lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Cache pada Browser Chorme, Safari dan Firefox

0
Degananda.com -

cache_browser_nonaktif_reset_clear_delete

Perkembangan teknologi web kian maju yang di barengi dengan peningkatan kecepatan rata-rata internet di dunia membuat meningkatnya kecepatan respon suatu website. Salah satu teknologi yang dapat mempercepat kecepatan respon website adalah sistem cache pada browser.

Cache adalah data yang tersimpan pada memori yang bersifat sementara. Kecepatan akses data yang tersimpan pada cache sangatlah cepat dikarenakan data tersebut disimpan pada cache memori.

Sistem cache pada browser dapat memungkinkan beberapa sumber kode website disimpan pada memory browser. Sehingga akan mengurangi jumlah data website yang harus di unduh oleh pengunjung website tersebut. Akibatnya waktu respon website menjadi berkurang.

Cache pada browser

Banyak website yang memanfaat cache untuk meningkatkan performa website agar pengunjung dapat mengakses website lebih cepat. Namun, dibalik meningkatnya performa ini terdapat dampak negatif yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Salah satunya adalah keterlambatan pemberharuan data pada website tersebut apabila terdapat pembaharuan(update) atas file kode sumber(source code)

Contoh kasus dampak penggunaan cache browser pada user

Contoh kasusnya seperti pada website degananda.com ini. Website ini menggunakan cache untuk menyimpan beberapa sumber kode seperti css , html dan gambar.  Pada saat pertama kali mengjungi website degananda.com , pengujung masih mengunduh file css , html dan gambar dari server degananda.com. Tetapi pada kunjungan kedua dan seterusnya ketiga file tersebut akan diambil dari cache user yang terpada pada local machine mereka.

Masalah akan muncul apabila admin degananda.com melakukan pembaharuan(update) pada ketiga file tersebut. User tidak akan menerima update tersebut secara langsung. mereka akan tetap menggunakan versi lama dari tiga file itu (seperti saat pertama kali berkunjung ke website degananda.com) karena ketiga file tersebut tersimpan pada cache.

Cara mengatasi kegagalan pembaharuan kode sumber pada cache

1.Cara menonaktifkan cache pada browser

Metode pertama ini sangatlah efektif yakni dengan menonaktifkan cache. Metode ini hanya adapat berjalan apabila user menggunakan firefox developer mode atau google chrome.

Pada google chrome untuk menonaktifkan cache pada browser ialah dengan melalui menu devtools. Klik kanan pada browser kemudian pilih inspect element.

inspect_element.jpg

kemudian devtools akan terbuka dibagian bawah browser. Setelah itu pilihlah menu yang berbentuk roda gigi dibagian kanan.

roda_gigi_devtools_chrome.jpg

kemudian pada tab preferences, centang menu atau opsi yang bertuliskan “disable cache (while devtools is open)” seperti pada gambar dibawah ini.

disable_cache_chrome.jpg

dengan ini maka cache akan nonaktif pada website tersebut selama devtools terbuka. Fitur ini biasannya digunakan oleh programmer frontend yang membutuhkan untuk menonaktifkan cache ini agar memudahkan proses development.

2.Menghapus cache manual pada browser dengan fitur clear cache

Untuk dapat mengatasi problem kegagalan pembaharuan kode sumber karena file-file tersebut masih tersimpan pada cache local browser user maka solusinnya adalah melakukan penghapusan cache pada browser tersebut.

clear_cache_chrome.jpg
clear cache manual pada google chrome

Pada google chrome, cache dapat dihapus dengan mengkases menu history kemudian pilih clear cache. Menu ini dapat diakses dengan mengakses shortcut dibawah ini

ctrl + h

Metode manual untuk menghapus cache ini sangatlah tidak efektif. Karena seluruh cache pada browser akan hilang. Padahal user tersebut seharusnya hanya perlu menghapus cache pada website-website tertentu yang mengalami pembaharuan.

3.Menghapus cache manual pada browser dengan menggunakan hard refresh pada website tertentu

Apabila memperlukan menghapus cache suatu website sangat disaranakan menggunakan metode hard refresh agar cache pada website lain tidak ikut terhapus secara percuma

untuk menjawab permasalahan akibat penghapusan cache secara manual secara menyeleruh sebagaimana dijelaskan pada cara pertama diatas maka solusinnya adalah untuk menghapus cache dengan metode hard refresh. Melalui metode hard refresh ini, memungkinkan user untuk menghapus atau memperbaharui cache pada website tertentu (single website).

3.1 Cara melakukan hard refresh pada browser chrome , safari dan firefox

Berikut adalah perintah yang dapat digunakan untuk melakukan hard refresh pada browser chrome , safari dan firefox untuk menghapus cache di website tertentu

3.1.1 Google chrome (windows) hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

ctrl + F5 atau Shift + F5 atau CTRL+Shift+R

3.1.2  Microsoft edge hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

ctrl + F5 atau Shift + F5 atau CTRL+Shift+R

3.1.3 Firefox (windows) hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

ctrl + F5 atau Shift + F5 atau CTRL+Shift+R

3.1.4 Firefox (Mac) hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

shift + command + r

3.1.5 Chrome (Mac) hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

shift + command + r

3.1.6 Safari (Mac) hard refresh untuk menghapus cache

perintah yang digunakan adalah

command + option + e

Jika perintah-perintah diatas tidak berhasil maka dapat menggunakan metode penghapusan manual.

 

(Visited 25 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply