lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Java dasar – tutorial penulisan variable

0
Degananda.com -

Screen Shot 2018-09-15 at 17.47.55.png

Pengertian dari variable

Arti variable secara umum adalah suatu object yang menjadi fokus dalam suatu penelitian. Sedangkan dalam pendekatan pemrograman yang mana keilmuan terdekat adalah bidang matematika, variable adalah suatu karakter maupun abjad yang mewakili nilai yang belum atau sudah ditentukan.

Namun menurut KBBI(Kamus besar bahasa indonesia) sendiri variable adalah suatu yang berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam yang terdapat suatu faktor yang dapat mengubah nilainya.

Oleh karena bidang terdekat dari pemrograman maka yang akan kita pegang adalah definisi variable menurut pendekatan matematika meskipun ketiga definisi diatas sama-sama benar (hanya berbeda konteks dan kosa kata).

Contohnya pada matematika kita biasannya mendefinisikan atau mengumpakan sebuah variable dengan cara :

a = 1.

ini artinnya dalam matematika kita mendefinisikan variable a dengan nilai 1. Atau kita juga dapat mendefinisikan variable yang mereferensikan varible lainnya. Contohnya

b = a+1

maka nilai b adalah b = 1+1 = 2.

Variable dalam pemrograman java

Untuk mendefinisikan variable dalam java format yang harus kita ikuti adalah

[jenis variable(wajib)] [nama variable(wajib)] = [nilai variable(jika ada)]

pendefinisian variable di pemrograman java mengikuti definisi dari variable menurut bidang matematika yakni suatu abjad atau karakter yang nilainya sudah ditentukan atau belum ditentukan dan nilai tersebut dapat berubah.

Menulis variable yang memiliki nilai

Berikut contoh mendefisinikan variable yang memiliki nilai yang telah ditentukan dalam bahasa pemrograman java

	public static void main(String [] args) {
		/*
		 * Variable
		 */
		String nama = "budi";
	}

String adalah jenis dari variable tersebut, nama adalah “nama” dari variable tersebut dan “budi” adalah nilai dari variable tersebut. Maka baris diatas dapat diartikan terdapat sebuah variable bertipe string dengan nama variable berupa “nama” yang memiliki nilai “budi”.

Menulis variable yang tidak memiliki nilai

Sedangkan untuk mendefinisikan variable yang tidak memiliki nilai pada java berikut adalah contohnya

	public static void main(String [] args) {
		/*
		 * Variable tanpa nilai
		 */
		String umur;
	}

variable dengan tipe string dengan nama umur diatas tidaklah memiliki nilai.

Mengubah nilai dari variable

jika kita berpegang kembali pada definisi variable yang mana suatu variable dapatlah berubah-ubah nilainya maka sewaktu-waktu kita dapat memberikan nilai pada variable umur tersebut berikut adalah contohnya.

	public static void main(String [] args) {
		/*
		 * Mengubah nilai variable
		 */
		String umur;
		umur = "18";
		System.out.print(umur);
	}

Inisiasi variable

awalnya variable umur diatas tidak memiliki nilai. Pada java, variable yang tidak memiliki nilai akan disebut sebagai variable yang belum di inisiasi (belum dibentuk) atau kalau dalam bahasa inggris berarti “uninitialized variable”. Namun , pada line umur = “18” ini adalah dimana kita memberikan nilai variable umur yang sekaligus merupakan proses mengubah karakteristik variable yang awalnya tidak bernilai dan belum terinisiasi menjadi bernilai dan terinisiasi.

Perubahan variable dapat terjadi lebih dari satu kali. Pada contoh diatas saat ini nilai umur adalah “18” (String,bukan integer), maka ketika kita tambahkan baris yang kembali mengubah nilai variable umur tersebut contohnya dengan nilai “20” maka saat kita print kembali maka nilainya akan menjadi “20” seperti pada contoh dibawah ini

	public static void main(String [] args) {
		/*
		 * Mengubah nilai variable
		 */
		String umur;
		umur = "18";
		System.out.println(umur);
		umur = "20";
		System.out.println(umur);
	}
berikut adalah hasilnya jika dijalankan.
Screen Shot 2018-09-15 at 17.46.23.png
pada print pertama nilai variable umur adalah “18” karena pada saat baris itu memang nilai umur masih 18. Setelah itu variable umur diubah menjadi “20” sehingga hasil dari print kedua (baris dua) adalah “20”.