lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Mencegah IP dan Jejak Digital Terekam saat Mengunjungi Website

0
Degananda.com -

jejak_digital

Saat seseorang mengunjungi website baik menggunakan laptop, pc ataupun smartphone pasti akan meninggalkan jejak. Terdapat dua jejak yang akan di tinggalkan. Pertama adalah jejak digital di server website yang di kunjungi dan kedua adalah jejak digital pada local laptop / pc ataupun handphone.

dua jejak digital diatas dapat mengidentifikasi identitas seorang pengujung. Berhati-hatilah dalam berselancar di internet

Jejak digital pada website yang di kunjungi

jejak_digital_website_yang_dikunjungi.jpg

Jejak digital yang terekam pada server website tersebut adalah berupa ip address yang merupakan suatu identitas seperti layaknya KTP (Kartu tanda pengenal penduduk). Pada KTP warga indonesia, terdapat NIK (Nomor Induk Kependudukan), IP address adalah NIK itu yang akan dapat menunjukan identitas orang tersebut.

NIK_KTP_Ip_address

Jejak digital pada browser laptop dan smartphone

Jejak digital kedua merupakan logs atau history pada browser yang terekam pada saat seseorang menggunakan browser untuk berselancar di internet. Contohnya seorang user mengakses website degananda.com dengan menggunakan laptop maka rekam jejaknya dalam mengunjungi degananda.com akan terekam pada history browser.

jejak_digital_browser_history.jpg

Pada contoh diatas menunjukan pengguna laptop tersebut mengakses website degananda.com pada pukul 12 pagi (tengah malam) lebih 43 menit pada tanggal 5 februari 2020.

Bagaimana Cara Mencegah Ip Terekam saat Mengunjungi Website

Jika tidak ingin jejak digital direkam baik pada website yang di kunjungi serta pada local laptop maupun smartphone maka ada dua langkah penting yang harus dilakukan setiap akan mengunjungi atau membuka website.

1.Gunakanlah mode incognito atau mode invisible

Sangat disarankan untuk menggunakan browser google chorme, didalamnya telah terdapat secara defaul fitur untuk berselancar tanpa meninggalkan jejak digital dibrowser laptop.

buka_incognito_chrome.jpg

mode incognito (invisible) ini dapat diakses dengan cara mengaktifkan mode incognito yang tedapat pada pojok kanan browser. Klik tanda titik tiga vertikal kemudian pilih “new incognito window” atau tekan ctrl+shift+N.

chrome_mode_invisible.jpg

Kemudian akan terbuka jedela chorme baru berwarna hitam, itu artinnya mode incognito (invisible) telah diaktifkan

Pada mode invisible ini, semua rekam jejak kunjungan website tidak akan disimpan pada local browser laptop , pc dan smart phone

2.Gunakanlah VPN (Virtual Private Network) saat mengunjungi website

Langkah kedua ini juga wajib karena mode incognito (invisible) yang dilakukan dengan menggunakan google chrome incognito hanya akan mencegah jejak digital terekam pada local browser!.

vpn_connecting.jpg

Maka carilah VPN berbayar dan gunakanlah VPN tersebut untuk mengunjungi website di internet.

Dengan menggunakan VPN dan Google Chrome Incognito maka tidak akan ada jejak digital yang tersimpan saat mengujungi website baik di sisi server website ataupun di local browser.

 

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply