lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Cara Update Visual Studio Code berserta Plugin yang Terinstal

0
Degananda.com -

visual_studio_code_logo

Bagi para developer yang menggunakan visual studio code(VSC) sebagai IDE (Integrated development environment/lingungan pengembangan terpadu untuk software engineering), tentunya sangat penting untuk menjaga stabilitas dari IDE visual studio code.

Kestabilan dari IDE sangat penting untuk dijaga agar tidak mengganggu proses development software. IDE yang bermasalah akan membawa petaka bagi developer karena dapat menganggu timeline development.

Cara untuk menjaga kestabilan IDE visual studio code salah satunnya adalah memastikan versi visual studio code yang digunakan dan pluginya selalu menggunakan versi yang paling update.

Cara Update Visual Studio Code berserta Plugin yang Terinstal

Terdapat dua komponen yang harus dipastikan terupdate pada IDE visual studio code yakni :

  1. Versi core utama visual studio code – Microsoft masih sering untuk melakukan update terhadap visual studio code, sehingga selalu lakukan update atas versi visual studio code yang digunakan
  2. Plugin yang terinstall pada visual studio code – Setiap developer akan memiliki daftar plugin yang terinstal pada visual studio code. Contohnya untuk developer azure maka dapat dipastikan bahwa akan terdapat berbagai azure plugin di dalam IDE VSC tersebut contohnya azure stream analyitics, azure function app dan sebagainnya.

untuk melakukan kedua komponen VSC diatas dapat dilakukan melalui UI dari visual studio code secara langsung.

Cara update versi core komponen dari visual studio code

Pastikan selalu melakukan cek update untuk core komponen visual studio code paling tidak satu kali setiap bulannya.

Untuk melakukan update core komponen dari visual studio code dapat mengakses menu help kemudian pilih check update seperti terlihat pada gambar dibawah ini

cek_update_visual_studio_code.jpg
menu untuk cek update dari versi core komponen visual studio code

pilih atau klik menu “check for updates”. Jika terdapat update terbaru untuk visual studio code maka akan muncul popup di pojok kanan bawah berserta detail/versi dari update tersebut, jika tidak maka akan muncul pop up yang menandakan bahwa tidak terdapat update tersedia saat itu.

vsc_no_update.jpg
pesan yang menandakan bahwa tidak ada update tersedia saat itu untuk core komponen visual studio code

Cara update plugin dari visual studio code

Di sisi lain, setiap plugin yang terinstal pada visual studio code juga perlu untuk dijaga stabilitasnya dengan memastikan bahwa plugin tersebut harus selalu up to date. Untuk dapat melakukan update plugin pada visual studio code akses menu extension (view-> extension) atau pada windows tekan ctrl+shift+x

vsc_extension.jpg
menu untuk mengakses menu manajemen extension

setelah memilih extension maka akan muncul daftar plugin yang terinstall pada visual studio code pada bagian sidebar kiri window visual studio code seperti tertera pada dibawah ini.

daftar_plugin_vsc.jpg
daftar extension yang terinstall pada visual studio code.

kemudian klik salah satu plugin yang terinstall untuk dilakukan cek update. Apabila update tersedia maka akan muncul tombol update dibagian atas. Apabila tidak maka hanya akan terdapat tombol disable dan uninstall seperti pada gambar dibawah ini.

vsc_plugin_update.jpg
jika terdapat update maka akan muncul tombol update disebelah tombol uninstall.

Cara mengganti versi plugin visual studio code

Jika dirasa setelah melakukan update suatu plugin ditemukan error atau bugs maka versi plugin tersebut dapat di downgrade / di turunkan ke versi lain. Untuk dapat melakukan penurunan versi ini carannya adalah di menu extension, pilih salah satu plugin kemudian klik kanan dan pilih “install another version”.

vsc_downgrade_versi_plugin.jpg
rollback version dapat dilakukan untuk seluruh extension / plugin yang terinstall pada visual studio code

kemudian akan muncul daftar versi plugin tersebut. Semua versi dapat digunakan (bebas) sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

vsc_versi_list.jpg
daftar versi yang tersedia untuk extension / plugin tersebut

JIka terdapat error atau bug setelah update cukup rollback versi tersebut dengan fitur diatas. tak perlu khawatir.

dengan adannya fitur untuk mengganti versi plugin yang digunakan tidak perlu khawatir lagi untuk takut melakukan update plugin karena dapat mengakibatkan error atau bugs setelah update.

 

 

 

 

 

 

(Visited 13 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply