lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Mbah Darmadji.

0
Degananda.com -

“Normal + Ulet = Sukses”

Mbah kung…
meski sukma dan ragamu telah tiada, namun, pelajaran tentang kehidupan yang kau berikan akan selalu ada menyertai kehidupanku ini..

  1.  ilmu kehidupan
    ilmu kehidupan bukan hanya berasal dari motivator-motivator atau dari buku-buku motivasi yang beredar ditoko buku melain juga bisa berasal dari seseorang yang sangat dekat dengan kita. kakek kita,rata-rata adalah seseorang dengan umur 60an keatas, pasti memiliki pengalaman yang luar biasa tentang kehidupan. terkadang disela-sela kita liburan, pasti beliau menyempatkan bercerita kita tentang bagaimanakah kisah hidupnya, terutama soal bagaimana beliau mencapai titik suksesnya. Strunggle of life mereka jauh LEBIH berat dibandingkan kita saat ini. mereka harus banting tulang untuk membiayai sekolah mereka dan bahkan harus melakukan cara-cara yang agak nyeleneh agar dapat bertahan hidup. percaya atau tidak, ketika kita berbicara empat mata dengan kakek-nenek kita, lihatlah mata beliau sangat fokus dan menatap tajam diri kita, serta semangat yang berapi-api untuk mengkisahkan kehidupan mereka terdahulu. Mereka memilih sebuah harapan yang ingin kita capai dimasa depan nanti, mereka ingin kita tidak akan terpelosok kepada lubang yang sama dengan dirinya dahulu. Pengalaman berbagi cerita dengan mereka adalah momen yang sangat berharga. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbagi dengan mereka.
  2. Syukur
    bagi kita yang tinggal diperkotaan dan kemudian untuk beberapa hari menginap di desa mungkin ada semacam euphoria sendiri. Kalau kita dikota, lalu lalang kendaraan-kendaraan bermotor menemani kita setiap hari disini(di desa) tidak. Sepeda motor yang ada dijalan sangat sedikit, apalagi kenadaraan roda 4 sangat jarang untuk terlihat. yang banyak melintas adalah, sebuah pit/sepeda unta yang dikayuh oleh petani-petani atau orang-orang biasa lalu lalang dijalan beraspal. Sebuah pemandangan yang sangat menyejukan hati kawan. Denyut suara gesekan gir sepeda sangat menangkan hati ini, berbeda dengan suara knalpot sepeda motor yang amat berisik. Tak hanya itu, kalau sedang musim panen, ada pemandangan yang luar biasa, dimana dipinggiran jalan banyak sekali segerombolan petani sedang memanen padinya dan mengangkut padi itu dengan sepeda untanya. meski mereka hanya memanen padi bukan memanen uang ratusan juga, tetapi mereka sangat bahagia dan bergembira. mereka sangat menikmati hidup mereka meski dengan kekurangan yang ada pada diri mereka. Sekarang coba kita melihat diri kita, seseorang yang sangat jarang untuk bersyukur, terkadang kita selalu mengiginkan yang lebih tanpa pernah menengok kebawah melihat keadaan orang lain. kita harus banyak bersyukur dengan apa yang kita dapatkan selama ini, lihatlah mereka orang-orang yang berada didesa, hanya dengan keadaan serba kekurangan itu mereka dapat enjoy his life, tidak seperti kita, dihantui dengan kegundahan, kegelisahan dan kegalauan setiap hari. Mari kita lebih bersyukur atas apa yang diberikan tuhan untuk kita.
  3. Kebahagiaan tak sekedar materi
    semakin banyak uang tidak berarti tingkat kebahagiaan kita akan bertambah, contoh konkrit orang-orang yang hidup damai didesa adalah suatu bukti nyata bahwa uang tidak akan pernah membawa sebuah kebahagiaan yang abadi a.k.a hanya sementara. Kebahagiaan itu akan muncul apabila lebih bisa mensyukuri akan nikmat yang diberikan tuhan oleh kita, bukan malah meminta yang lebih. Itulah mengapa diagama saya, agama islam, nabi mengajakrkan untuk berdoa meminta kecukupan bukan meminta sesuatu yang berlebihan.