lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Java dasar – konsep case sensitive pada penulisan kode java

0
Degananda.com -

Screen Shot 2018-09-27 at 21.43.45.png

Sensitivitas penulisan karakter pada java

Java adalah bahasa pemrograman yang menganut konsep case sensitive dalam penulisan kodenya. Case sensitive yakni java akan membedakan karakter berdasarkan bentuk kapitalnya meskpun karakter tersebut adalah sama. Sehingga , huruf besar dan huruf kecil sangat diperhatikan saat melakukan penulisan kode di pemrograman java.

case sensitive dan case insensitive memiliki ciri khasnya masing-masing, kita sebagai developer hendaknya mengikuti kaidah atau konsep yang diberlakukan oleh bahasa pemrograman yang sedang kita gunakan.

Konsep case sensitive ini sebenarnya berlaku juga pada bahasa pemrograman C dan C++ yang mana java dibangun berdasarkan kedua bahasa pemrograman tersebut (mengadopsi, namun tidak identik). Contoh bahasa pemrograman yang tidak menggunakan konsep case sensitive atau dapat dikatakan case insensitive adalah Fortran, COBOL dan pascal.

Contohnya kita memiliki variable yang bernama Buah dan buah. Kedua variable ini adalah entitas yang berbeda. Buah tidak sama dengan buah begitu juga dengan handPhone tidak sama dengan HandPhone. Meskipun dua nama variable diatas sama secara karakter namun ada perbedaan pada penggunaan huruf besar dan huruf kecilnya.

Contoh kasus case sensitive pada java

Asumsikan kita memiliki dua buah variable yang bernama umur dan Umur. Keduannya memiliki nama yang sama jika ditinjau dari segi karakter yang digunakan namun, variable kedua menggunakan huruf “U” yang ditulis secara kapital. Kedua variable ini akan kita berikan nilai yang berbeda. Lalu akan kita lihat apakah pada saat kita compile dan menuliskan nilai variable tersebut ke konsol akan menghasilkan output yang berbeda atau tidak.

package learning;

public class App {

	public static void main(String [] args) {
		/*
		 * Java Case Sensitive
		 */
		int umur = 17;
		int Umur = 24;
		System.out.println(umur);
		System.out.println(Umur);
	}

}

pada saat kita jalankan maka akan menghasilkan duan nilai yang berbeda. Pada hasil baris  pertama akan bernilai 17 karena yang kita panggil adalah variable umur dengan “nilai” dengan u non kapital. Sedangakn pada baris dua , nilainya adalah 24 karena kita memanggil variable “Umur” dengan nilai u kapital. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Screen Shot 2018-09-27 at 21.28.11.png

Ini berarti , sudah terbukti bahwa java adalah bahasa pemrograman yang menganut case sensitive dalam penulisan kodennya.

Tips penulisan kode pada java berdasarkan konsep case sensitive

Dalam menulis kode java yang menggunakan konsep case sensitive, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis kode. Diantarannya adalah sebagai berkut ini

  1. Ada beberapa nama variable yang merupakan keyword bawaan java yang ketika kita menggunakan nama tersebut akan terjadi kebingungan oleh compiler java yang mengakibatkan kode kita error. Contoh nama variable bawaan java adalah “class”. perhatikan kode dibawah ini ketika menggunakan nama “class” maka eclipse akan menandakan sebagai error.
    Screen Shot 2018-09-27 at 21.34.20.png
    Sehingga, hindarilah penulisan variable yang merupakan keyword bawaan java.
  2. Untuk menghindari kasus nama variable sama dengan keyword bawaan java maka tuliskan nama variable dengan menggunakan minimal dua konsonan dan ditulis dengan menggunakan aturan camelCase yang mana konsonan kedua menggunakan huruf kapital. Contohnya umurSaya, alamatSaya, dan lain sebagainya.
  3. Karena java menganut konsep case sensitive, maka pastikan nama Class dan nama file adalah benar-benar sama ditinjau dari karakter dan penggunaan huruf kapitalnya. Contohnya sebagai berikut ini
    Screen Shot 2018-09-27 at 21.37.20.png
    Class App dengan penamaan file yakni App.java, ini berarti penulisan nama class dan nama file telah sama.
  4. Jika dalam kode anda terdapat baris yang menjelaskan penggunaan file path maka tulislah sesuai dengan nama dokumen tersebut. Contohnya “C:/DokumenDega.txt” ,jangan mengganti kapitalnya. Karena bisa jadi ada sistem operasi yang menggunakan konsep case sensitive.

Itulah empat tips yang dapat kita pertimbangkan saat menulis kode pada java berdasarkan konsep case sensitive.