lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara setup vps dan install ubuntu pada digital ocean

1
Degananda.com -

Virtual Private Server (VPS)

VPS yang merupakan singkatan dari virtual private server adalah suatu server “virtual” yang merupakan hasil pembagian satu buah server menjadi bagian kecil yang memberikan kita akses penuh terhadapnya.

Keuntungan menggunakan VPS ini adalah kita memiliki hak akses penuh terhadap server tersebut sehingga kita dapat menjalankan berbagai macam aplikasi. Tidak seperti shared hosting yang terbatas hak aksesnya. Contohnya jika shared hosting tidak support hosting nodejs maka kita hanya dapat pasrah mengingat shared hosting tersebut tidak support nodejs. Solusinnya adalah pindah ke hosting yang support nodejs ataupun membangun server sendiri dengan menggunakan vps.

VPS jauh lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated server karena VPS adalah bagian kecil dari suatu “dedicated server” atau kita juga dapat katakan bahwa VPS adalah node kecil dari kumpulan node yang besar.

Digital ocean

Kami tidak dibayar oleh digitalocean ulasan ini murni kami tulis dengan harapan dapat membantu bagi siapa saja yang baru memulai bermain dengan vps. Digital ocean bukanlah provider vps yang memiliki harga paling murah dilevel entry level. Anda dapat menggunakan vultr yang memberikan harga 50% dari digitalocean di entry level. Paket termurah pada digital ocean adalah $5 (lima dollar atau sekitar 65 ribu rupiah) , pada vultr paket termurah adalah 2.5 atau setengah dari digital ocean.

Kami menggunakan digitalocean pada dasarnya karena paket yang ditawarkan cukup terjangkau dengan kualitas yang baik dan dukungan komunitas serta tutorial yang cukup banyak sehingga mempermudah proses troubleshooting saat terjadi error.

Ubuntu server

Terdapat banyak sistem operasi yang khusus digunakan untuk server mulai dari windows server, redhat, centos , ubuntu dan lain sebagainnya. Kami memilih ubuntu karena dukungan komunitas serta ketersediaan literatur, tutorial, artikel yang mengulas tentang ubuntu sangat banyak. Silahkan simak data dibawah ini

berdasarkan data dari google trend ubuntu sangat populer dibandingkan dengan windows server ataupun centos. Sehingga memilih ubuntu memberikan kelebihan terhadap resources yang dapat kita dapatkan di internet.

Namun kembali lagi ke pilihan masing-masing, setiap keputusan terdapat kelebihan dan kekurangan.

Setup VPS dengan ubuntu server pada digital ocean

langsung saja kita akan menginstall ubuntu server pada digital ocean. Perlu digaris bawahi adalah pilihkan OS(Sistem operasi) LTS(long time support) karena durasi supportnya bertahun-tahun sehingga kita tidak perlu mengupgrade os dalam jangka waktu lebih lama (memangkas waktu maintenance). Langkah – langkah cara install ubuntu server pada digital ocean adalah sebagai berikut ini

1. Buat akun digital ocean

Silahkan anda register pada digitalocean pada link dibawah ini (bukan refereal)

https://cloud.digitalocean.com/registrations/new

atau jika anda senang dengan blog ini anda dapat mendaftar dengan menggunakan referal kami pada link dibawah ini (referal)

https://m.do.co/c/ba8a93ff0864

setelah melakukan register jangan lupa untuk melakukan aktivasi akun melalui email.

INGAT. Anda membutuhkan kartu kredit (CC) untuk dapat mendaftarkan diri pada digitalocean.

2. Buat droplet

setelah anda register(mendaftar) lakukan login ke digitalocean dan pada pojok kanan atas dibagian profil anda akan terdapat satu button berwarna hijau dengan label “create”.  Pilihlah atau klik pada button tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini

saat anda mengklik tombol create akan muncul dropdown dengan berbagai pilihan menu. Pilihlah menu droplets(create cloud server) untuk membuat “droplet” atau istilahnya membuat VPS(Virtual private server) di digitalocean.

Setiap droplet akan dicharge per hour. Jika anda menggunakan droplet tersebut selama 5 menit maka akan dihitung satu jam. JIka anda menggunakannya satu bulan penuh maka akan dicharge sesuai dengan harga pricing per month.

3. Pilih jenis sistem operasi

pada digitalocean istilah pemilihan sistem operasi ini adalah “image”. Terdapat enam pilihan sistem operasi yakni

  1. Ubuntu
  2. Centos
  3. Freebsd
  4. Debian
  5. Coreos
  6. Fedora

tentunnya kita akan memilih sistem operasi ubuntu sesuai dengan alasan yang telah kami jelaskan diatas (anda bebas memilih mana saja namun ditutorial ini kami menggunakan ubuntu). Untuk versi ubuntu kami menggunakan 14.04 LTS. Anda dapat menggunakan 16.04 LTS jika ingin lebih terbarukan. Gunakanlah 32bit jika ram pada VPS < 4gb dan gunakan 64 bit jika ram VPS >= 4gb.

kami memilih ubuntu 14.04 x32 karena kami menggunakan paket $5 yang hanya terdapat ram 512 mb.

4. Pilih size vps

Pada bagian ini anda diminta untuk memilih paket vps yang di inginkan. Kami menggunakan paket termurah yakni $5 dolar perbulan atau sekitar 0.007 per jamnya dengan spesifikasi (perbulan)

  1. 512 mb ram
  2. 20 gb ssd storage
  3. 1 CPU
  4. 1 TB bandwidth transfer

spesifikasi diatas sangat cocok untuk entry level (startup) atau hanya sekedar project pribadi.

Ingat anda dapat meningkatnkan size vps namun tidak dapat menurunkannya. maka pilihlah dengan bijak

jika ingin menurunkan maka anda harus membuat snapshot dan membuat droplet baru berdasarkan image snapshot tersebut (namun anda harus mensetup ulang terkait beberapa konfiguasi karena perubahan pada ip address)

5. Pilih lokasi data center

ini adalah bagian yang cukup penting. Kami merekomendasikan pilihlah region sesuai dengan target user anda. Tidak terdapat data center indonesia, sehingga jika target audience anda adalah orang yang tinggal indonesia maka pilihlah yang paling dekat yaitu singapura. Jika target audience anda berada dieropa maka dapat menggunakan amsterdam/london ataupun frankrut.

Pada kasus kami akan menggunakan data center disingapura karena target audience adalah orang yang tinggal di indonesia.

6. SSH keys dan additional option

anda dapat melewait bagian ini terlebih dahulu karena pembahasan mengenai SSH akan dibahas lebih lanjut diulasan selanjutnya mengenai penggunaan SSH keys di digitalocean. Untuk additional option anda bebas memilih atau tidak namun perlu diketahui setiap item di additional option memberikan “cost” atau menambah biaya bulanan. Jika tidak dibutuhkan dapat dikosongkan.

7. Berikan hostname

langkah terahir yakni beri nama terhadap hostname anda. Gunakan nama pendek yang bermakna agar anda dapat dengan mudah membedakan droplet anda kelak. Jangan menggunakan nama asal-asalan.

8. Memastikan kembali (check ulang)

silahkan cek dan ricek kembali setiap langkah mungkin terdapat keasalahan atau kekeliruan dalam memilih opsi. Jika sudah yakin maka anda dapat menekan tombol create

tunggu beberapa saat maka VPS anda akan siap dalam hitungan detik ataupun menit (sangat cepat)

9. Akses VPS

informasi mengenai akses terhadap VPS akan anda dapatkan diemail. Silahkan cek dalam email tersebut. karena kita tidak menggunakan opsi SSH Keys maka kita akan diberikan password untuk mengkases droplet tersebut dengan password melalui ssh (tanpa keys).

10. Cara login ke vps ubuntu

setelah anda mendapatkan informasi terkait droplet(username,password,ip,dsb) maka anda dapat memanfaatkan terminal/cmd di sistem operasi anda dan mengeksekusi ssh. Contohnya kita akan login ke vps atau droplet yang baru saja kita buat.

perintah yang digunakan adalah

sudo ssh [ip dari vps / droplet anda]

setelah itu anda akan dimintai password. Masukanlah password sebagaimana tertera dalam email yang diberikan dari digitalocean ke anda. Gunakan copy (ctrl+c) dan paste(ctrl+v) untuk menuliskan password ke terminal.

Setelah anda berhasil login pertama kali ke droplet/vps/ubuntu maka anda diminta untuk mengganti password , maka persiapkan satu password baru yang mudah anda ingat dan tentunnya merupakan strong password(susah untuk ditebak).

setelah anda berhasil login maka akan muncul CLI di terminal/cmd yang anda gunakan.

Done. Anda telah berhasil mensetup vps dan install ubuntu server pada digitalocean.

 

  • Masaidan

    Untuk install panelnya gimana, seperti vesta panel atau webuzo? Setiap beli sudah terinstal sitem operasi kan?