lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Install java JDK dan Pengaturan Java Path pada Sistem Operasi Windows 10

4
Degananda.com -

java_logo

Java adalah salah satu bahasa pemrograman multiplatform (dapat berjalan pada linux , windows dan mac osx) yang dibuat dan dikembangkan oleh sun microsystem. Konsep pemrograman java memiliki beberapa kemiripan dengan bahasa pemrograman buatan microsoft yakni C++ tetapi lebih ketat pada aspek pola OOP (Object Oriented Programming) nya.

APK Berbasis java — Aplikasi – aplikasi yang tersedia pada google play (android) merupakan aplikasi yang di bangun dengan menggunakan java ataupun scala (masih berbasis java).

Program yang dibuat dengan menggunakan java tidaklah berjalan pada level sistem operasi layaknya C++ yang berjalan pada windows. Program java akan berjalan pada JVM (Java virtual machine). Hal inilah yang membuat program java yang memiliki extensi .jar ini dapat berjalan pada berbagai macam sistem operasi seperti windows, linux dan mac osx.

untuk dapat memulai pemrograman java diperlukan java development kit(JDK) yang harus terinstall pada sistem operasi (windows/linux/os x).

Cara Install java JDK pada Sistem Operasi Windows 10

berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dijalankan agar dapat melakukan install java JDK (Java development kit) pada sistem operasi windows 10.

1.Persyaratan minimal (system requirement)

setiap laptop atau pc yang hendak menggunakan JDK (java developmen kit) haruslah memenuhi minimum spesifikasi komputer seperti tertera dibawah ini

  • Prosesor – minimal pentium 2 (intel) dengan kecepatan minimal adalah 266 mhz
  • kapasitas hard disk tersedia (free) – 1 gb
  • RAM – minimal 1 gb

sumber spesifikasi minimal untuk menjalankan JDK & JRE

https://docs.oracle.com/javase/9/install/installation-jdk-and-jre-microsoft-windows-platforms.htm#JSJIG-GUID-A740535E-9F97-448C-A141-B95BF1688E6F

pada paket JDK akan secara otomatis melakukan installasi pada JRE (java run time environment) agar program java (.jar) dapat juga langsung dijalankan.

2. Unduh installer JDK

langkah kedua adalah untuk mengunduh installer jdk yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Untuk pengguna windows dengan versi 64 bit maka unduhlah JDK dengan versi khusus untuk 64 bit begitupula sebaliknya untuk pengguna sistem operasi windows dengan tipe 32 bit.

pada saat ulasan ini di tulis, versi terahir paling stabil dari JDK adalah versi 14. Silahkan disesuaikan dengan perkembangan waktu.

installer JDK (java development kit) untuk windows 10 dapat didapatkan pada tautan / link resmi di bawah ini dari sun micro system

https://www.oracle.com/java/technologies/javase-jdk14-downloads.html

Setelah membuka halaman diatas pada browser, scroll kebawah maka akan terdapat berbagai jenis installer JDK. pilih yang cocok untuk sistem operasi yang sedang digunakan.

java_jdk_installer_windows_download.jpg

klik tombol download yang berada dikolom paling kanan. Kemudian jangan lupa untuk menyetujui aturan yang berlaku terkait JDK ini pada checkbox yang tersedia di popup.

java_jdk_installer_windows_download_agree.jpg

kemudian tunggu hingga insttaller JDK telah berhasil di unduh.

java_jdk_proses_download.jpg

ukuran JDK ini cukup besar yakni 162 mb, sehingga akan membutuhkan waktu yang tidak singkat, tergantung dari kecepatan internet yang digunakan.

3. Install JDK dengan installer

Setelah proses pengunduhkan selesai jalankan installer JDK dengan menggunakan mode administrator.

installer_jdk_dengan_mode_administrator.jpg

kemudian akan muncul layar installer java development kit (JDK). Ikuti perintah yang tersedia pada layar installer tersebut.

klik next pada layar pertama dalam proses installasi JDK ini

java_install_1.jpg

pastikan untuk memlih direktori C:/program files sebagai direktori tempat JDK ini aakn terinstall. Disarankan untuk tidak menggunakan direktori lain untuk menghindari error yang tidak di inginkan.

java_install_2_install_di_c.jpg

kemudian klik next dan tunggu hingga proses installasi selesai.

java_install_3_done.jpg

selamat JDK telah terinstall dengan baik pada sistem operasi windows.

4. Pengaturan path java untuk keperluan development

langkah terahir untuk memastikan installasi JDK selesai dan dapat digunakan adalah mengatur path untuk java. Tujuannya adalah agar developer dapat memanggil compiler java di lokasi direktori manapun saat dengan menggunakan terminal atau power shell.

perintah dibawah ini digunakan untuk melakukan kompilasi (compile) file dengan extensi / tipe .java

javac

gambar dibawah ini menunjukan bahwa java belum tersedia pada path windows sehingga masih tidak dapat digunakan pada terminal.

javac_not_installed.jpg

untuk menyelesaikan masalah diatas ikutlah langkah-langkah dibawah ini

4.1 Cara mengatur javac path pada sistem operasi windows

4.1.1 Temukan lokasi direktori installasi JDK

pada langkah ketiga, JDK di install pada lokasi C:/program files. Sehingga secara default lokasi installer JDK berada pada direktori / path file ini

C:\Program Files\Java\jdk-14.0.1

pada folder JDK-14.0.1 ini terdapat sub folder bernama bin.

C:\Program Files\Java\jdk-14.0.1\bin

pada folder bin inilah file javac.exe berada. Nantinnya path file javac ini akan ditambahkan pada path sistem operasi windows agar dapat diakses dimana saja dengan menggunakan terminal.

javac.jpg

4.1.2 Menambahkan javac pada path

4.1.2.1 Buka system properties dan ubah data path di environment variables

kemudian buka system properties dari windows dengan cara mengetikan “environment variables” pada start menu sesuai dengan gambar dibawah ini

javac_path.jpg

buka program “edit environment variables for your account” (yang terletak di hasil pencarian paling atas). Kemudian pilih tombol environment variables yang berada dipojok kanan bawah di window system properties.

javac_environment_variables.jpg

4.1.2.2 Tambahkan path nuget sesuai dengan folder path yang dibuat

tambahkan path lokasi javac yang telah di identifikasi pada langkah sebelumnya yakni pada path ini

javac_edit_path_Done.jpg

klik edit system variables dengan nama path seperti pada gambar dibawah ini

javac_edit_path.jpg

kemudian tambahkan path javac diatas dengan menakan tombol new

javac_edit_path_Done.jpg

selesai javac telah berhasil ditambahkan pada windows 10 path.

4.1.2.3 Validasi

langkah terahir adalah melakukan validasi bahwa javac telah berhasil ditambahkan ke windows path agar dapat dijalankan di direktori manapun dengan menggunakan terminal. Buka power shell (disaranakn) ataupun CMD dan tuliskan perintah dibawah ini

javac

jika muncul detail informais mengenai javac (sub perintah yang tersedia) maka javac dan JDK telah berhasil terinstall pada sistem operasi windows 10

javac_powershell_terminal_done.jpg

selamat melakukan pemrograman java. enjoy~!~

 

 

 

 

(Visited 1,297 times, 4 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply