lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install drupal dengan menggunakan acquia dev

0
Degananda.com -

Jika anda belum melakukan installasi acquia dev silahkan ikuti ulasan mengenai Cara install acquia untuk develop drupal. Drupal adalah salah satu CMS (Content management system) yang populer disamping wordpress ataupun joomla. Acquia dev adalah tools yang dapat kita gunakan untuk melakukan installasi drupal dengan mudah. Acquia dev hadir dengan stack php , apache dan mysql dengan dua buah mode tersedia yaitu mod_apache dan mod_fcgid.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan installasi drupal dengan acquia dev.

1. buka acquia dev

silahkan jalankan Apache dan mysql jika memang belum berjalan.

2. Buat situs drupal

pada bagian kiri bawah terdapat simbol “+”. Silahkan tekan tombol tersebut. Anda akan memiliki tiga buah opsi dalam melakukan installasi drupal yakni

  1. New drupal site, Melakukan install drupal secara fresh install. Jika memilih menu ini anda akan melakukan fresh install dari drupal. Uniknya anda dapat memilih ingin melakukan install drupal 7, 8 maupun opsi lainnya.
  2. Import local drupal site, pilihan kedua ini dapat anda gunakan jika anda telah memiliki project drupal. Anda dapat melakukan import secara mudah. Contohnya misalkan terdapat repository digithub yang menggunakan drupal anda cukup clone dan import melalui acquia dev secara praktis.
  3. Add acquia cloud sites, merupakan fitur yang berbayar yakni melakukan hosting drupal pada acquia cloud

3. Pilih new drupal site

Jika anda tidak memlilki project untuk diimport maka silahkan pilih pilihan 1 (new drupal site)

4. Pilih versi drupal

terdapat beberapa pilihan varian drupal yang dapat anda pilih

  1. drupal 8
  2. drupal 7
  3. Commerce kickstart (drupal dengan konfigurasi untuk e-commerce)
  4. dkan (drupal dengan konfigurasi untuk data portal software)
  5. Drupal thunder (drupal dengan konfigurasi untuk publisher/publikasi magazine)
  6. Atrim(drupal dengan konfigurasi untuk melakukan kolaborasi pekerjaan)
  7. govCMS, sangat cocok jika ingin membuat website untuk profiling website pemerintah

silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Pada ulasan ini kami memilih untuk menggunakan drupal 8 karena ingin melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan kita. Mengapa versi 8 karena itu adalah versi terahir yang dirilis oleh drupal. Lastest version = more feature & more secure.

5. Drupal distribution

silahkan definisikan lokasi installasi drupal, nama situs , versi php, nama database , konfigurasi database. Intinnya sesuaikan dengan kebutuhan anda

kami sarankan menggunakan konfigurasi default, hanya ubah bagian local codebase folder serta localsitename (terkait dengan) sisannya biarkan default. Setelah itu tunggu beberapa menit karena acquia dev akan melakukan download terhadap drupal.

6. Konfigurasi situs drupal

pada bagian ini silahkan buka url drupal anda.

kami sarankan untuk menggunakan versi 5.6.x agar versi php tidak terlalu jadul. Namun tetap sesuaikan dengan kebutuhan anda.

6.1 Choose language

pilih bahasa, kami sarankan bahasa inggris agar anda tidak mengalami kebingungan.

6.2 Choose profile

gunakanlah profile standart (wizard akan melewati proses ini karena secara otomatis jika anda membuat situs drupal dari fresh install langsung menggunakan profile standart). Jika anda melakukan import site maka anda akan diminta memilih profile.

6.3 Choose database

Jika anda ingin mengubah konfigurasi database anda dapat mengubahnya disini. Namun secara default anda tidak diminta melakukan hal ini kecuali pada drupal distribution anda memilih untuk melakukan konfigurasi database.

6.4 Tunggu proses installasi

proses ini akan memakan waktu 5 hingga 10 menit. Tidak seperti wordpress yang sangat cepat proses installasinya drupal dengan menggunakan acquiadev memiliki kekurangan yakni waktu yang lama untuk proses installasi.

6.5 Configure site

silahkan tuliskan beberapa konfugrasi untuk drupal seperti nama situs, username, password dan lain sebagainnya. Masukan sesuai dengan preferensi anda.

7. Done

drupal siap untuk anda gunakan