lifelong learner — urip iku urup, currently working on accenture.

Memilih google maps atau here maps mengulas perbandingan keduannya

0
Degananda.com -

Here maps dan google maps adalah dua contoh peta(maps) yang biasa dimanfaatkan developer untuk membuat visualisasi maupun navigasi GPS peta di web , desktop ataupun mobile. Selain kedua peta tersebut juga terdapat map lain besutan apple yakni Apple Maps. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah dari dua maps populer tersebut manakah yang akan kita pilih.

Di tinjau dari sisi kepopuleran dari dua maps tersebut google maps lebih populer jika dibandingkan dengan here maps. And dapat melihat perbandingan grafik yang berasal dari google trends dibawah ini.

Artinnya, dengan tingkat kepopuleran yang tinggi google maps tentu memiliki komunitas yang sangat besar. Hal ini sangat membantu dalam proses belajar karena jumlah dokumentasi yang sangat lengkap serta didukung oleh komunitas yang solid. Berbeda dengan here maps yang kurang populer jika dibandingkan dengan google maps tentu learning curve akan sedikit tinggi dibandingkan dengan google maps akibat kurangnya dokumentasi dan dukungan dari komunitas.

Google maps atau here maps

Namun, jika kita mengabaikan faktor kepopuleran dan mengedepankan objectivitas dengan menggunakan beberapa parameter pengukur akankah google maps tetap lebih baik dibandingkan dengan here maps ? tentu jawabannya adalah tergantung situasi, kondisi dan kebutuhan dari anda. Berikut ini adalah kumpulan case dan rangkuman jawaban terkait dengan case tersebut.

Membutuhkan support banyak data peta dari berbagai kota

Jika anda ingin meningkatkan coverage peta (jumlah maps/peta yang dapat didownload) maka jawabannya adalah here maps. karena here maps support lebih dari 200 kota yang petannya siap untuk didownload/di unduh.

Membutuhkan fitur untuk melakukan pencarian kendaraan

Google maps adalah jawabannya karena memiliki fitur untuk menentukan lokasi kendaraan dan dapat menemukan dengan cepat.

Membutuhkan fleksibilitas download data peta per kota

Jika client hanya ingin melakukan download peta spesifik pada kota tertentu google maps sangat layak untuk dipilih jika dibandingkan dengan here maps yang tidak terlalu spesifik dalam melakukan download bagian peta tertentu.

Membutuhkan fitur multi layer ? ingin membuat navigasi di dalam mall yang berlantai – lantai

jawabannya sangat singkat yakni here maps. telah mensupport multi layer navigation. Jika anda ingin membangun aplikasi yang dapat melakukan navigasi didalam suatu bangunan yang terdapat banyak lantai maka gunakanlah here maps. Visualisasi 3d suatu lantai bangunan dapat diberikan oleh here maps

Tar user memiliki kuota dan bandwidth terbatas

Target user anda memiliki koneksi, kuota, atupun bandwidth yang terbatas maka gunakanlah google maps. Here maps memiliki ukuran peta yang sangat besar sehingga tidak cocok jika target user anda memiliki koneksi, kuota dan bandwidth terbatas.

Membutuhkan tingkat akurasi tinggi

secara spesifikasi google maps memiliki tingkat akurasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan here maps. Oleh karena itu jika anda membangun aplikasi yang membutuhkan akurasi sangat tinggi terkait dengan GPS maka pilihlah google maps. No doubt! google maps FTW untuk kasus ini

Itulah beberapa kasus best practice terkait memilih google maps atau here maps dalam mengembangkan aplikasi. Pada intinnya tak ada gading yang tak retak, keduannya memiliki kelebihan dan kekurangan kita harus bijak dalam memilih sesuaikan dengan keadaan yang dihadapi.

Saran

jika anda baru saja belajar dalam menggunakan maps dalam membangun aplikasi baik menggunakan web(javascript) ataupun mobile(java, c#,dan lain sebagainnya) saran kami adalah gunakanlah google maps karena dokumentasi serta dukungan komunitas yang sangat solid