lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Install Eclipse yang Merupakan Code Editor Terbaik untuk Java pada Windows

0
Degananda.com -

eclipse-java-ide-thumb

Salah satu IDE atau biasannya juga dikenal sebagai code editor paling populer yang digunakan oleh software developer yang menggunakan java sebagai bahasa pemrogramannya adalah Eclipse. IDE Eclipse ini pertama dikenalkan pada publik pada tahun 2001.


Secara built-in, eclipse mensupport backend java server development platform yakni apache tomcat dan glassfish. Proses debugging dengan menggunakan eclipse juga mudah karena telah mengakomodasi fitur remote debugging.

Eclipse memiliki ribuan built in environment yang memanjakan developer java. Terdapat berbagai macam plugin untuk java yang siap untuk di install pada eclipse.

Saat diperkenalan eclipse adalah IDE yang memang dibuat untuk bahasa pemrograman java. Bahkan hingga saat ini, eclipse masih dikenal sebagai IDE untuk java meski sudah dapat melakukan support pada bahasa pemrograman lainnya.

Cara Install Eclipse IDE Terbaik untuk Java pada Windows

langkah 0 persiapan – install JDK

penting! sebelum melakukan install eclipse mohon untuk melakukan installasi JDK (java development kit) pada windows beserta konfigurasi pathnya. Jika belum melakukan installasi JDK pada windows disarankan mengikuti tautan dibawah ini untuk melakukan install JDK pada windows.

Cara Install java JDK dan Pengaturan Java Path pada Sistem Operasi Windows 10

langkah 1 install eclipse – unduh installer eclipse

unduh-eclipse-windows.JPG

gunakan tautan dibawah ini untuk melakukan pengunduhan installer eclipse. Gunakan installer yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Jika menggunakan windows maka pilihlah installer khusus windows, begitupula jika menggunakan linux

https://www.eclipse.org/downloads/

tidak perlu khawatir terkait pilihan installer yang berkaitan dengan arsitektur x86 atau x64. Secara default, installer eclipse dapat mengenali sistem operasi yang digunakan. Installer tersebut dapat mensupport 32 bit dan 64 bit.

proses-pengunduhan-eclipse-java.JPG

ukuran installer eclipse ini relatif cukup kecil jika dibandingkan dengan IDE untuk java lainnya. Eclipse hanya memiliki ukuran 100 mb-an namun, rivalnya netbeans memiliki ukuran installer sebesar 300 mb.

langkah 2 install eclipse – Jalankan installer eclipse

eclipse-installer-exe-windows.JPG

pada tahapan ini, setelah installer eclipse telah berhasil di unduh. Maka proses selanjutnya adalah melakukan proses installasi pada eclipse.

instlal-eclipse-dengan-administrator-mode.JPG

ingat untuk selalu menggunakan administrator mode saat melakukan install eclipse

administrator mode ini diperlukan karena eclipse akan memodifikasi file yang berada pada direktori system C:/ di windows. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan akun windows yang memiliki privilages adminstartor.

Langkah 2.1 – Tentukan konfigurasi eclipse

eclipse-1-tentukan-bahasa-pemrograman.JPG

saat pertama kali jendela installer eclipse muncul, maka user diharuskan untuk memilih konfigurasi eclipse. hal ini akan bergantung dari jenis bahasa pemrograman yang hendak digunakan.

Jika hendak menggunakan eclipse untuk java standar maka dapat memilih eclipse IDE for java developer atau jika ingin menggunakan java EE (Enterprise edition) maka pilihlah Eclipse IDE for enterprise java developers.

Intinnya adalah jika ingin membangun sistem backend (web services) ataupun sistem web server maka pilihlah java EE, namun jika hendak membangun aplikasi java selain itu gunakanlah eclipse non enterprise, contohnya seperti aplikasi desktop (java based).

pada kasus ini, jenis eclipse yang dipilih adalah eclipse IDE untuk enterprise, karena nantinnya, IDE eclipse ini akan digunakan untuk membangun web services.

Langkah 2.2 – tentukan lokasi installasi eclipse

lokasi-install-eclipse.JPG

disarankan untuk melakukan installasi eclipse pada folder default yang telah disarankan oleh eclipse yakni pada :

C:\Users\degananda.ferdian\eclipse\jee-2020-09

karena pada proses persiapan (langkah 0) JDK telah terinstall, maka pada proses ini eclipse akan secara otomatis mendeteksi lokasi JDK yang terinstall pada sistem operasi. Sehingga tidak perlu mengganti lokasi JDK.

minimum JDK yang harus digunakan adalah versi 11.

Langkah 2.3 – tunggu proses installasi

proses-installasi-eclipse.JPG

tunggu proses installasi hingga selesai. ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari kecepatan laptop atau pc serta kecepatan internet. karena pada proses ini eclipse juga melakukan download untuk beberapa plugin yang dibutuhkan (tergantung dari jenis java yang dipilih).

eclipse-download-plugin-untuk-java-ee.JPG

Langkah 2.4 – registrasi certificate website eclipse untuk proses download plugin dan update

pada langkah ini sangat disarankan untuk melakukan registrasi public certificate yang dimiliki oleh eclipse. Hal ini sangat membantu pada saat menggunakan eclipse untuk mengunduh ataupun menginstall plugin-plugin yang digunakan dalam pemrograman java.

eclipse-install-certificate.JPG

tanpa melakukan registrasi certificate diatas eclipse tidak akan dapat berjalan dengan maksimal karena ada beberapa operasi yang tidak dapat dilakukan akibat adannya certificate yang tidak difatarkan di local machine user tersebut.

disarankan mengikuti konfigurasi diatas.

done. proses installasi eclipse telah selesai

langkah 3 install eclipse – Jalankan aplikasi eclipse

setelah proses installasi berhasil, langkah terahir adalah menjalankan aplikasi eclipse. jika installasi berhasil maka pada startmenu windows akan muncul aplikasi baru yang bernama eclipse.

buka start menu dan kemudian tuliskan eclipse. Buka program eclipse tersebut dengan menggunakan administrator mode agar mengurangi kemungkinan terjadinnya error saat menjalankan IDE akibat permission akses yang kurang terhadap sistem – sistem yang ada di direrktori C:/ windows.

langkah 3.1 tentukan lokasi workspace eclipse

tentukan-lokasi-workspace-eclipse.JPG

langkah 3.1 buat project

klik file kemudian pilih maven java project seperti pada gambar di bawah ini

new-java-maven-project.JPG

pilih create simple project, karena ini hanya untuk kepentingan hello world tidak ada depedency khusus yang harus di install

create-simple-project.JPG

tuliskan konfigurasi untuk maven

maven-config.JPG

munculkan project explorer dengan cara pilih window -> show view -> project explorer pada menu bar.

project-explorer-eclipse.JPG

langkah 3.1 tuliskan kode hello world

ini adalah langkah yang paling digemari oleh developer diseluruh dunia yakni menuliskan hello world di bahasa pemrograman yang baru saja hendak digunakan 😀

buat file bernama main.java pada src/main/java

main-java-eclipse.JPG

gunakan kode dibawah ini untuk menuliskan hello world pada java.

package test;

public class Main {

	public static void main(String [] args) {
		System.out.print("hello world !!!!!!!!!!!!!!!");
	}

}
//end of code

jalankan program tersebut dengan memilih icon play berwarna hijau dibagian atas.

hello-world-java-dengan-eclipse.JPG

done !~ enjoy melakukan java programming

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply