lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara install wordpress pada vps ubuntu dengan apache dan mysql

0
Degananda.com -

jika anda sedang membangun website ataupun blog wordpress adalah salah satu pilihan CMS(Content management system) yang sangat baik secara performa serta dukungan komunitas yang besar. Dalam segi SEO(Search engine optimization) wordpress sangat disukai oleh google. Anda akan banyak menjumpai website dibangun dengan menggunakan wordpress menduduki halaman utama google search pada keyword tertentu.

Terdapat berbagai opsi untuk hosting wordpress yang paling simple adalah menggunakan shared hosting yang biasannya dibekali dengan cpanel. Dengan metode seperti ini anda dapat sangat mudah melakukan install wordpress. Jika anda ingin mendapatkan performa yang lebih yakni menggunakan vps maka ini adalah ulasan yang tepat untuk anda baca dalam melakukan install wordpress pada vps ubuntu.

Untuk melakukan install wordpress pada ubuntu di vps anda memiliki dua opsi yakni menggunakan nginx ataupun apache. Keduannya akan kita bahas dalam dua ulasan yang berbeda. Untuk saat ini kita akan menggunakan stack yang paling simpel yakni apache, php dan mysql pada ubuntu. Untuk alasan keamanan kita tidak akan menggunakan phpmyadmin. Sehingga untuk melakukan manajemen database menggunakan remote mysql. Jika anda belum familiar dengan remote mysql anda dapat menyimak ulasan mengenai Cara connect ke mysql dengan menggunakan mysql workbench / remote mysql.

Cara install wordpress pada vps ubuntu

sebelumnya pastikan anda telah memiliki vps yang telah terinstall

  1. apache
  2. php
  3. mysql

jika belum silahkan simak ulasan diatas mengenai apache, php dan mysql pada ubuntu dan Cara connect ke mysql dengan menggunakan mysql workbench / remote mysql. Jika sudah maka kita telah siap melakukan install wordpress pada vps ubuntu.

1. Login ke shell vps dengan ssh ataupun ssh key

silahkan sesuaikan dengan konfigurasi yang anda miliki. Kami menyarankan menggunakan ssh key dan melakukan disable login menggunakan ssh berpassword demi keamanan.

2. Download wordpress

kita akan full menggunakan cli namun jika anda prefer menggunakan filezilla dipersilahkan. Gunakan wget untuk mengunduh wordpress. masuk pada folder /var/www

cd var/www/

kemudian unduh wordpress

wget https://wordpress.org/latest.tar.gz

setelah itu pada folder www tersebut anda akan mendapatkan file latest.tar.gz

3. Extract file wordpress

untuk melakukan extract terhadap file wordpress yang berextensi tar.gz kita dapat memanfaatkan fungsi tar dengan opsi -xzvf. Z digunakan untuk file tar.gz, j digunakan untuk file tar.bz2 dan untuk tar biasa kita dapat menggunakan xvf (v = verbose, f =pointer ke nama file, x = perintah untuk extract).

tar -xzvf latest.tar.gz

kita akan extract pada direktori /var/www karena dalam kasus ini wordpress akan menjadi landingpage pada vps. Perintah diatas akan menghasilkan folder “wordpress”. Kita harus memindahkan seluruh isi dari wordpress tersebut ke /var/www.

4. Memindahkan file wordpress

perintah yang digunakan untuk memindahkan file wordpress yang berada di direktori “wordpress” ke /var/www adalah sebagai berikut ini

mv -v wordpress/ /var/www/html

kita menggunakna v untuk melihat proses pemindahan agar dituliskan pada cli (in case jika terjadi sesuatu)

setelah perintah diatas dijalankan isi folder www/html kita kurang lebih akan terlihat seperti ini

5. Install wordpress

karena seluruh file dan folder yang dibutuhkan oleh wordpress telah berada di /var/www (landing page) maka kita dapat install wordpress dengan cara membukannya diweb. Kita dapat mengikuti wizard yang disediakan oleh wordpress.’

5.1 Klik lets go

5.2 Database connection detail

masukan detail database connection sesuai dengan konfigurasi pada server anda

anda cukup mengganti database,username dan password saja. Sisannya biarkan default sesuai isi awal dari wordpress. Jika anda belum membuat database maka anda dapat membuatnya melalui mysql workbench ataupun menggunakan mysql cli.

jika anda prefer menggunakan mysql cli maka query sqlnya adalah sebagai berikut ini

CREATE SCHEMA `wordpress` DEFAULT CHARACTER SET utf8;

5.3 Buat wp-config.

karena kita tidak melakukan konfigurasi usergroup permission untuk mengakses folder /var/www ini maka kita dapat membuat wp-config secara manual sesuai dengan instruksi

simpan file tersebut di desktop localmachine kita dan kita akan upload ke /var/www di server. Anda dapat menggunakan filezilla ataupun terminal (ftp/sftp sesuai dengan konfigurasi server anda). Jika anda menggunakan filezilla cara termudah adalah dengan mereplace isi dari wp-config-sample.php menjadi konfigurasi anda (yang didapatkan dari wizard installasi) dan rename menjadi wp-config.

5.4 Install wordpress

setelah kita membuat wp-config.php secara manual langsung saja klik tombol install wordpress pada wizard.

jika proses install berhasil anda akan masuk ke wizard baru untuk memberikan detail informasi mengenai blog / website anda.

silahkan anda isi sesuai dengan preferensi. Cukup ikuti wizard.

6. Test situs anda

buka website anda jika berhasil maka akan muncul seperti dibawah ini yakni blog wordpress dengan tema default.

done. Selamat anda telah berhasil melakukan install wordpress pada vps ubuntu.

Sampai disini masih ada banyak hal yang dilakukan yakni :

  1. konfigurasi ubuntu agar wordpress dapat install theme ataupun plugin
  2. Optimasi , terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan performa wordpress dengan apache.