lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

lupa password windows xp / windows vista / windows 7 / windows 8 (reset password)

3
Degananda.com -

Jika kita mengalami kehilangan password akun windows maka hal yang pasti kita lakukan adalah kebingungan. mengingat banyaknya data-data penting disana. Namun jangan khawatir, password yang hilang tersebut dapat di”kembalikan”. Simak carannya berikut ini.

Password merupakan sesuatu hal yang “tricky” dan terkadang menjadi polemik tersendiri bagi beberapa orang. Ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang membutuhkan password. Terlebih lagi password yang digunakan terhadap akun-akun tersebut berbeda antara satu dengan lainnya tentunnya akan mengakibatkan kemungkinan untuk kehilangan password tersebut a.k.a lupa. Memang lupa adalah sifat dari seorang manusia. Namun, bagaimana jadinnya jika yang hilang adalah akun dari sistem operasi yang ada pada laptop kita ? tentunnya akan menjadi buah pikiran tersendiri mengigat biasannya kita menyimpan data-data pribadi ataupun penting pada laptop/komputer.

Beruntungnya, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk menreset password tersebut. Namun, kasus yang ingin kami bahas adalah ketika akun windows xp / vista / 7 / 8 / 8.1 merupakan local account a.k.a bukan microsoft account dan kita sama sekali tidak menyiapkan reset password menggunakan flashdisk (melalui fitur yang ada di windows). Jadi kasusnya adalah kita benar-benar tidak memiliki opsi lain untuk mengembalikan password salain menerka-nerka dari password hint. Kasus seperti ini telah kami alami beberapa hari yang lalu dan alhamdulillah akun telah berhasil di reset (passwordnya). Lalau bagaimanakah cara yang kami lakukan untuk mereset password tersebut.

Beberapa hari yang lalu kami mengalami lupa password pada akun sistem operasi windows 8. Kondisnnya adalah tidak ada flashdisk yang menyimpan konfigurasi password reset (sistem official dari windows) dan menggunakan akun local dari windows. Berikut adalah gambar dimana kami telah stuck (lupa terhadap password dan telah mencoba menebak beberapa kali).

Dengan kondisi diatas kami hanya memiliki dua opsi untuk dapat mengakses kembali sistem operasi windows.

  1. Melakukan fresh a.k.a install ulang , namun opsi ini sangat tidak direkomendasikan karena sangat menyita waktu (akibat seluruh drive yang menyimpan sistem operasi akan hilang) otomatis seluruh program yang kita install akan ikut hilang sehingga kita harus melakukan install program-program tersebut setelah melakukan install ulang.
  2. Menggunakan Hiren BootCd.

Opsi menggunakan Hiren BootCd adalah pilihan terbaik karena dengan menggunakan hirenboot cd kita dapat melakukan reset password pada akun sistem operasi windows xp / vista / 7 / 8 / 8.1 Sebenarnya Hiren BootCD bukanlah tools yang dikhususnya untuk mereset password akun windows namun hal itu adalah salah satu fitur dari hiren bootCD. Ulasan kali ini akan membahas bagaimana melakukan reset password dengan menggunakan Hiren bootCD.

Reset password windows xp / vista / 7 / 8 / 8.1 dengan menggunakan hiren bootcd

1. Download hirenboot cd

anda dapat mengunduh hiren boot cd dalam bentuk .zip pada link dibawah ini

http://www.hirensbootcd.org/download/

2. Lakukan burn pada dvd

Anda dapat menuju ke toko komputer dan membeli satu keping dvd r hargannya sangat murah (kurang dari 5 ribu tergantung dari merk). Extract file .zip yang telah anda download dari website hirenbootcd dan burn ke cd tersebut. Gunakan komputer/laptop lain untuk melakukan burn terhadap ISO Hiren BootCD. Jika anda bingung mengenai proses burning anda dapat mendownload software untuk melakukan burning ISO.

3. Boot melalui dvd

Pada beberapa laptop / pc ketika anda memasukan cd/dvd kedalam dvd room maka akan secara otomatis booting terhadap dvd/cd tersebut. Jika tidak otomatis anda harus mengatur prioritas boot pada BIOS dan arahkan prioritas pertama pada dvd /  cd. Kemudian setelah proses booting terhadap dvd selesai akan muncul beberapa menu yang tersedia pada hiren bootcd

4. Pilih menu miniXP

setelah masuk pada pilihan menu hiren boot cd pilih miniXP , ini akan membawa anda untuk mengakses sebuah sistem operasi “windows xp” yang didalamnya terdapat banyak sekali tools berguna bagi anda. Kita akan mereset password akun windows dengan salah satu tools disana.

 

5. Pilih menu hiren menu

setelah anda masuk pada miniXP / masuk pada sistem operasi sementara mini XP anda akan dihadapkan desktop layaknya windows XP. Klik tombol start maka akan terdapat tombol / menu hiren menu sesuai tertera pada gambar dibawah ini

6.  Pilih menu program -> password -> keys -> windows(dibawah menu product keys / lihat gambar) -> dan pilih NTPWedit

7. Pilih akun dan ganti password

Klik pada menu re-open dan arahkan ke C:/windows/system32/sam kemudian akan muncul daftar akun yang ada pada sistem operasi anda. Setelah itu, silahkan pilih akun yang tertera dan ganti password dari akun tersebut

done , anda sekarang dapat login menggunakan password yang baru saja anda set pada langkah terahir.