil dengan baik maka saat ini versi python kita akan menjadi 3.6.4 sesuai dengan installer python yang digunakan.

done. Maka kita siap untuk melakukan pemrograman ular!.

terimakasih

  • Developer Sera

    mas dega kalo databasenya sql server, adaptor buat python gimana ya cara installnya?