lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara riset keyword untuk membuat topik pada blog

2
Degananda.com -

Untuk melakukan riset mengenai suatu keyword pada mesin pencari (search engine) terutama google kita dapat memanfaatkan aplikasi yang bernama google trends. Data adalah hal yang sangat penting untuk membuat suatu keputusan. Tanpa data kita tidak dapat membuat keputusan untuk memilih topik yang hendak kita ulas pada blog ataupun dalam bentuk video misalnya youtube.

Contohnya misalkan untuk blog ini yang bertemakan pemrograman javascript / pemrograman website. Maka menjadi sangat penting untuk memilih topik yang sekirannya dibutuhkan oleh orang lain. Jika kita memilih topik yang jarang dibutuhkan oleh orang lain maka akan mengakibatkan

  1. Kekurangan : Tidak ada visitor karena topik kurang populer atau bahkan topik sama sekali tidak dibutuhkan oleh orang lain.
  2. Kelebihan : Menjadi trend setter, ini adalah salah satu keuntungan untuk memilih topik yang mana tidak ada orang membutuhkannya. Namun chance nya sangat kecil untuk berhasil dibandingkan kita memilih topik yang banyak dibutuhkan orang lain tetapi mengambil segmentasi tertentu.

untuk mendapatkan data mengenai kepopuleran suatu topik atau dapat kita katakan suatu keyword maka kita akan memanfaatkan google trends. Anda dapat mengakses google trends melalui link dibawah ini

https://trends.google.co.id/

Dihalaman awal anda dapat melihat berbagai topik yang menjadi trend dalam kurun waktu tertentu. Contohnya untuk saat ini pada tanggal 22 agustus tahun 2o17 yang sedang trending yakni mengenai gerhama matahari, city vs everton, lindswell kwok dan lain sebagainnya.

namun itu tentu bukan yang kita butuhkan mengingat setiap blog pasti memiliki tema kecuali memang jika topik blog tersebut adalah news. Silahkan menuju ke bagian atas website google trends maka anda dapat melihat satu kotak untuk search. Didalam kotak inilah anda dapat melihat trend dari suatu topik atau keyword. Uniknya kita dapat melakukan berbagai macam filter saat melakukan riset terhadap topik atau keyword tersebut. Misalnya

  1. Menfilter riset untuk negara tertentu. Sesuaikan dengan target blog yang kita tuju. Misalkan untuk blog ini tentunnya negara yang dipilih adalah bahasa indonesia.
  2. Memilih jangka waktu tertentu atau periode.

itulah beberapa filter yang dapat kita gunakan pada google trends.

Implementasi

Kita akan ambil kasus mengenai tema dari blog ini yakni pemrograman website. Maka tuliskan keyword atau topik tersebut pada kotak dibagian google trends.

Setelah itu tunggu beberapa detik biarkan google melakukan proses terhadap keyword tersebut hingga proses selesai. Maka jika sudah selesai akan muncul hasil yang menunjukan trend dari keyword yang kita pilih(masukan). Namun , sebelum itu lakukan filter terhadap region atau negara. gunannya agar lebih spesifik sesuai dengan blog kita. Kami memilih region indonesia dan mengatur periodenya 90 hari a.k.a +- sekitar dalam kurun waktu 3 bulan.

jika topik yang ingin anda riset berada dalam lingkup youtube maka jangan lupa untuk menggati web serach menjadi youtube search.

Hasil

ini adalah hasil “riset” keyword mengenai pemrograman web dengan konfigurasi

  1. Region/Negara : Indonesia
  2. Periode : 90 hari
  3. Jenis search : Web search

Interest rate

Grafik ini menunjukan tingkat kepopuleran dan ketertarikan orang “indonesia” (karena kita telah set region indonesia) terhadap keyword tersebut dari range 0 – 100. Semakin tinggi maka keyword tersebut semakin populer a.k.a sangat menarik bagi orang lain.

dapat kita lihat bahwa fluktuasi tingkat ketertarikan netizen terhadap pemrograman web sangat fluktiatif.  Bahkan pada titik – titik tertentu tingkat ketertarikan mencapai 0 a.k.a tidak ada orang yang mencari mengenai pemrograman web. Namun dilain sisi pada titik tertentu juga tingkat ketertarikan sangat tinggi mencapai angka 100.

Interest by sub region

Disini kita dapat melihat letak geografis orang – orang yang tertarik dengan topik tersebut. Contohnya pada keyword pemrograman web ini didominasi oleh warga di pulau jawa dan sebagian pulau sumatara. Untuk didaerah jawa sendiri kota jogjakarta memiliki tingkat ketertarik tertinggi mengenai topik pemrograman web. Ini mungkin(hipotesis) dikarenakan banyaknya universitas ataupun sekolah-sekolah yang mengajarkan mengenai pemrograman web. Tidak heran jika jogjakarta dijuluki sebagai kota pelajar.

Spesific search query (keyword search pada google)

Kita juga dapat melihat search query secara spesifik mengenai keyword atau topik yang sedang kita riset. Namun pada kasus keyword “pemrograman web” ini  tidak dapat menampilkan search query karena data kurang.

ini dikarenakan periode yang kita pilih hanya 3 bulan. Saat kami mencoba mengganti periode menjadi 12 bulan a.k.a 1 tahun maka muncul keyword yang digunakna terkait dengan topik “pemrograman web”.

gunakan keyword – keyword tersebut untuk memilih topik yang hendak kita tulis pada blog. Kami selalu berusaha mengambil keputusan berdasarkan data dan informasi konkrit. Ini ada contoh lain mengenai keyword “tutorial android” maka kita dapat menemukan berbagai topik menarik yang tentunnya diminati oleh banyak netizen.

ternyata banyak orang indonesia yang mencari tutorial mengenai android studio. Maka membuat topik mengenai android studio merupakan pilihan yang tepat. Tapi tentunnya yang kita bahas tidak secara general mengenai “android studio” melainkan lebih spesifik lagi tentang android studio. Misalkan cara mengkonfigurasi android sdk pada android studio.

Kesimpulan

Itulah cara melakukan riset keyword secara sederhana dengan menggunakan google trends. Semoga dapat membantu anda yang sedang menulis blog dan khususnya bermanfaat bagi saya sendiri. Terimakasih.