lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara memilih topik yang sedang populer dan naik daun saat ini

0
Degananda.com -

Memilih topik untuk ditulis ataupun dibuat visualisasikan (video, film, vlog, dan lain sebagainnya) merupakan hal yang sangat vital. Gagal menentukan topik maka kita merencanakan untuk gagal. Topik yang sedang trending saat itu belum tentu topik tersebut sedang naik daun saat ini. Oleh karena itu kita memerlukan sesuatu yang bernama “data”. Data adalah suatu yang angka yang merepresentasikan sesuatu. Ketika data tersebut dapat memberikan manfaat maka data telah berubah menjadi suatu informasi. Informasi adalah data yang telah diolah.

Contohnya kita memiliki data presensi(kehadiran) dari hari senin hingga jumat berurut-urut sebanyak 20,20,20,20,20. Maka informasinnya adalah setiap hari kehadiran siswa adalah sebanyak 20 orang yang berarti 100% kehadiran (jika total siswa dalam kelas adalah 20). Menyaring data menjadi informasi untuk menetukan topik bahasan dapat kita lakukan melalui berbagai macam tools. Misalkan secara sederhana kita dapat melihat koran. Artikel yang ditulis dikoran(non iklan) tentunnya merupakan sesuatu yang sedang dibicarakan banyak orang. Pihak penerbit pastinnya memiliki artikel yang populer.

Terdapat tools lain yang lebih powerful. Kita dapat melihat trend topik di berbagai kategori mulai dari sport hingga mengenai ekonomi. Tools ini bernama google trends explore. Silahkan buka link google trends explore dibawah ini

https://trends.google.co.id/trends/explore

pada website tersebut kita dapat melihat topik-topik yang sedang naik daun saat ini pada kurun waktu tertentu(periode) dan pada letak geografik terentu(misalkan dinegara indonesia).

Implementasi

disini kita tidak melakukan riset keyword melainkan ingin mengetahui topik-topik yang sedang trending dan naik daun pada kategori tertentu. Jika ekspektasi anda adalah melakukan riset keyword maka silahkan baca ulasan dibawah ini.

Cara riset keyword untuk membuat topik pada blog

studi kasus yang kita gunakan adalah degananda.com yaitu blog pribadi kami yang menulis mengenai pemrograman khususnya mengenai javascript. Goalnya adalah mendapatkan topik-topik yang sedang naik daun dalam kategori pemrograman. Langsung saja buka alamat link google trends explore diatas dan kita konfigurasi sistem explore seperti berikut ini

  1. region kita pilih Indonesia, karena degananda.com memang menargetkan audience atau pengunjung dari indonesia khususnya mereka yang sedang menempuh pendidikan mengenai pemrograman.
  2. periode kita akan pilih “past 30 days” kami ingin melihat trend dari kategori pemrograman dalam kurun satu bulan ini.
  3. Untuk kategori kita pilih computer & electronic -> programming
  4. Web serach untuk jenis searchnya. Silahkan ganti menjadi youtube search jika anda ingin mendapatkan data mengenai search pada youtube.

konfigurasi diatas akan terlihat seperti dibawah ini

Interest overtime

kemudian langsung saja scroll kebawah , namun jika anda ingin melihat tingkat ketertarikan orang indonesia (kita sudah set region indonesia) mengenai topik programming maka dapat melihat grafik tentang interest overtime

kita dapat melihat bahwa topik pemrograman pada web search cenderung stabil dikisaran 60 hingga 75 untuk tingkat interesetnya. Itu berarti diatas 50. Jika pada kuorum minimal suatu rapat biasannya adalah 50+1 maka topik pemrograman ini sudah jauh diatas 50 artinnya salah satu hal yang populer dicari oleh orang indonesia melalui mesin pencari google.

Topik yang naik daun

Ini adalah hal utama yang ingin kita capai sesuai dengan goal yang telah kite tentukan yakni mencari topik-topik yang sedang naik daun untuk kategori pemrograman. Pada bagian bawah google explore akan terdapat dua buah card atau tampilan mengenai

  1. search topic  , topik – topik yang berkaitkan dengan pencarian yang dilakukan oleh orang indonesia
  2. search query , query search spesifik pada mesin pencari google yang berkaitan dengan pencarian yang dilakukan oleh orang indonesia

berikut adalah hasil serach topic dan search query yang populer untuk kategori pemrograman dalam kurun waktu 22 juli hingga 19 agustus (+- kurang lebih periode satu bulan).

Search topic

pada bagian atas card atau tampilan search topic jangan lupa untuk mengubah konfigurasi top menjadi rising. Karena kita mencari topik – topik yang sedang naik daun saat ini. Tujuannya memang untuk mencari topik-topik untuk dibahas sekarang.

maka akan muncul topik-topik yang berhubungna dengan “pemrograman” yang muncul. Anda dapat melihat bahwa terdapat beberapa topik yang sepertinnya tidak berhubungan dengan pemrograman yakni south korea reality show. ini dikarenakan periode yang kita pilih terlalu singkat yakni 1 bulan. Jika ingin data yang lebih akurat maka ubah periode menjadi 12 bulan atau 1 tahun maka hasilnya seperti ini

kita dapat melihat bahwa topik 4G, Video format, Firebase dan React sedang naik daun dalam kurun waktu satu tahun ini. Sehingga membuat topik mengenai empat hal diatas merupakan keputusan yang memiliki dasar kuat.

Kesimpulan

itulah cara menggunakan google trend explore untuk mencari topik yang sedang naik daun sesuai dengan kategori tertentu. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda dan khususnya bagi kami pribadi. Terimakasih.

Dont fail to plan, because if we fail to plan, we are plan to fail. Always use data & information to make a decision.