lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Melihat Lokasi Direktori pada Terminal Ubuntu Linux

0
Degananda.com -

Pada terminal linux, salah satu yang paling penting adalah mengetahui lokasi direktori yang sedang digunakan pada terminal tersebut.

mengentahui direktori pada terminal sangat penting terutama jika kita hendak melakukan peritah command line linux yang melibatkan lokasi direktori. contohnya mv dan cp

1.Cara Melihat Lokasi Direktori pada Terminal Ubuntu Linux

perintah yang digunakan untuk melihat lokasi direktori pada terminal yakni sebagai berikut ini

pwd

perintah diatas dapat berjalan di berbagai jenis linux mulai dari centos, ubuntu, fedora, debian, redhat dan lain sebagainnya karena merupakan perintah umum dari linux.

Jika perintah “pwd” diatas dijalankan maka sistem akan memberi tahu lokasi direktori pada terminal tersebut seperti pada contoh gambar dibawah ini.

ubuntu_pwd_command

pada contoh diatas terminal sedang berada pada direktori /home/dega.

2.Karakteristik Perintah Pwd

perintah pwd ini akan menuliskan lokasi direktori saat ini pada terminal. Terdapat beberapa karakteristik dari perintah pwd pada linux yakni :

  1. lokasi direktori saat ini akan tertulis (printed) pada jendela terminal/shell
  2. lokasi direktori yang ditampilkan adalah lokasi penuh (full path)
  3. secara default perintah pwd akan mengindahkan sysmlinks (tautan simbolis) atau dalam bahasa mudahnya akan alias(shortcut) yang merujuk pada perintah/direktori/dokumen tertentu.

perintah pwd merupakan perintah bawaan dari terminal/shell hal ini dapat dibuktikan dengan menjalankan perintah dibawah ini

which pwd

which akan menunjukan asal muasal dari suatu perintah linux. Jika baris perintah diatas dijalankan maka akan menghasilkan tampilan seperti dibawah ini.

ubuntu_server_which_pwd.jpg

hal ini membuktikan bahwa perintah pwd merupakan bawaan dari terminal itu sendiri.

 

 

(Visited 85 times, 2 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply