lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Memulai Belajar Pemrograman Aplikasi Mobile Android dengan Android Studio pada 2020

1
Degananda.com -

android_logo_android.png

Android adalah sistem operasi yang berbasis kernel linux. Android sangat populer pada smartphone disamping IoS yang dimiliki oleh apple. Untuk dapat memulai belajar pemrograman aplikasi android diperlukan beberapa persiapkan.

Android di desain untuk beroperasi pada smartphone ataupun tablet dengan bahasa desain utama yang berupa touch screen (layar sentuh).

Untuk dapat mengembangkan aplikasi android bahasa pemrograman yang dibutuhkan utamannya adalah java. Namun memang, seiring dengan berkembangnya teknologi berbagai development kit yang dapat membuat pengembangan android tidak selalu dibuat dengan java. Contohnya dengan menggunakan toolkit flutter, aplikasi android dapat dibuat melalui bahasa pemrograman dart.

meski terdapat berbagai toolkit untuk mengembangkan android dengan berbagai macam bahasa, tetapi seluruh toolkit itu membutuhkan android studio sebagai basis librarynya

Cara Memulai Belajar Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio

langkah 1 – unduh android studio

android studio dapat di unduh pada tautan link dibawah ini

https://developer.android.com/studio

ukuran installer android studio ini cukup besar, sehingga sangat disarankan untuk mengunduhnya melalui koneksi wifi (bukan menggunakan mobile data/paket internet smartphone)

android_studio_download.png

langkah 2 – jalankan installer android

selanjutnya cukup jalankan installer android studio sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Dalam ulasan ini sistem operasi yang digunakan adalah windowsrun-as-administrator-android-studio.png

gunakan akun windows administrator dan jalankan program installer android dengan mode administrator (run as admin) dengan cara klik kanan pada installer dan pilih run as administrator

android studio membutuhkan setidaknya 500 mb freespace pada hardisk. Pastikan ukuran storage mencukupi.

proses install 1 – install komponen

android_studio_komponen.png

pada proses ini pastikan untuk mencentang kedua komponen yakni :

  • android studio
  • android virtual device

jika android virtual device tidak di centang, maka program android tidak akan dapat dijalankan karena membutuhkan emulator. Kecuali memang, jika ingin menggunakan emulator external seperti nox, bluestack , memu dan lain sebagainya.

proses install 2- tunggu hingga installasi selesai

android_studio_menunggu_proses_installasipng.png

proses ini akan memakan waktu cukup lama mengingat besarnya ukuran program android studio

done. setelah installasi selesai maka android studio siap untuk digunakan

langkah 3 – jalankan android studio

android_studio_startmenu.png

setelah proses installasi selesai, maka program android studio akan tersedia. Cukup tuliskan android studio pada startmenu windows dan jalankan program tersebut.

import_android_studio_from.png

Jika diberikan opsi “import android studio settings from…” maka pilih opsi kedua yakni : do not import settings dengan asumsi ini adalah pertama kali melakukan installasi android studio.

welcome_android_studio.png

dengan ini menandakan bahwa android studio telah berhasil terinstall pada laptop atau pc windows~.

langkah 4 konfigurasi android studio

installation_type_standard_android_studio.png

pilih installation type android studio dengan opsi standar agar seluruh komponen-komponen umum android di masukan pada library android studio.

Kemudian pilih tema warna android studio. Hal ini tentunnya sangat tergantung preferensi pribadi. Terdapat orang yang menyukasi warna gelap dan juga sebaliknya.

android_studio_black_light_type_preferences.png

android studio akan memberitahukan pada user terhadap komponen-komponen tambahan yang akan di install. Karena isntallation type yang dipilih adalah standard maka semua komponen akan di download oleh android studio seperti pada gambar dibawah ini

komponen_baru_installation_type_standard_android_studio.png

pastikan masih tersambung pada wifi karena ukuran komponen-komponen android studio yang akan di download cukup besar. Tunggu hingga proses download komponen android studio hingga selesai.

proses_download_komponen_android_studio.png

jika proses penguunduhan dan installasi komponen tambahan android studio telah selesai maka akan muncul pesan bahwa seluruh komponen telah terinstall.

selesai_install_android_studio.png

langkah terahir adalah klik tombol finish , maka android studio siap untuk digunakan.android_studio_siap_gunakan.png

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply