lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install python pada windows 2019

0
Degananda.com -

python_thumbnail

terdapat dua versi utama python yakni versi 2 dan versi 3. Pada saat tulisan ini dibuat versi terahir adalah 2.7.16 dan 3.7.4. Terdapat sedikit perbedaan antara python 2 dan python 3 yang paling utama adalah python 3 tidak akan kompatible dengan python 2 dan juga support kebanyakan modul saat ini telah dialihkan ke python 3. Sehingga untuk saat ini , python 3 lebih direkomendasikan kecuali project tersebut telah go-live dengan menggunakan python-2.

python-2 adalah legacy sedangkan python 3 merupakan masa depan

Kedua versi python tersebut dapat diperoleh dari halaman resmi python.org

Installasi python 3 pada windows

panduan ini dapat digunakan pada windows 7, windows 8 ataupun windows 10. Langkah pertama adalah melakukan download python pada halaman resmi python.org. dan klik menu downloads atau klik link dibawah ini

www.python.org/downloads

Versi terahir pada saat tulisan ini dibuat adalah versi 3.7.4. Tidak ada perbedaan antara python 3 untuk versi windows 32 bit dan 64 bit, sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

python_download.png

Selain menyediakan versi terahir (bukan yang paling terahir), python.org juga menyediakan versi rilis python sebelumnya. Kita dapat mencari berdasarkan nomor versi dan tanggal rilis seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

python_download_old_release.png

python adalah bahasa pemrograman opensource, sehingga kita juga bisa mendapatkan source codenya pada halaman python.org

1.Jalankan installer python pada windows

setelah kita melakukan download python pada halaman resmi python.org, langkah selanjutnya adalah menjalankan installer tersebut dan ikuti langkah-langkah(wizard) yang ada. Ukuran dari installer python relatif kecil sehingga kita tidak perlu khawatir dengan kuota internet.

Saat membuka installer python, jangan lupa untuk menjalankannya dalam administrator mode jika kita ingin melakukan installasi python terha

dap semua user yang ada pada local machine tersebut. Dalam kasus ini kami melakukan installasi python terhadap semua user yang ada pada local machine kami.

python_all_user_install.png

tunggu hingga installasi mencapai 100% (complete/selesai).

python_install.PNG

2. Melakukan disable path limit python pada windows

Pada saat penghujung proses installasi dalam wizard tersebut, kita akan disodorkan sebuah opsi untuk melakukan disable path limit karena secara default path limit pada windows (saat ini kami menggunakan windows 10) adalah sebesar 260 karakter.

Path adalah lokasi dari suatu file atau folder itu berada. Kita sering kali jumpai ini pada windows explorer seperti contoh pada gambar dibawah ini.

path_limit.png

limitasi 260 karakter pada file path ini dapat menganggu development yang kita lakukan karena terdapat library atau modul dari python (3rd party ataupun official) yang memiliki struktur folder kompleks dan panjang. Akibatnya kita tidak dapat menggunakan library atau module tersebut untuk menunjang development project. Sehingga sangat disarankan untuk mengaktifkan disable 260 karakter path limit pada saat installasi python selesai sesuai dengan gambar dibawah ini

disable_path_limit_python3.png

kita membutuhkan administrator privilage atau access untuk melakukan disable 260 max path limit ini.

3.Verifikasi installasi python 3

Tanda yang akan kita dapatkan saat python 3 telah berhasil di install adalah mendapatkan informasi dari installer python bahwa python berhasil di install di local machine.

python_success.png

langkah selanjutnya adalah melakukan validasi. terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan yakni :

3.1.Pastikan python 3 binary terdapat pada start menu
python_startmenu.png

3.2 buka console python 3.7 pada start menu dan pastikan console tersebut tidak menampilkan error apapun.
python_console.png

selesai, kita telah berhasil melakukan installasi python 3 dan siap melakukan pemrograman untuk memulai project-project yang berguna bagi keluarga, bangsa dan negara.

 

 

LEAVE A REPLY