lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Hal yang harus dipersiapkan belajar pemrograman javascript untuk pemula

0
Degananda.com -

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer dalam dua tahun belakangan ini. Berdasarkan google trends maka tingkat kepopuleran javascript sangatlah meroket dalam dua tahun ini. Anda dapat melihat trend yang selalu berada diatas angka 75% dibawah ini

Jika anda dalam proses melakukan belajar pemrograman javascript maka tentunnya membutuhkan persiapkan sebelum memulai coding. Persiapan awal adalah menyiapkan environment atau semua tools yang dibutuhkan untuk melakukan pemrograman javascript

Hal – hal yang perlu disiapkan sebelum belajar pemrograman javascript

Pada umumnya hanya terdapat dua hal yang harus disiapkan untuk mempelajari javascript. pertama adalah code editor untuk kita melakukan pemrograman (edit script) dan kedua adalah browser karena javascript dijalankan melalui browser. Selain itu, sebenarnya ada satu hal yang bersifat opsional yakni pengetahuan mengenai HTML(Hypertext markup language). Mengapa opsional? karena kita akan secara tidak langsung belajar HTML ketika mempelajari javascript meski tidak terlalu dalam.

Code editor

Microsoft Visual Studio Code

Code editor yang kami sarankan untuk melakukan pemrograman javascript bagi pemula adalah visual studio code. Alasan utama adalah visual studio code dibuat dan disupport oleh microsoft. Teknologi javascript terkini telah memasuki era ES6 (Ecmascript6) dan typescript yang mana salah satu perusahaan yang mendukung perkembangan typescript adalah microsoft. Olehkarena itu tidak heran jika microsoft visual studio code sangat up-to-date terkait support terhadap typescript. Itulah alasan kami menganjurkan menggunakan microsoft visual studio code.

Microsoft Visual Studio Code : Javascript extension

Namun, hanya menggunakan visual studio code atau selanjutnya kami singkat dengan VSC tidaklah cukup tanpa melakukan install extension atau plugins didalamnya. Ibarat sayur maka kekurangan garam. Tujuan utama installasi extension ini adalah untuk fitur autocomplete syntax atau lebih dikenal dengan IntelliSense.

terdapat berbagai library yang mensupport IntelliSense untuk javascript di visual studio code extension. namun yang kami sarankan adalah extension dibawah ini. Anda dapat mengakses menu extension dengan masuk ke view kemudian pilih extension dan tuliskan javascript.

kemudian tuliskan javascript dan pilih extension : Javascript ES6 Code snippetes yang dibuat oleh charalampos karypidis seperti gambar dibawah ini

Javacsript intellisense pada visual studio code

setelah terinstall maka silahkan reload Visual studio code dan cobalah intellisense untuk javascript pada file .js berikut adalah contoh intellisense untuk javascript di visual studio code.

Browser

tools kedua yang harus disiapkan adalah browser.  Kegunaan browser disini adalah untuk menjalankan dan melakukan pengujian pada code javascript yang telah kita buat. Kami disini menyarankan untuk menggunakan google chrome. Alasan pertama adalah chrome sangat aktif dalam mendukung PWA (Progressive web apps) yang sangat didukung oleh google. PWA sangat erat kaitannya dengan javascript.

Alasan kedua adalah pada chrome sudah terinstall developer tools secara default tidak seperti firefox yang mengharuskan kita mengunduh versi developer mode (Firefox developer mode). Berikut adalah penampakan developer tools pada google chrome tanpa kita melakukan installasi extension atau addons apapun.

Kesimpulan

bagi anda yang sedang mempelajari pemrograman javascript gunakanlah code editor microsoft visual studio code dan browser google chrome untuk kelancaran proses belajar anda.