lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Menstabilkan Ping Koneksi Internet untuk Bermain Game Online

0
Degananda.com -
ping_stability_thumb_stabil
ilustrasi ping dari client gamers ke game server

Dalam bermain game yang secara khusus pada game online yang melibatkan lebih dari satu pemain, salah satu kunci dari kenyamanan dalam bermain game online tersebut adalah kualitas koneksi internet.

kecepatan download yang tinggi tanpa dibarengi dengan kestabilan internet akan membuat kenyamanan bermain game berkurang, karena pasti koneksi menjadi patah – patah.

Kenyamanan bermain game online tersebut didapatkan dari kualitas internet yang baik. Internet yang baik untuk game online bukan hanya tentang kecepatan unduh (download), melainkan juga terkait dengan ke stabilan ping.

Cara Memperlancar Koneksi Internet untuk Bermain Game Online

secara umum, ping adalah ukuran yang menunjukan lantecy (waktu tempuh) pada saat client (komputer gamer) melakukan koneksi ke server game. Semakin rendah ping maka semakin baik.

Cara mengukur ping terhadap server game online

sebagai contoh pada game online ragnarok (private server) dengan detail server dibawah ini

gameserver.playragnarokzero.com

pada sistem operasi windows, cara mengukur pingnya cukup dengan membuka cmd

buka_cmd_untuk_ping_game_online.JPG
membuka software cmd untuk cek ping
tekan tombol windows + r dan tuliskan cmd

untuk sistem operasi selain windows (linux dan macos) dapat menggunakan software terminal.

Kemudian tuliskan perintah dibawah ini

ping gameserver.playragnarokzero.com

pada konsol akan muncul latency ping yang didapat pada game server tersebut. gambar dibawah ini menunjukan nilai ping yang didapatkan dengan menggunakan koneksi internet indihome.

ping_mobile_data_indosat.JPG
ping indihome untuk game online ragnarok

Semakin kecil ping maka semakin stabil koneksi internet ke game server tersebut. Raihlah ping sekecil mungkin untuk meningkatkan kenyamanan bermain game online

umumnya, nilai ping yang baik dalam bermain game online adalah antara  50 hingga 100 ms. Lebih dari itu maka tidak disarankan memainkan game tersebut. Namun, jika tetap memaksakan ingin bermain, maka ikutilah ulasan dibawah ini untuk menstabilkan koneksi internet dalam bermain game online.

Cara 1 menstabilkan ping – mengganti ke koneksi mobile

mobile_vs_broadband_internet.JPG
bermain game online dengan mobile data vs broadband seperti indihome

umumnya, seorang gamers yang menggunakan pc ataupun laptop paling tidak memiliki dua buah koneksi internet. Pertama adalah koneksi broadband seperti indohome, my republik, mnc internet dan lain sebagaiinya. Kedua adalah mobile data (telkomsel,indosat,xl, dan lain – lain).

Cobalah gunakan koneksi dari mobile data, karena terkadang di server-server tertentu kualtias latency ping mobile data jauh lebih baik dibandingkan dengan broadband internet seperti indihome, mnc dan lain-lain

berikut ini adalah latency ping yang didapatkan pada server ragnarok zero (sama seperti ulasan diparagraph sebelumnya).

ping_indihome.JPG
ping dengan menggunakan indosat mobile data

seperti terlihat digambar diatas , dengan menggunakan mobile data indosat dapat mendapatkan ping yang lebih kecil yakni sekitar 260 ms. Lebih kecil sebanyak 30ms dari indosat.

Jika telah mengganti koneksi tetap mendapatkan ping yang buruk maka cobalah cara kedua dibawah ini.

Cara 2 menstabilkan ping – menggunakan game server proxy

gaming_proxy.JPG
game developer / provider  internasional yang serius pasti akan menyediakan game server proxy lintas negara

Umumnya, jika memaikan game internasional akan terdapat game server proxy. Pada kasus kali ini, ragnarok zero memiliki game server proxy dengan region singapore. Tentunnya dengan menggunakan proxy ini akan meningkatkan kualitas ping menjadi jauh lebih baik.

berikut adalah latency ping setelah menggunakan game server proxy singapura pada game ragnarok zero (game yang sama dengan pembahasan di paragraph sebelumnya).

ping_mobile_data_dengan_game server proxy.JPG
ping game ragnarok zero dengan game server proxy singapore melalui indosat mobile data

seperti terlihat pada gambar diatas, latency ping sangat jauh lebih kecil setelah menggunakan game server proxy. mendapatkan angka rata-rata di 50 ms. ini akan membuat pengalaman bermain game online tersebut menjadi sangat baik

jangann lupa lakukan pengecekan ping dengan game server pada dua jenis koneksi. Mobile data dan broadband.

ping_indihome_game_server-proxy.JPG
ping game ragnarok zero dengan game server proxy singapore melalui indihome

dengan internet broadband indihome, ping yang didapatkan jauh lebih besar ke game server singapore. Mendapatkan ping yang sangat kecil sekali yakni rata-rata diangka 25 ms.

Cara 3 menstabilkan ping – menggunakan VPN khusus game

vpn_gaming.JPG
VPN khusus game dapat secara signifikan meningkatn kualitas ping (jauh lebih rendah)

Jika game server yang dimainkan tidak menyediakan game server proxy maka alternatif lainnya adalah dengna menggunakan VPN khusus game. Salah satu  yang populer dan telah digunakan oleh banyak gamer adlaah wtfast.

https://www.wtfast.com/

VPN ini memanglah berbayar, namun memiliki kualitas yang baik. Berikut adalah nilai ping yang didapat dengan menggunakan VPN wtfast pada game ragnarok.

wtvast_thumb_ping.JPG
ping dengan VPN khusus game. Wtfast

dengan menggunakan VPN khusus game, nilai ping yang didapatkan lebih kecil dan lebih stabil. Meski disini hanya ada peningkatan 1 ms (dari 25ms ke 24ms). Namun pada game-game tertentu hasilnya dapat sangat signifikan.

Enjoy happy gaming online dengan ping yang rendah !~

 

(Visited 58 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply