lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Install Golang pada Sistem Operasi Windows

0
Degananda.com -

golang_thumb

Go (bisannya juga disebut sebagai golang) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh google yang di klaim memiliki empat kemampuan utama. Golang dapat di install pada berbagai platform (multi platform). Mulai dari windows, linux dan mac.

Golang secara resmi di umumkan ke publik pada tahun maret 2009 pada versi 1.0. Golang banyak digunakan pada produk-produk besutan google seperti gmail.

Empat kemampuan itu adalah [1] memory safety (relatif tidak ada memory leak),  [2] garbage collection(manajemen memori, secara otomatis menghilangkan program yang tidak lagi digunakan), [3] structural typing (memiliki struktur code yang jelas, layaknya java), dan [4] concurrency(kemampuan melakukan eksekusi kode secara pararel tanpa mempengaruhi hasil ahir).

Cara Install Golang pada Sistem Operasi Windows

Langkah 1 – Unduh installer golang untuk windows

download_golang_installer.jpg

unduh installer untuk golang pada tautan dibawah ini. Lama waktu download akan bergantung pada koneksi internet. Ukuran dari installer golang adalah sekitar 100 mb. Sehingga disarankan untuk menggunakan wifi agar tidak memakan quota mobile internet (paket data)

installer ini dapat digunakan untuk seluruh versi dari windows (10, 7 & vista).

link pengunduhan golang untuk windows (pada saat ulasan ini ditulis, versi terahir go adalah versi 1.15.2)

https://golang.org/dl/go1.15.2.windows-amd64.msi

Langkah 2 – Jalankan installer golang

golang_installer_selesai_di_download.jpg

pastikan menggunakan administrator mode saat hendak menjalankan installer golang karena melibatkan modifikasi file pada drive C.

jalankan file installer golang msi yang telah selesai di unduh (pada langkah 2). Secara default, go akan terinstall pada direktori C.

Disarankan untuk tidak mengubah lokasi installasi golang. Tetap gunakan direktori/drive C untuk stabilitas (karena mengikuti arahan default dari golang)

setelah proses installasi selesai. Maka tutup semua command prompt yang masih terbuka baik itu cmd ataupun powershell. ini harus dilakukan agar seluruh terminal/command prompt dapat mendeteksi golang.

Langkah 3 – Verifikasi golang telah terinstall dengan baik

golang_installer_dijalankan_msi.jpg

langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Untuk dapat memverifikasi buka terminal (disarankan menggunakan powershell) kemudian panggil perintah go version.

go version

jika go telah terinstall dengan baik pada windows, maka pada konsol terminal/powershell akan muncul versi golang yang telah terinstall pada windows.

verifikasi_installasi_golang.jpg

Pastikan versi golang yang tampil pada terminal/powershell sama seperti dengan versi installer golang yang digunakan.

Langkah 4 – Hello World! kode pertama pada golang

ini adalah langkah yang sangat digemari oleh developer. yakni menuliskan sebuah program sederhana untuk menampilkan text pada konsol atau biasannya disebut sebagai hello world program.

Untuk dapat membuat hello world, buat satu file bernama hello.go. Kemudian tulsikan baris kode dibawah ini

package main
import "fmt"
func main() {
    fmt.Println("Hello Indonesia ! Dari Golang!")
}

baris kode diatas menggunakan package go yang bernama fmt (formatted text) yang salah satunnya berfungsi untuk menampilkan text pada konsol terminal.

jalankan program diatas dengan perintah go run

go run hello.go

pada konsol akan tampak text “Hello Indonesia ! Dari Golang!

golang_hello_world.jpg

Done ~ Enjoy golang programming.

(Visited 30 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply