lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Java dasar 1 – variabel, tipe data & compile

0
Degananda.com -

Compile & Running

Sebelum mempelajari mengenai variabel. Terdapat satu perintah yang harus kita ketahui yaitu perintah untuk menampilkan output pada konsol. Konsol adalah suatu “box” yang berada pada IDE ataupun di terminal/cmd yang menampilkan output dari suatu program. Perhatikan konsol dibawah ini pada IDE IntelliJ.

output diatas akan ditampilkan pada konsol jika kita melakukan running terhadap project atau file java. Contohnya ini adalah file yang menampilkan data terhadap suatu konsol.

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        System.out.print("15");
        System.out.print("degananda");
    }

}

System.out.print adalah syntax di java yang digunakan untuk menampilkan data dari class ke konsol. Pastikan untuk menggunakan double quote(“) jangan menggunakan single quote (‘) karena System.out.print membutuhkan double quote untuk menampilkan literal. Literal adalah string yang kita tulis dengan menggunakan keyboard pada perintah print() dan bukan tersimpan dari suatu variabel.

Setelah kita memiliki file java kita harus melakukan kompile dan menjalankan hasil compile tersebut. Jika anda tidak menggunakan ide anda dapat mengkompile file java dengan menggunakan perintah

javac nama_file.java

setelah proses kompile akan terbentuk file class dari file yang kita kompile.

Setelah itu, maka kita dapat menjalankan file java tersebut dengan menggunakan perintah.

java nama_file

perintah java diatas hanya dapat dijalankan pada file yang telah dilakukan compile (javac) atau telah terdapat file dengan extension .class.

setelah perintah diatas dieksekusi pada cmd/terminal akan muncul outputnya.  Kami sangat menyarankan untuk menggunakan IDE yang merupakan singkatan dari IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.

Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Dengan menggunakan ide kita tidak perlu repot-repot menuliskan perintah javac untuk kompile dan java untuk menjalankan program karena telah dihandle oleh IDE. Terdapat beberapa IDE yang direkomendasikan yakni : netbeans, intellij atau eclipse. Silahkan pilih berdasarkan preferensi anda.

Variabel / Variable

Variabel adalah suatu object yang dapat menyimpan suatu data. Variabel ini dapat memiliki macam-macam tipe data. Contohnya variabel yang menyimpan data umur memiliki tipe data integer. Sedangkan variabel yang menyimpan data nama akan memiliki tipe data string. Anda dapat mengibaratkan variabel ini sebagai suatu tempat penyimpanan/wadah (toples). Namun tempat penyimpanan tersebut memiliki jenis tertentu dan spesifik. Misalkan wadah khusus menyimpan makanan regginang. Kita tidak apat menyimpan regginang dan kue monde dalam satu wadah yang sama.

Tetapi tentunnya dalam java tidak terdapat tipe data “rengginang” ataupun “kue monde”. Ini adalah beberapa tipe data yang biasannya digunakan pada suatu variabel ada di java.

  • String, tipe data ini dapat menyimpan huruf maupun angka. Jika kita menyimpan angka dengan variabel string maka angka tersebut tidak dapat dioperasikan
  • Integer, tipe data ini dapat menyimpan angka bulat dari -2147483648 s.d. 2147483647
  • Double, tipe data ini dapat menyimpan angka / bilangan pecahan sampai dengan kapasitas +/- 1.8 x 10308
  • Float, tipedata yang menyimpan bilangan pecahan layaknya double namun dengan kapasitas yang lebih kecil yakni +/- 3.4 x 1038

Sebenarnya terdapat banyak sekali tipedata yang ada pada java. Namun untuk saat ini cukup fahami tipe – tipe data diatas. Karena tipe data lain seperti Array, List memerlukan pemahaman yang lebih mendalam (step by step). Fahami empat tipe data diatas baru mempelajari tipe data lainnya.

Macam tipe data pada java dasar

String

Kita dapat menuliskan huruf ataupun angka dalam string

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        System.out.print("HUT RI KE-72");
    }

}

Integer (int)

jika kita membutuhkan variabel menyimpan angka yang ditujukan untuk dioperasikan maka gunakanlah variabel integer ini. Contohnya kita akan menambahkan dua variabel integer.

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        int a = 1;
        int b = 2;
        int c = a+b;
        System.out.println(c);
    }

}

untuk memanggil variabel maka kita tidak perlu menggunakan double quote (“). Jika menggunakan double quote akan menjadi literal. Selain dapat menggunakan variabel pada System.out.print kita juga dapat menggunakan variabel di variabel lain seperti pada contoh diatas. Lihat contoh dibawah ini jika kita memanggil variabel dengan menggunakan double quote.

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        int a = 1;
        int b = 2;
        int c = a+b;
        System.out.println("c");
    }

}

java tidak akan memanggil variabel tersebut karena akan dianggap sebagai suatu literal (literal mudahnya adalah suatu angka atau huruf yang kita tuliskan dari keyboard dan tidak terikat dengan variabel apapun). Lalu bagaimana jika kita menggabungkan variabel dan literal ? perhatikan kode berikut ini

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        int a = 70;
        int b = 2;
        int c = a+b;
        System.out.println("HUT RI KE-"+c);
    }

}

lieteral akan diprint / memberikan output sesuai nilai literalnya sedangkan variabel akan mengambil dari nilai yang sudah didefinisikan dan akan digabung. Ingat digabung disini adalah disandingkan bukan di operasikan. Sedangkan jika kita mengoperasikan (+/-/*/bagi) dari dua variable pada System.out.print maka dua variabel tersebut akan dioperasikan

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        int a = 70;
        int b = 2;
        int c = a+b;
        System.out.println(a+b);
    }

}

Double

contoh kita ingin menyimpan data phi (3.14) maka jawabannya adalah menggunakan double. Mengapa bukan float ? karena float memiliki tignkat presisi yang sangat besar. Perhatikan gambar dibawah ini jika kita menggunakan float untuk menyimpan 3.14 maka IDE akan memberitahukan bahwa hal itu tidak semestinnya dan kita disarankan menggunakan double. Pada intinnya jika kita tidak membutuhkan sesuatu yang sangat presisi maka gunakanlah double karena secara default java menggunakan double untuk menyimpan data desimal.

public class Helloworld {

    public static void main(String [] agrs){
        double phii = 3.14;
        System.out.print(phii);
    }

}

warning dari IDE jika menggunakan float untuk desimal yang tidak terlalu presisi.

itulah beberapa tipe data dasar yang perlu kita fahami saat mulai belajar java. Sampai disini kita telah memahami mengenai :

  1. Melakukan compile dan run java file
  2. Menampilkan data pada konsol dengan System.out.print()
  3. Mengerti cara pembuatan variabel dan penggunaannya(variabel harus spesifik pada tipe data tertentu)
  4. Mengerti beberapa tipe dasar yang ada pada variabel.

Kapan kita harus menggunakan variabel ?

Jawabannya sebenarnya sangat sederhana yakni saat kita membutuhkan tempat penyimpanan. Karena kita ibaratkan variabel tersebut adalah wadah. Jika memang tidak memerlukan wadah tidak usah dibuat. Berikut ini adalah kondisi – kondisi yang disarankan menggunakan variabel

  1. Terdapat data yang akan digunakan secara menerus menerus (akan dipanggil berulang kali) secara otomatis agar efisien kita akan simpan divarabel daripada harus mengetikan kembali dibanyak kode. Contohnya variabel phi / multipier
  2. Variabel menjadi wajib hukumnya jika kita ingin menyimpan data pada memory yang nanti akan dipanggil kembali. Contohnya adalah penggunaan class / singleton class. Cukup difahami saja , mengenai class akan dibahas lebih lanjut dipembahasan – pembahasan selanjutnya.
  3. Jika kita memiliki data yang harus dioperasikan dan operasinnya berlapis-lapis maka variabel harus digunakan sebagai tempat menyimpan hasil operasi sebelum dan sesudah. Contohnya untuk menghitung nilai total(penjumlahan) dari suatu deret/baris bilangan bilangan dengan menggunakan fungsi looping(perulangan). Cukup difahami saja , mengenai looping atau perulangan akan dibahas lebih lanjut dipembahasan – pembahasan selanjutnya.

namun, tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan variabel. BEBAS. Semua itu tergantung dari tujuan yang ingin dicapai dari suatu program dan kita sebagai developer yang menentukan dan paling penting terdapat alasan mengapa kita harus menggunakan variabel untuk menyimpan data. Jika memang tidak ada alasan / dasar tertentu tidak usah menggunakan variabel.