lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Extensi Microsoft Visual Studio Code untuk Coding Angular

0
Degananda.com -

environment

Nyaman – adalah ketika kita memiliki environment untuk melakukan coding disuatu tempat yang bisa membuat tubuh kita relax. Setiap orang tentunya memiliki preferensi masing-masing. Ada yang nyaman melakukan coding disuatu tempat sunyi tanpa gangguan adapula yang nyaman melakukan coding dikeramaian dengan menggunakan headset seperti di coffee shop.

Terlepas dari kenyamanan yang diperoleh dari faktor lingkungan nyata, tingkat kenyamanan ini dapat juga diperoleh dengan mengkonfigurasi lingkunan tidak nyata atau yang disini kami akan sebut sebagai lingkungan koding virtual yakni pada code editor. Setiap developer memiliki preferensi jenis code editor yang digunakan.

Kenyamanan secara virtual dan nyata harus diusahakan untuk mengurangi tingkat stress

Microsoft Visual Studio Code

editor ini sangat populer untuk kalangan developer angular karena microsoft sangat getol melakukan pengembangan visual studio code untuk up-to-date melakukan support terhadap typescript yang merupakan format coding pada angular.

Berikut ini adalah beberapa extension atau plugin yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan produktifias dalam melakukan coding angular sehingga menggurangi effort dalam development.

Extensi untuk angular pada Visual Studio Code

1.Angular 8 Snippet

Pada saat artikel ini dibuat, versi terahir dari angular berada diversi delapan (angular 8).  Oleh karena itu hal yang paling esensial adalah menggunakan angular 8 snippet yang dibuat oleh Mikael Morlund.

Snippet prefix yang disupport oleh angular 8 Snippet ini adalah sebagai berikut

Prefix Description
ng- Angular Snippets
fx- Angular Flex Layout Snippets
ngrx- Angular NgRx Snippets
ngxs- Angular Ngxs Snippets
m- Angular Material Design Snippets
rx- RxJS Snippets for both TypeScript and JavaScript
sw- Service Workers Snippets
t- Test Snippets
e- Test Expect Snippets
pwa- Progressive Web Applications Snippets

source link :

https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=Mikael.Angular-BeastCode

2. Typescript extension

Ketika kita menggunakan visual code, syntax highlighting untuk typescript tidak perlu dikhawatirkan karena secara built-in microsoft visual studio code telah menghandle kebutuhan tersebut

3. Material Icon Theme

Jika pada project kita menggunakan material design untuk angular, dan anda senang dengan look and feel material icon, maka extenstion material icon theme ini patut untuk dipertimbangkan. Terdapat segudang icon yang dapat kita integrasikan pada visual studio code.  Ini akan meningkatkan kenyamanan kita dalam melakukan coding.

source link :

https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=PKief.material-icon-theme

4. TSLint

Linting bukan “melinting”, adalah suatu mekanisme untuk menunjukan warning, informasi atau error pada suatu syntax dalam barus tertentu. Linting dapat meningkatkan produktivitas kita sebagai developer. Secara umum, TSLint ini akan mengkoreksi dan memberitahu kita terhadap syntax-syntax typecript.

tslint_preview.png4.1 Installasi TSLint.

Tslint membutuhkan package tslint dan typescript untuk dapat dijalankan, sehingga kita perlu melakukan installasi atas dua library tersebut dengan menggunakan perintah

npm install -g tslint typescript.

link source :

https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=ms-vscode.vscode-typescript-tslint-plugin