lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Membuat helloworld menggunakan .NET

0
Degananda.com -

Jika anda belum melakukan setup environtment untuk melakukan pemrograman .NET maka anda dapat menyimak artikel ini Melakukan pemrograman .net pada mac os. Sejak 2016 microsoft telah merilis .NET Core versi 2 untuk mac os. Jika anda menggunakan sistem operasi selain mac os anda dapat menginstall visual studio dan .NET Framework untuk windows.

Langkah membuat hello world menggunakan .NET

1. Buat project baru

pada visual studio buat project .NET baru.

kemdian pilih .NET Core > App kemudian pilih console.

2. Masukan detail dari project

disini kita akan diminta untuk mengisi project name, solution name, lokasi project serta dapat memilih apakah langsung membuat git version control atau tidak untuk project tersebut. Untuk project name dan solution name silahkan isikan dengan nilai yang sama. Contohnya Projectname Helloworld dan solution name Helloworld. Upayakan menggunakan Propercase.

setelah memastikan bahwa detail project benar maka tekan tombol create dan tunggu hingga proses pembuatan project selesai.

3. Program.cs

setelah kita membuat project maka secara otomatis akan tergenerate program.cs. .CS adalah csharp atau biasa ditulis dengan C#. Kode yang digenerate pertama kali saat membuat project .NET adalah sebagai berikut ini

using System;

namespace Helloworld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            Console.WriteLine("Hello World!");
        }
    }
}

setelah itu tekan tombol “play” yang berada dipojok kiri atas maka visual studio akan melakukan kompile dan menjalankan kode yang ada pada Program.cs tersebut.

maka secara otomatis akan muncul terminal yang akan memberikan output “Hello World” sesuai dengan baris kode yang kita tuliskan.