lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara melakukan cek script atau program yang sedang berjalan di ubuntu server untuk keperluan monitoring

0
Degananda.com -

Mendapatkan data mengenai konsumsi memori (RAM) dan CPU dari sistem operasi merupakan hal yang sangat penting agar kita dapat mengelola server dengan baik terlebih saat menentukan kapan harus melakukan upgrade spek server.

Saat melakukan investasi atau hanya sekedar ingin mengetahui script mana yang paling mengkonsumsi memory dan CPU paling tinggi di sistem operasi windows biasannya kita akan langsung menekan ctrl+alt+del untuk memunculkan task manager.

Pada linux server atau di ulasan ini kita spesifik membahas mengenai ubuntu server maka kita tidak memiliki program GUI layaknya seperti task manager pada windows ataupun System Monitor pada OSX. Ubuntu server yang notabenenya hanya berupa CLI(Command line intepreter) tidak support aplikasi dengna model GUI.

Namun jangan khawatir ubuntu server tetap menyediakan fitur untuk mendapatkan kondisi terkini terkait script atau job yang sedang berjalan pada sistem operasi disertai dengan berapa memory (RAM) dan CPU yang dikonsumsinnya.

Cara cek konsumsi RAM dan CPU script atau job pada ubuntu server

HTOP

Secara bawaan ubuntuk telah memiliki fitur yang dapat kita gunakan untuk mengetahui konsumsi memori(RAM) dan CPU pada server. Script ini memiliki nama HTOP yang memiliki fungsi sebagai program untuk menvisualisasikan process yang sedang berjalan di OS (Sistem operasi).

Untuk mengakses HTOP anda cukup login ke shell melalui terminal/putty/ssh/etc (sesuai dengan konfugurasi akses yang anda berikan di server) lalu tuliskan perintah dibawah ini

htop

setelah perintah diatas dituliskan dan dieksekusi akan muncul process viewer untuk memantau kondisi RAM dan CPU di Server. Perhatikan gambar dibawah ini

Header

pada bagian header kita dapat melihat terdaat tiga informasi penting yakni :

  1. jumlah CPU yang tersedia dibandingkan dengan total CPU yang kita miliki(100% makasimal)
  2. jumlah ram yang tersedia dibandingkan dengan total RAM yang terinstall pada VPS/Server kita
  3. SWP atau SWAP memory yang tersedia diserver. Swap akan berfungsi sebagai RAM candangan ketika memory (RAM) utama pada server penuh. Pada server degananda.com kami belum menggunakan fungsi SWAP ini karena memang traffic yang masuk tidak terlalu besar.
  4. Disisi kanan kita juga dapat melihat uptime (lama jangka waktu server kita hidup) pada gambar diatas contohnya degananda.com telah live selama 40 hari tanpa adannya reboot atau restart atau shutdown system.
  5. Diatas uptime kita dapat melihat ada berapa thread dan task yang berjalan di server kita

Body

pada bagian body htop adalah fungsi utama yang menyajikan daftar process atau script atau job yang sedang berjalan di server.Kita dapat meliaht konsumsi memory(RAM) dan CPU untuk masing-masing process (script/job). Contohnya disini kita dapat melihat job / script mysqld(untuk database mysql) memakan CPU sebanyak 0% (kemungkinan saat itu tidak ada proses ke mysql) dan memory hingga 8.6%.

mysql dengan id 1386 tersebut telah “up” atau berjalan dalam jangka waktu 1 jam 30 menit.

jika tidak ada aktivitas pada suatu proses (contoh disini mysql) biasannya process atua script atau job tersebut akan dimatikan (killed).

Cara install htop

jika memang anda menggunakan linux server atau ubuntu server yang kebetulan memang tidak memiliki htop dari bawaannya tenang anda dapat menginstall htop dengan menggunakan perintah dbawah ini

debian

apt-get install htop

Centos/redhat/rhel

yum install htop

Cara mendapatkan process / script / job tertentu yang sedang berjalan dengan menggunakan htop

misalkan kita sedang dihadapkan disituasi ingin mendapatkan konsumsi RAM dan CPU untuk proses Nodejs maka kita juga dapat melakukannnya dengan menggunakan htop ditambahkan perintah linux untuk melakukan pencarian dihasil output dari suatu perintah di linux yakni GREP. Perhatikan contoh dibawah ini untuk mendapatkan proses “apache”

htop | grep "apache"

maka ketika perintah diatas dijalankan akan menghasilkan

yang diberikan highlight warna merah adalah proses yang sesuai dengan nilai yang kita masukan pada fungsi GREP. isikan nilai pada grep dengan nama proses yang ingin anda cari.