lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara menggunakan keyboard shortcut pada emulator nox untuk bermain game android

0
Degananda.com -

Bermain game android dengan menggunakan laptop tentu memiliki pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan memainkan game android dengan smartphone atau handphone. Faktor utama yang menyebabkan pengalaman unik tersebut adalah akses control yang biasannya menggunakan layar smartphone dipindahkan dengan mouse dan keyboard yang terdapat pada laptop.

Untuk dapat menggunakan keyboard dalam bermain game android pada emulator nox maka diperlukan beberapa konfigurasi atau setting yang harus dilakukan pada emulator.

menggunakan keyboard sangat membantu dalam memainkan game tersebut terlebih jika game yang dimainkan bergenre FPS(First person shooter), hal ini dapat memudahkan permainan.

Cara menggunakan keyboard shortcut pada emulator nox untuk bermain game android

1.Masuk ke emulator nox dan jalankan game yang akan dimainkan

Pada contoh ini game yang akan dimainkan dengan menggunakan keyboard shortcut adalah black desert mobile. Jalankan game ini dengan menggunakan nox emulator.

blackdesert-man2.jpg

2. Pilih menu keyset pada nox

Klik menu keyset pada bagian kanan nox emulator. Pada contoh ini versi nox yang digunakan adalah versi 6.5.0.x. Silahkan upgradi versi nox jika belum menggunakan versi paling terbaru.

keyset.jpg

3. Atur shortcut keyboard

Pilih button configuration scheme menjadi My Config (local). Kemudian aturlah keyboard shortcut yang di inginkan.

3.1 Atur controller WASD

hal yang paling penting adalah controller WASD, pada umumnya letak dari controller WASD yang digunakan untuk bergerak ini berada dipojok kiri bawah game. Maka dari itu tariklah controller WASD ini ke bagian kiri bawah layar.

controller WASD ini memiliki icon seperti keypad pada stik console (playstation atau xbox).

controller-wasd.jpg

arahkan mouse ke icon yang dilingkari orang tersebut , tahan dan tarik ke bagian kiri bawah layar game. Sehingga menghasilkan tampilan seperti dibawah ini.

wasd-left.jpg

done. sekarang karakter dapat digerakan dengan menekan keypad W , A , S dan D. W untuk maju , S untuk mundur , A untuk bergerak ke kiri dan D untuk bergerak ke kanan.

3.2 Atur kontrol keypad keyboard secara custom

Bagian terpenting kedua adalah mengatur agar keypad menekan salah satu bagian layar game. Contohnya pada game black desert mobile ini terdapat shortcut skill atau layar yang jika disentuh akan membuat karakter mengeluarkan skill tertentu.

skill-shortcu.jpg

untuk dapat membuat skill yang dilingkari dengan kotak orange tersebut otomatis dijalankan ketika keypad “1” ditekan maka yang perlu dilakukan adalah menambahkan shortcut keypad ke bagian layar tersebut. Masuk ke bagian keyset dan pilih icon yang berbentuk seperti huruf A.

skill-shortcut-A.jpg

arahkan mouse ke icon “A” tersebut, tahan dan tarik ke layar yang terdapat lingkaran skill dan ketik “1” pada shortcut tersebut seperti tampak pada gambar dibawah ini.

skill-shortcut-skill-nox.jpg

kemudian tekan save. Done.

selamat, saat ini keypad WASD dapat digunakan untuk bergerak sedangkan keypad number-1 (angka 1) dapat digunakan untuk mengeluarkan skill.

skill-shortcut-skill-nox-rsult.jpg