Writer & IoT Cloud Architect — Life Long Learner

Cara Mengubah Nilai Array Secara Efisien pada Javascript

Degananda.com -

array-thumb

Meski array bukanlah tipe data primitive tetapi.array adalah tipe data yang juga sering digunakan disamping tipe data primitive seperti float, int dan lain sebagainnya.

Tipe data array sangat umum digunakan pada lini frontend ataupun backend.

Ini dikarenakan array dapat menyimpan banyak sekali data dildalamnya yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk proses pengolahan data. Sebagai contoh, array dapat dimanfaatkan untuk proses pengurutan (soting), penyimpanan ataupun pemetaan.

Cara mengubah nilai array secara optimal pada javascript

secara native, javascript memiliki fitur untuk mengubah nilai array dengan  cara melakukan iterasi pada setiap anggota(elemen) array-nya dan kemudian melakukan aplikasi kompuetasi.

Fitur ini bernama Array.Prototype.Map() yang dapat digunakan pada tipe data array. Fungsi map() akan membentuk array baru. Setiap anggota (elemen array) yang ada pada array akan teriterasi dan menjadi elemen pada array baru tersebut.

.map( element, index, array)

pada proses iterasi yang di lakukan oleh fungsi map() inilah proses komputasi dapat dilakukan.

const angka = [1,2,3,4,5,6,7.8,9,10];
console.log(angka); // [ 1,  2, 3, 4, 5,6, 7.8, 9, 10 ]
const doubleAngka = angka.map( val => val*2 );
console.log(doubleAngka); // [2, 4, 6, 8,10, 12, 15.6, 18, 20 ]

sebagai contoh diatas, saat fungsi map() dijalankan maka nilai dari anggota(elemen) array sebelumnya akan dikalikan dua dan akan tersimpan di array yang baru terbentuk.

kode diatas dapat juga dituliskan menjadi seperti dibawah ini jika adannya kebutuhan untuk menggunakan index serta membutuhkan variabel array baru tersebut.

const doubleAngkaSyntaxLain = angka.map( (val, index, newArray)  => newArray = val*index );
console.log(doubleAngkaSyntaxLain) //[0,  2, 6, 12, 20, 30, 46.8, 63, 80]

Kapan harus menggunakan Array.Map() ?

sangat disarankan untuk menggunakan array.map saat hendak melakukan perubahan nilai array serta adannya kebutuhan untuk membentuk array baru.

Kapan harus menghindari Array.Map() ?

array.map akan menjadi anti pattern atau sesuatu yang tidak efisien digunakan ketika hendak melakukan manipulasi array tetapi tidak adannya kebutuhan untuk membentuk array baru.

jika hanya ingin melakukan iterasi dan kemudian ingin memanfaatkan hasil iterasi untuk komputasi tertentu yang tidak membutuhkan array baru maka disarankan menggunakan dua fungsi dibawah ini

  1. foreach
  2. for …. of (looping classic)

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply