lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Mencegah Laptop Mati pada Saat Melakukan Download Data

0
Degananda.com -

Terkadang saat mengunduh suatu video ataupun file dari internet yang memakan waktu lama tanpa disadari tiba-tiba laptop atau komputer yang digunakan mendadak mati. Akibat dari matinnya laptop atau komputer ini akan dapat menggagalkan proses download tersebut.

proses_download_laptop.jpg

Hati akan jengkel proses download telah mencapai 98% kemudian laptop mati secara mendadak dan mengakibatkan download gagal terlebih hal tersebut telah memakan quota internet yang tidak murah.

Apa penyebab laptop mati mendadak ?

Hal paling utama yang perlu diketahui adalah mengenai penyebab laptop atau komputer tersebut mati mendadak, berikut ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan laptop dapat mati mendadak.

  1. Baterai laptop habis , penyebab pertama ini sangat mudah untuk ditanggulangi. Cukup dengan mencolokan kabel charger laptop.
  2. Listrik mati, pada laptop tidak akan berpengaruh karena terdapat baterai. Namun pada komputer ketika listrik mati maka diperlukan UPS untuk memastikan komputer tetap hidup meski listrik dalam kondisi padam untuk beberapa saat
  3. Hard disk , jaringan dan layar mati secara otomatis saat kondisi idle. Kondisi idle ialah kondisi dimana tidak ada pergerakan mouse yang terdeteksi pada laptop atau komputer. Hal ini akan membuat windows secara otomatis mematikan : layar, hard disk dan network.

Penyebab nomor tiga (Hard disk , jaringan dan layar mati secara otomatis saat kondisi idle) inilah yang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang meski telah memastikan laptop terhubung dengan baterai chargernya.

Cara Mencegah Laptop Mati pada Saat Melakukan Download Data meski dalam kondisi diam (idle)

Untuk mencegah Hard disk , jaringan dan layar mati secara otomatis saat kondisi idle yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi pada windows untuk tetap menyalakan layar, hard disk dan jaringan meski dalam kondisi idle. Berikut adalah langkah-langkahnya

Perlu di ingat , langkah-langkah dibawah ini akan boros baterai karena laptop akan tetap berjalan seperti biasa dalam kondisi idle (tidak ada pergerakan dari mouse yang terdetaksi).

1.Pergi ke start menu

pada start menu yang berlogo windows tulis “power & sleep settings” sesuai pada gambar dibawah ini dan double click pada aplikasi power & sleep settings tersebut.

start_menu_power_sleep_settings.jpg

2. Atur windows agar tetap menaktifkan hard disk,network dan layar dalam kondisi idle

Ikuti konfigurasi dibawah ini (atau sesuai dengan gambar yang tertera).

anti_mati_laptop_saat_download.jpg

2.1 Screen

  • On Battery Power, turn off after : Never
  • When Plugged in, turn off after : Never

2.2 Sleep

  • On Battery Power, PC Goes to sleep after : Never
  • When Plugged in, PC Goes to sleep after : Never

Selesai, maka laptop tidak akan mati secara mendadak saat melakukan download. Enjoy!!!~

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply