lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Melakukan pemrograman .net pada mac os

1
Degananda.com -

Semenjak 2016 .net core telah dapat digunakan pada mac. .Net core adalah suatu development platformyang dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi web. Uniknya sekarang dapat berjalan pada berbagai platform mulai dari windows, linux ataupun mac.

.NET Core untuk mac

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan download dan install terhadap .net core. Anda dapat mengunjungi web resmi microsoft untuk mendapatkan .NET Core tersebut. Silahkan buka link dibawah ini untuk download .NET Core

https://www.microsoft.com/net/download/core

Selanjutnya jangan lupa untuk memilih jenis .NET core sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Untuk mac kami sarankan untuk memilih installer .pkg karena lebih mudah proses installasinya (drag and drop). Ukuran dari .NET core ini cukup besar yakni 134 mb.

Visual studio

Setelah .NET Terinstall pada mac selanjutnya kita harus menggunakan visual studio agar dapat melakukan pemrograman .NET. Singkatnya visual studio code adalah suatu software bundle yang mencakup berbagai macam jenis software yang mendukung pengembangan software diantarannya yaitu :

  1. IDE (Integrated Development Environment)
  2. Compiler
  3. SDK
  4. Dokumentasi yang terinstegrasi sehingga kita mudah mencari informasi terkait suatu package tertentu.

Jika anda familiar dengan android studio maka visual studio memiliki fungsionalitas sama namun untuk teknologi yang dibangun dan dikembangkan oleh microsoft.

Jika mengunduh visual studio untuk mac anda dapat menuju ke link dibawah ini

https://www.visualstudio.com/vs/visual-studio-mac/

Installasi

1. Lakukan download terhadap .NET core dalam bentuk .pkg (sangat direkomendasikan).

double click terhadap file installer .NET core .pkg tersebut dan ikuti saja wizardnya. Anda harus melakukan upgrade ke os x 10.12 untuk dapat menggunakan installer .NET Core versi 2.0.2 tersebut.

jika anda belum menggunakan os x versu 10.12 keatas anda tidak bisa melakukan installasi terhadap .NET core.

2. Install visual studio

visual studio dapat digunakan untuk melakukan beberapa pemrograman sekaligus yakni :

  1. iOS dengan menggunakan xamarin
  2. Android dengan menggunakan xamarin
  3. Mac os desktop
  4. .NET web application

kami sarankan hanya melakukan install terhadap package untuk .NET karena akan lebih baik jika menggunakan IDE official. Contohnya lebih baik menggunakan android studio dibandingkan dengan visual studio jika melakukan pembangunan aplikasi android.

jangan lupa mencentang workbooks dan inspector agar mendapatkan dokumentasi terkait c#. Hal ini sangat membantu proses kita dalam melakukan pemrograman .NET. Klik install dan tunggu hingga proses download serta installasi selesai.

3. Buka visual studio

done. Kita telah berhasil  melakukan install terhadap .NET Core dan visual studio sebagai IDE untuk .NET dan siap melakukan pemrograman .NET