lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Hal yang dipersiapkan untuk Pemrograman Azure IoT

0
Degananda.com -

azure_iot_

untuk memulai pemrograman IoT (Internet of things) dengan menggunakan komponen-komponen yang terdapat pada microsoft azure terdapat beberapa tools yang perlu di install pada local machine. Tools ini mulai dari IDE(Integrated development environment) dan extension.

IDE yang cocok untuk pemrograman azure IoT

IDE yang direkomendasikan oleh microsoft adalah Microsoft VSC (Visual Studio Code). Hal ini dikarenakan terdapat banyak extension dari Visual Studio Code yang dapat digunakan untuk mengembangkan IoT dengan menggunakan komponen azure IoT.

Microsoft visual studio code dapat di download pada link dibawah ini

https://code.visualstudio.com/

pada halaman utama website diatas terdapat tombol download. Jangan lupa untuk memilih jenis sistem operasi yang digunakan pada local machine.

download_vsc_azure_iot.png

Plugin / extensi visual studio code untuk pemrograman Azure IoT

Setelah visual studio code terinstall pada local machine, terdapat beberapa extensi visual studio code (VSC) yang perlu di install yakni azure Iot Toolkit.

Azure IoT toolkit

Terdapat dua toolkit yang harus di install pertama adalah azure iothub dan yang kedua adalah azure iot edge.

Extensi azure iothub dan iot edge gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat menggunakan extensi tersebut.

Perlu di perhatikan juga bahwa dua extensi dibawah ini memerlukan extensi dasar (depedency) untuk masuk ke instances azure (azure account)

1.Azure IotHub Extension

vsc_azure_iothub_extension.pngExtension ini berfungsi untuk mengelola instances iothub yang terprovision pada azure. Beberapa komponen dari iothub yang dapat langsung diakses menggunakan extension visual studio code azure Iothub ini adalah :

  1. Device explorer – dapat digunakan untuk melihat daftar devices yang terprovision pada iothub
  2. Iothub endpoint management – mengelola endpoint (routing) yang telah diprovisionpada iothub
  3. Module maangement – mengelola device twin(kondisi terahir/last state) dari suatu devices. Device twin dapat di update melalui backend ataupun dari device.
  4. Device management – dapat digunakan untuk membuat (provision) atau menghapus (deprovision) suatu devices berserta dengan detail SAS Token & connection string yang diperlukan.

empat fitur diatas langsung terintegrasi dengan visual studio code tanpa perlu membuka aplikasi lain. Sehingga development menjadi sangat praktis karena tools yang diperlukan telah menyatu dengan editor untuk coding.

Extensi azure iothub dapat diperoleh pada link dibawah ini.

https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=vsciot-vscode.azure-iot-toolkit

2.Azure Iot Edge

azure_iot_edge_vs.jpg

Berbeda dengan extensi azure iothub, extensi azure iot edge ini digunakan untuk mengelola service iot-edge. Pada dasarnya iot edge adalah komponen dari azure yang dapat memungkinkan device melakukan on cloud analytics. 

Contohnya, menganalisa data telemetry dari device yang menangkap kondisi mobil dalam kasus ini melihat apakah data telemetry tersebut berpontesi membuat mobil kecelakaan.

Extensi azure IoT Edge ini memerlukan beberapa tools lain diluar visual studio code yang harus di installt terlebih dahulu yaitu :

  • Docker
  • Python
  • iotedgehubdev (packagae python, dapat di install dengan pip)

Extensi Azure Iot Edge dapat di install dengan menggunakan link dibawah ini.

https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=vsciot-vscode.azure-iot-edge

(Visited 16 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Leave a Reply