lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Membesarkan Tulisan di dalam Game pada Windows

0
Degananda.com -

screen-resolution-gaming

Bagi gamer yang menggunakan layar monitor dengan resolusi tinggi baik itu pada laptop maupun PC tentunnya pernah mengalami bahwa terkadang ukuran tulisan ((font) yang ada pada game sangat kecil.

sebagai contoh pada game ragnarok, jika menggunakan layar dengan resolusi tingg (high dpi) maka tulisan yang ada pada in game tersebut akan menjadi sangat kecil

Ini dikarenakan game tersebut tidak mendukung scaling tullisan pada monitor dengan ukuran tertentu. Biasannya, game-game yang tidak mendukung kemampuan scaling tulisan ini adalah game-game jadul.

ukuran-font-sangat-kecil-pada-game.JPG

dapat terlihat pada screenshot game ragnarok online datas, ukuran font yang tampak pada game diatas sangat kecil. Ini dapat membuat kerusakan mata pada gamer dan membuat game tidak nyaman untuk dimainkan.

Cara Membesarkan Tulisan pada Game

untuk dapat menyelesaikan masalah ini, maka diperlukan konfigurasi khusus pada windows yang dapat membuat game tersebut dimainkan pada resolusi lebih rendah dengan scaling yang optimal.

langkah 1 membesarkan tulisan pada game – cari file executable utama dari game tersebut

cari file executable yang merupakan file induk utama dimana game tersebut dijalankan. Biasannya, file executable ini akan memiliki nama seperti judul dari game tersebut. Sebagai contoh pada game ragnarok, maka file executable utama-nya pasti mengandung nama ragnarok.

file-executable-game-utama.JPG

projectzero_ragexe.exe

jika kesulitan mencari file executable utama dari game tersebut disarankan untuk mengunjungi halamn utama website tersebut untuk mencari informasi. Tetapi, biasannya tidak sulit untuk mencari file executable utama game tersebut. Cukup perlu meluangkan waktu untuk mencarinnya di lokasi installasi game tersebut.

langkah 2 membesarkan tulisan pada game – mengaktifkan high dpi settings

untuk membuat windows menjalankan game tersebut pada resolusi lebih rendah (dengan harapan scaling menjadi lebih optimal), maka perlu mengaktifkan fitur high dpi compatibility.

pada file executable game tersebut, bukalah properties dari game-nya dengan cara melakukan klik kanan dan pilih properties.

game-properties.JPG

kemudian pada tab comptibility pilihlah change high DPI settings.

configure-high-dpi-settings.JPG

kemudian centang box “override high dpi scaling behavior” pada section “high DPI scalling overide”. sertaa ubah nilainya menjadi “system enhanced”.

enable-high-dpi-scaling-pada-windows.JPG

selesai.

pada tahapan ini, jika game tersebut dijalankan kembali maka tulisan pada game tersebut akan secara otomatis menjadi lebih besar dan lebih nyaman untuk dimainkan. ini dikarenakan windows akan menjalankan game tersebut pada high DPI scaling.

langkah 3 membesarkan tulisan pada game – jalankan kembali game tersebut

setelah mengaktifkan high dpi overriding pada file executable utama game tersebut, jalankan kembali game, maka secara otomatis font di dalam game menjadi lebih besar.

font-membesar-gaming.JPG

bandingkan pada screenshot sebelumnya, ukuran tulisan yang ada didalam game menjadi lebih besar dan lebih nyaman untuk mata.

enjoy gaming!~

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply