lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mana yang lebih penting Processor atau VGA untuk gaming ? vs RAM?

3
Degananda.com -

Jika anda sedang merencanakan untuk merakit komputer ataupun membeli laptop yang ingin digunakan untuk gaming maka tentu berfikir spesifikasi komputer seperti apa yang optimal dengan budget yang sesuai dengan kita miliki. Katakanlah kita memiliki budget 6jt untuk PC (tanpa monitor , keyboard,dsb hanya cpu). Maka kita harus benar-benar teliti dan jeli memilih part komputer. Jika salah mengalokasikan dana untuk part-partnya (cpu,vga,ram,motherboard,dsb) maka dapat terjadi bottleneck yang mengakibatkan performa menjadi tidak maksimal.

Namun, hal ini tidak terlalu berlaku jika anda adalah seorang sultan yang memiliki budget yang sangat besar. Cukup beli part-part yang high-end maka performa akan sangat baik he he he. Sebelum itu kita akan membahas mengenai part-part utama apa saja yang akan berpanggaruh untuk bermain game atau gaming.

1. VGA Card (GPU)

VGA adalah part yang harus ada ketika ingin memainkan game. Mengapa ? tanpa VGA dimana game tersebut akan ditampilkan? pastinnya game akan ditampilkan dimonitor bukan. Tanpa vga monitor tidak dapat berfungsi baik itu vga onboard maupun non-onboard. Sebelum kita memainkan game maka kita dapat melihat minimum requirement untuk dapat memainkan game tersebut.

Berapa besar pengaruh VGA/GPU pada saat bermain game ?

SANGAT PENTING. Tidak ada besaran pastinnya dalam persen namun jika dari angka 1-10 maka vga akan bernilai 7 yang berarti sangat penting. Mengapa ? karena hampir seluruh proses rendering grafis kebanyakan dihandle oleh VGA Card. CPU berfungsi untuk mengkalkulasi data yang harus dirender. CPU = Merencanakan daftar task yang harus dirender sementara dilain sisi GPU adalah part yang melakukan rendering. Tentunnya tenaga yang dibutuhkan “eksekutor” (GPU) harus lebih besar dibandingkan tenaga untuk melakukan “planning” (CPU) dalam konteks gaming.

Analoginnya adalah seperti proses konstruksi gedung. Dalam hal ini “tenaga fisik” yang dibutuhkan oleh seorang buruh dan mandor jelas lebih besar tenaga fisik yang dibutuhkan oleh buruh. Jika buruh loyo , otot kurang, tanga kurang maka jelas tidak dapat mengangkat beban yang berat misalkan batubata / batako dan lain sebagainnya (kita tidak membicaran alat berat seperti fork lift, dsb).

Oleh karena itu prioritaskanlah memilih VGA Card pada prioritas nomor 1 jika ingin mendapatkan performa yang maksimal dari budget yang terbatas. Tentunnya jangan lupakan daya listrik dan power supplynya.

2. CPU (Central processing unit)

CPU dalam konteks gaming memiliki peranan untuk mengkalkulasi dan memplanning data-data yang akan dirender oleh GPU. CPU adalah otak yang merencanakan sedangkan GPU adalah alat indra kita seperti tangan, mata, telingan dan sebagainnya. Ingat ini adalah dalam konteks gaming. Dari segi prioritas CPU memiliki prioritas kedua dalam gaming.

CPU VS RAM ?

Jawabannya adalah tergantung dari kegiatan yang dilakukan. Kinerja CPU dan RAM dapat kita analogikan seperti saat kita sedang bekerja. RAM adalah kapasitas pekerjaan maksimal yang dapat kita lakukan. Jika kita melakukan jumlah pekerjaan melebihi kapasitas(RAM) maka kita akan collapse a.k.a pingsan. Sementara CPU adalah seberapa cepat kita dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dan jumlah pekerjaan yang dapat kita selesaikan dalam satu waktu.

Untuk konteks gaming yang biasannya melakukan proses single thread maka CPU speed sangat penting dibandingkan dengan core yang dibutuhkan. Sehingga berdasarkan alasan tersebut secara tersirat maka dapat kita katakan pada gaming CPU lebih penting dibandingkan dengan RAM. Pilihlah CPU yang bagus dibandingkan membeli RAM yang bagus (clock tinggi,dsb). Tapi tanpa RAM yang mumpuni (tidak memenuhi sys requirement dari game) tentunnya game tersebut juga tidak dapat berjalan dengan maksimal. Gunakan aturan CPU vs RAM ini dalam konteks membandingkan “kualitasnya” (frekuensi ram). Ada RAM 4gb yang hanya berharga 400rb dan ada pula dengan harga yang jauh lebih mahal dari itu.

Jika budget pas-pasan belilah ram yang memiliki kapasitas “cukup” dengan kualitas biasa saja tapi maksimalkan untuk membeli CPU yang lebih baik.

Kesimpulan

Berikut ini adalah best practice dari ulasan diatas yang bersumber dari berbagai literatur saat kita hendak merakit suatu komputer untuk gaming maupun laptop.

  1. Priotitas satu adalah GPU / VGA Card. Ini adalah harga mati karena rendering yang melakukan sebagian besar adalah GPU
  2. Prioritas dua adalah CPU
  3. Pririotas tiga adalah RAM

GPU > CPU > RAM  = GCR(GpuCpuRam). Selalu ingat ini sebelum anda memilih part untuk komputer / spesifikasi laptop untuk konteks gaming. Untuk motherboard pilihlah yang setidaknya dapat mengakomodasi CPU dan VGA. Misalkan CPU anda membutuhkan LGA775 maka cukup pilih yang mensupport LGA775. Tidak perlu membeli motherboard yang mahal. Kecuali jika ada planning untuk overclocking. Tapi kembali ke kaidah GCR. GPU over anything for gaming.

  • Andri Basuseto

    klo menurut saya game tidak butuh GPU yg memiliki fungsi rendering. krn dalam game yg terjadi bukan proses render. tp sebuah proses mengubah beberapa file menjadi bentuk audio visual. dgn begitu yg dibutuhkan adalah GPU yg bisa handle encoding dgn cepat. sedangkan proses render itu menggabungkan beberapa file, adegan, audio visual efek menjadi sebuah file. contoh editing video, maka dibutuhkan pula GPU khusus.

  • rp Nugraha

    Wew udh punyak web aja ni anak

  • Nur Fahmy

    Kalau untuk 3d software macam 3d max bagaimana prioritasnya ?