lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Java dasar – membuat project dan menjalankan program java

0
Degananda.com -

Membuat project dan menjalankan program java

Installasi JDK pada komputer

Untuk memulai belajar pemrograman java kita memerlukan beberapa tools atau aplikasi yang harus sudah terinstall pada local machine kita. Pertama yakni JDK (Java development kit). Jika anda belum mengentahui apa itu JDK dan bagaimana cara melakukan installasi pada local machine kita maka anda dapat menuju ke artikel dibawah ini.

Cara install JDK versi 10 pada mac osx

Memilih IDE

Terdapat beragam IDE (Integrated development environment) yakni sebuah software yang berbentuk seperti texteditor layaknya notepad tetapi berfokus untuk muliskan kode program. IDE memiliki fitur khusus untuk pemrograman. Contohnya adalah autocomplete, yang mana akan memudahkan kita untuk melihat daftar fungsi yang tersedia pada bahasa pemrograman tertentu.

Eclipse untuk Java SE

eclipse_java.png

IDE untuk JAVA yang beredar di internet untuk saat ini yang populer antara lain adalah eclipse, netbeans, microsoft visual studio dan intellij. Anda bebas menggunakan IDE manapun. Kami sendiri secara pribadi menggunakan eclipse. Anda dapat mengunduh eclipse di link dibawah ini

https://www.eclipse.org/downloads/

Alasan kami menggunakan eclipse adalah karena ringan dan yang paling penting adalah karena eclipse ini sangat populer sehingga ketika kita mengalami kebuntuan atau masalah terkait dengan IDE yang biasannya terkait dengan konfigurasi project akan terdapat banyak sekali resources seperti stackoverflow, ataupun blog-blog yang membahas mengenai eclipse.

Berikut ini adalah perbandingan tingkat popularitas IDE untuk java antara eclipse dan netbeans berdasarkan google trends tahun 2018.

Screen Shot 2018-09-15 at 15.25.19.png

garis warna biru mewakili trend keyword eclipse berdasarkan google trend sebanyak 47 sedangkan garis warna merah mewakili nilai trend keyword netbeans yang hanya sebesar 3. Artinnya , jika kita adalah pemula dalam pemrograman java layaknya seperti kami, maka menggunakan eclipse adalah pilihan yang sangat tepat karena banyak bantuan resources yang tersedia di internet.

Memulai membuat project java

Setelah kita memiliki eclipse yang terinstall pada local machine , maka langkah selanjutnya adalah membuat project java dengan menggunakna eclipse tersebut. Pertama jalankan IDE eclipse anda kemudian klik menu “file” dan pilih “new java project” yang terdapat pada bagian menubar(atas) eclipse IDE seperti terlihat pada gambar berikut.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.32.34.png

Maka akan muncul sebuah wizard atau window yang berikan form mengenai detail dari project java yang akan kita buat. Untuk project name , sangat direkomendasikan untuk menggunakan huruf kapial pada huruf pertama dari nama project. Untuk lokasi workspace yang digunakan oleh project silahkan pilih sesuai dengan preferesi anda yang penting direktori tersebut writeable oleh eclipse.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.34.31.png

Selanjutnya kita spesifikan execution environement JRE (Java runtime environment). Jangan khawatir jika anda menginstall JDK secara bundle bukan stand alone, ketika kita menginstall JDK maka JRE akan secara default terinstall (satu paket). Disini kami menggunakan JRE 1.8.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.37.36.png

Kemudian klik finish maka akan muncul nama project di sidebar sebelah kiri dari IDE Eclipse atau yang dapat disebut sebagai package explorer. Project yang kita buat biasa disebut sebagai package seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.38.45.png

Package yang telah kita buat ini masih belum terdapat satu kode pun sehingga program tidak dapat dijalankan. Untuk mengawali pemrograman java kita akan membuat program yang akan menuliskan kata “hello world” diconsole java.

Pertama agar kita dapat membuat program pada java yang dapat berjalan kita membutuhkan main class. Pada folder src buat class dengan nama sesuai dengan keinginan anda. Carannya adalah klik kanan pada folder src yang berada satu level dibawah package anda dan pilih new kemudian pilih class seperti terlihat pada gambar dibawah ini

Screen Shot 2018-09-15 at 16.41.37.png

kemudian akan muncul wizard atau window yang terdapat form mengenai detail dari class tersebut.

  1. Untuk package name gunakan huruf kecil di huruf pertama
  2. Untuk class name gunakan huruf Besar dihuruf pertama
  3. Modifier pilih public (karena untuk main class).

Silahkan masukan package name dan class name sesuai dengan keinginan anda. Sebagai guideline,  package biasannya merupakan nama dari aplikasi yang akan kita buat sedangkan class main menggunakan nama Main / App / nama dari aplikasi. Berikut class yang kami buat.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.45.58.png

klik finish maka pada folder src yang terdapat pada package explorer akan muncul satu class file bernama App.java

Screen Shot 2018-09-15 at 16.47.02.png

Selanjutnya kita akan membuat class main yang didalamnya terdapat fungsi untuk menuliskan kalimat “hello world” pada console.

Tuliskan kode ini pada App.java , untuk penjelasan mengenai penjelasan baris per baris dari kode dibawah akan dibahas pada ulasan-ulasan selanjutnya.

package learning;
public class App {
	public static void main(String [] args) {
		System.out.print("Hello World");
	}

}

Menjalankan program java pada eclipse

Untuk menjalankan program java yang telah kita buat, kita hanya perlu menekan tombol panah berwarna hijau pada bagian atas eclipse seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.52.10.png

syaratnya kita harus memiliki main class yang didalamnya terdapat fungsi public static void main.

dan inilah hasil yang kita dapatkan diconsole saat menjalankan App.java diatas.

Screen Shot 2018-09-15 at 16.53.04.png