lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Golang tutorial pemula part 1 – package, import, & exported name

0
Degananda.com -

PERHATIAN , ulasan ini adalah bentuk dokumentasi saya saat mempelajari golang. Semua materi diambil dan di Parafrase dari website tutorial resmi golang.

1. package

Setiap program yang dibuat dari go tersusun atau terbuat dari suatu package. Program mulai berjalan pada package yang bernama “main”. Program juga dapat mengimport package yang lain dari path-path tertentu. yang telah disediakan oleh GO. Berikut ini adalah contoh program menampilkan hello world  pada GO.

Screen Shot 2017-05-15 at 10.48.09 AM

program diatas menggunakan package “fmt”. Salah satu fungsi dari program fmt ini adalah untuk melakukan print atau println pada console. Ketika kita ingin menggunakan package lainnya, maka kita dapat menuliskan nama packagenya di bagian import(). Contohnya kita ingin menggunakan package Math.rand untuk melakukan random integer.

Screen Shot 2017-05-15 at 10.50.49 AM

Untuk melakukan compile gunakan perintah “GO BUILD” dan ekseksi file yang dibuat dari proses compile tersebut.

Screen Shot 2017-05-15 at 10.51.46 AM

2. import

Penuliskan kode import dapat dilakukan dengan cara. Cara yang pertama yakni sama seperti program membuat hello world diatas yang disebut factored import statement. sedangkan cara yang kedua dengan menggunakan multiple import statement.

Screen Shot 2017-05-15 at 10.52.32 AM

Namun, pada website resmi golang sangat merekomendasikan penulisan model factored import statement.

3. Exported name

Pada GO, fungsi pada object atau disebut dengan exported name selalu diawali dengan huruf kapital. Contohnya, math.pi, untuk menjalankan math.pi maka huruf p pada kata pi harus ditulis dengan kapital. Kesalahan penulisan exported name ini menurut kami bisa di minimalisir dengan menggunakan IDE , kami menggunakan visual studio code dengan extension golang. Intellij sangat membantu dalam menuliskan suatu fungsi dalam sebuah package.

Screen Shot 2017-05-15 at 10.54.11 AM