lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Mencari Kata atau Huruf pada File Menggunakan Terminal di Linux

0
Degananda.com -

search_linux

bagi seseorang yang bekerja dengan menggunakan CLI (command line interface) terutama pada linux. Tentunnya akan menghadapi masalah dimana hendak melakukan update suatu baris di salah satu file.

sistem operasi linux untuk server tidak memiliki interface sehingga proses pencarian harus melalui perintah command pada terminal.

Permasalahannya adalah pada linux server tidak memiliki UI (User interface), sehingga tidak dapat melakukan proses pencarian layaknya pada sistem operasi dengan GUI yang umumnya menggunakan ctrl + F.

Cara Mencari Kata atau Huruf pada File Menggunakan Terminal di Linux

meski tanpa GUI, pada linux server tetap dapat melakukan pencarian text (kata atau huruf). Tidak per khawatir. Contoh disini adalah mencari text(kata atau huruf) pada file mysql.cnf

less_ls-la.JPG

Langkah pertama adalah membuka isi dari suatu file dengan perintah less

less mysql.cnf

kemudian akan terbuka window yang menampilkan sedikit cuplikan dari isi file mysql.cnf tersebut

cuplikan_isi_file_dari_perintah_less_linux.JPG

kemudian untuk melakukan pencarian text (kata atau huruf) gunakan perintah “/” (slash) yang di ikuti dengan kata atau huruf yang akan dicari. Sebagai contoh untuk mencari kata “otherwise” maka tuliskan perintah dibawah ini

/otherwise

secara otomatis pada terminal akan menghighlight kata / huruf tersebut dengan warna abu-abu. Terminal secara otomatis menemukan kata “otherwise” dan menampilkan hasil pencarian pertama.

pencarian_dengan_slash_linux_less_command.JPG

done ~ selamat menggunakan linux terminal. Sangat mudah melakukan search yang biasa dilakukan melalui GUI.

 

 

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply